. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 13 November 2021

Tayang Sejak 2009, Pemirsa TravelPlus Jangkau 20 Negara di Asia, Eropa, dan Amerika



Sejak hadir tahun 2009, sampai sekarang viewers atau pemirsa (pembaca) TravelPlus Indonesia bukan hanya menjangkau seluruh wilayah Tanah Air, pun sejumlah negara di Asia, Eropa bahkan Amerika.

Berdasarkan data statistik pemirsa TravelPlus Indonesia dari laman blogger sampai hari Sabtu (13/11/2021) jumlah postingan atau unggahan produk jurnalistik berupa tulisan (news/feature atau articles berikut foto-foto) yang terpublikasikan berjumlah 4 ribu lebih postingan, tepatnya 4.187 unggahan tulisan berikut foto-foto dengan lebih dari 2,34 juta lebih pemirsa/pembaca.

Lokasi pemirsanya tercatat ada di 20 negara yaitu di peringkat 5 teratas adalah Indonesia (dari Aceh sampai Papua) dengan 1,7 juta pemirsa, Amerika Serikat (278 ribu), Rusia (61,3 ribu), Prancis (40,2 ribu), dan dari Singapura (22,6 ribu).


Di posisi 6 - 10 ada dari Malaysia (19,9 ribu), Jerman (18,6 ribu), India (14,7 ribu), Filipina (12,1 ribu), dan wilayah tidak diketahui (8,37 ribu).

Selanjutnya di urutan ke 11 - 20, lokasi pemirsanya ada di Ukraina (8,03 ribu), Tiongkok (4,8 ribu), Uni Emirat Arab (4,14 ribu), Hongkong (3,3 ribu), Belanda (3,1 ribu), Korea Selatan (2,9 ribu), Kanada (2,88 ribu), Polandia (2,66 ribu), Rumania (2,55 ribu), dan lainnya sebanyak 137 ribu pemirsa.

Tercantum pula audiens yang melakukan kunjungan halaman menurut Browser atau melihat tulisan di TravelPlus Indonesia terbanyak melalui Crome (1,08 juta), Firefox (782 ribu), MSIE (115 ribu), Safari (89,3 ribu), Opera (80,6 ribu), Mobile Safari (53,4 ribu), UCBrowser (50,6 ribu), SamsungBrowser (41,2 ribu), Mobile (5,92 ribu), dan lainnya (43,3 ribu).


Adapun audiens-nya yang melakukan kunjungan halaman TravelPlus Indonesia menurut Sistem Operasi, terbanyak adalah lewat Windows (1,32 juta), Adroid (650 ribu), Macintosh (120 ribu), Linux (62,5 ribu), iPhone (54,3 ribu), BlackBerry (23,8 ribu), iPad (13 ribu), Nokia (4,81 ribu), Compatible (4,64 ribu), dan lainnya sebanyak 102 ribu pemirsa.

Tercatat pula data 15 tulisan TravelPlus Indonesia yang terbanyak pembacanya.

Di tempat teratas adalah tulisan berjudul "10 Panduan Menjadi Tour Leader dan Tour Guide Andal" yang tayang pada Rabu, 14 Maret 2012 dengan 67,6 ribu pembaca; kedua tulisan "13 Cara Berpartisipasi Memajukan Pariwisata Secara Sederhana" (Senin, 24 Februari 2014: 18 ribu); ketiga tulisan "2011 Ada Direktorat Seni Rupa dan Tradisi" (Kamis, 30 Desember 2010: 17 ribu).

Diperingkat keempat tulisan "18 Cara Memasarkan Produk Pariwisata" (Kamis, 09 Juni 2011: 16,3 ribu); dan kelima tulisan "Menguji Kebenaran Mitos Gunung-Gunung di Sumatera" (Selasa, 07 Mei 2013: 13,8 ribu pemirsa).


Diurutan 6 - 11, tulisan "Menembus Kabut Gunung Batu, Bertemu Puncak Penampakan" (10,9 ribu); "Gunung-Gunung Pesugihan di Pulau Jawa (7,66 ribu), "Menikmati Pesona Kalianda dari Resort Gunung hingga Pantai" (7,66 ribu); "Ini Tanggapan Wishnutama Soal Video "Jerit Hati" Pelaku Pariwisata" (7,02 ribu); "Lumpur Lapindo Wujud Kemarahan Arwah Marsinah?" (5,2 ribu), "Ini Tujuh Manfaat Nonton Wayang Langsung Buat Anak Muda" (4,39 ribu).

Berikutnya tulisan terbanyak dibaca diposisi 12 - 15 adalah tulisan berjudul "Pameran Alat Musik Tradisional di Museum Nasional" (4,14 ribu); "Bali Tuan Rumah Global Spa Summit 2012" (3,84 ribu), "Ular di Sanggabuana Derik atau Viper?" (3,53 ribu), serta tulisan "Tari Ratoh Jaroe dan Lagu Bungong Jeumpa Pikat Dunia Lewat Pembukaan Asian Games 2018" dengan 3 ribu pembaca.

Sejarah Singkat
TravelPlus Indonesia terbentuk 5 Februari  2000. Namun baru mulai beroperasi atau mulai mem-posting (mengunggah) produk jurnalistik (tulisan & foto-foto) tahun 2009 setelah pemilik (owner)-nya lepas dari pekerjaan tetapnya di sejumlah media, termasuk sebagai Pimpinan Redaksi (Pimred) di sebuah Majalah Pariwisata Bulanan.

Usia tayang TravelPlus Indonesia sampai saat ini sudah 12 tahun lebih. Media online berkonsep weblog ini kali pertama meng-unggah produk jurnalistiknya pada Selasa, 28 April 2009 silam berupa 3 tulisan berikut foto-foto terkait petualangan owner-nya ke kawasan konservasi Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.


Itulah sekilas profil jangkauan pemirsa/pembaca TravelPlus Indonesia berikut sejarah berdiri media yang tetap setia mempublikasikan sektor kepariwisataan, kebudayaan, ekonomi kreatif, lingkungan hidup dan kehutanan serta sektor-sektor terkait lainnya ini.

Semoga lewat tulisan ini, publik dan warganet menjadi lebih paham bahwa apapun bentuk media online itu entah website (.com, .id, .co, dan lainnya) ataupun weblog (blogspot.com, dan lainnya) itu bukan soal.

Asalkan produktif, kreatif, dan variatif aneka produk jurnalistik yang dihasilkannya serta gencar publikasi link-nya lewat ragam media sosial (Instagram/Reels, TikTok, YouTube, Twitter, Facebook, dll), WA, WAG, Telegram, Telegram Group, dan lainnya, sudah pasti jangkauan pemirsanya akan mendunia sebagaimana yang sudah berhasil dibuktikan TravelPlus Indonesia sampai saat ini.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis (owner TravelPlus Indonesia)
Foto & data: tangkapan layar di laman blogger & dok. adji


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP