. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 01 Januari 2022

Jatuh Hati, TravelPlus (pun) Langitkan Ragam Daya Tarik Indonesia Lewat Reels


Sejak Reels, fitur video made in Instagram (IG) hadir di Indonesia Juni tahun lalu, TravelPlus langsung jatuh hati dan akhirnya menggunakannya pula untuk mempromosikan bermacam daya tarik yang dimiliki negeri ini, selain lewat tulisan, foto, dan lagu.

Ragam daya tarik negeri ini yang TravelPlus buat lewat Reels berupa bermacam keunikan budaya, keindahan alam, dan aneka buatan manusianya atau aneka ekonomi kreatif (ekraf)-nya, termasuk kegiatan instansi pemerintah maupun swasta terkait sektor-sektor tersebut.

Tahun lalu (2021) ada 34 video yang TravelPlus buat lewat Reels di IG @adjitropis dan mengawali tahun baru ini (2022), ada 1 video  bertajuk "Bershalawat Jelang Awal Tahun". 

Tak disangka video bernuansa religi yang diunggah, Sabtu (1/1/2022) siang itu sudah dilihat 245 viewers, 25 like, dan 9 komentar (sampai tulisan ini dibuat) dan diperkirakan jumlah pemirsanya akan terus bertambah.

Sampai detik ini, dari 35 video Reels buatan TravelPlus di @adjitropis (belum termasuk sejumlah video lain yang diunggah di beberapa IG rekanan), jumlah viewers-nya mulai dari 200-an sampai dengan 3.000-an. 


Jumlah viewers terbanyak di atas 3.000-an adalah video bertajuk "Karena Kau Merah Putihku" dengan 3.273 viewers, 60 like, dan 2 komentar. Video yang lokasi pengambilannya di Ancol Jakarta ini merupakan video pertama TravelPlus di Reels yang diunggah tanggal 26 Oktober 2021 dan jumlah pemirsanya sampai kini belum terkalahkan.

Berikutnya atau terbanyak kedua berjudul "Ragam Pesona Indonesia (lokasi Buton - Sultra, 2.355 viewers, 50 like, 2 komentar); lalu "Pahlawan Hatiku" (lokasi Museum Sumpah Pemuda - Jakarta, 2.316 viewers, 46 like, 6 komentar); "Warga Antusias Sambut Alun2 Kota Bogor" (lokasi Bogor - Jabar, 2.137 viewers, 41 like, 3 komentar);   "Liburan Nataru di Tanjung Lesung" (lokasi Tanjung Lesung - Banten, 2.033 viewers, 51 like, 16 komentar); dan video "Bismillahirrahmanirrahim, Moga Perjalanan Ini Berkah & Bermanfaat" (lokasi Samarinda - Kaltim, 2.004 viewers, 37 like, 3 komentar).

Selanjutnya video berjudul "Rasanya Ingin Kembali Mendaki Semeru Lagi" (lokasi foto-foto Gunung Semeru, 1.988 viewers, 33 viewers, 7 komentar); "Tari Ratoh Jaroe Curi Perhatian & Bikin Danau Kian Berkilau" (lokasi GKJ, 1.793 viewers, 80 like, 5 komentar); dan video "Bukan Itu Semata" yang berlokasi di Jakarta dengan 1.256 viewers, 27 like, dan 6 komentar.

Gaya atau ciri khas TravelPlus untuk Reels,  selain meracik sendiri videonya ditambah teks informatif yang disertai sejumlah tagar, juga membuat lirik lagu dan menyanyikannya. Sampai saat ini sekurangnya ada 21 lagu yang TravelPlus buat di antaranya 35 video Reels tersebut.

Perpaduan karya jurnalistik (tulisan, foto, dan video) dengan kreativitas seni (khususnya membuat lirik dan lagu sekaligus membawakannya), itulah karakter video Reels TravelPlus dibanding yang lain.


Membuat lagu beragam genre (pop, balada, slow rock, melayu, dangdut hingga pop jazz) tanpa aransemen musik, kebetulan memang sudah lama TravelPlus lakukan. Buktinya sejumlah lirik lagu jadulnya dimuat di laman weblog: pujanggapengembara.

Sebelumnya TravelPlus juga melakukan gaya serupa untuk konten video di YouTube, IGTV (sebelum hadir Reels), dan TikTok

Guna memperluas jangkauan viewers video di Reels, TravelPlus pun berkolaborasi. Dari 35 video, 3 di antaranya buatan kreator lainnya yaitu Aldi @komunitasindonesiatrip untuk 1 video yang TravelPlus beri judul  "Banggakan Indonesia" di Ancol Jakarta dan 2 video karya Alie @alie_burhan_art untuk konten video bertajuk "Ngopi Disini" dan "Aroma Hutan" di Hutan Permadi, Guci, Tegal, Jateng.


Selain di @adjitropis, sejumlah video buatan TravelPlus juga diunggah di Reels beberapa IG rekanan seperti @kabarbudaya, @kokirimba.id, @ekrafindonesia, @citytour.id, dan @modatransportasi.id.

Jumlah viewers-nya pun ada yang di atas 3000-an, contohnya 2 video yang berlokasi di Samarinda, Kaltim bertajuk "Inilah 21 Kabupaten/Kota yang Ditetapkan Kemenparekraf sebagai KaTa Kreatif Indonesia 2021" (3.291 viewers, 28 like, 4 komentar) dan "Inilah Sosok Dibalik Suksesnya Penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2021" (3.147 viewers, 36 like, 7 komentar) yang tayang di Reels @ekrafindonesia.

Kenapa TravelPlus jatuh hati dengan fitur Reels yang dinilai banyak pihak menjadi saingan aplikasi TikTok? Jawabannya simple, karena praktis.


Dengan Reels, TravelPlus jadi terpacu kembali membuat lirik lagu dan sekaligus konten video berdurasi singkat sesuai era kekinian, yaitu 15 detik sampai 1 menit.

Apalagi Reels memiliki pilihan audio; efek AR untuk merekam beberapa klip dengan efek berbeda; timer dan hitung mundur; menggabungkan beberapa klip secara sejajar; pengaturan kecepatan atau membuat video gerakan lambat; dan tools kreatif lainnya. 

Dengan kelebihan yang dimilikinya, tahun ini TravelPlus dipastikan juga akan terus menggunakan Reels ini untuk melangitkan lagi aneka daya tarik Indonesia di ragam medsos-nya, selain lewat tulisan dan foto di laman resminya TravelPlus Indonesia.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & tim @travelplusindonesia



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP