. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 15 Desember 2020

Rafflesia Mekar Hari Ini, Nama TNBBS Melambung Tinggi


Bunga Rafflesia yang mekar sempurna apalagi unik dan istimewa (tidak seperti umumnya), mampu mengangkat nama lokasi daerahnya sehingga semakin terkenal luas lantaran terekspos beragam media.

Keterkaitan itu sudah terbukti di beberapa tempat di Bengkulu yang membuat nama daerah (kecamatan/kabupaten bahkan objek wisata di sekitarnya) ikut terdongkrak. 

Nah, kini giliran Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang berada di Lampung dan Bengkulu ini yang namanya makin melambung tinggi berkat kehadiran puspa langka kebanggaan Indonesia tersebut. Lokasi tepatnya di patok 50 Rhino Camp, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I, Resort Sukaraja Atas, Lampung.

Rafflesia yang kemarin TravelPlus Indonesia tulis berjudul: "Satu lagi Rafflesia Bakal Mekar di TNBBS, Uniknya Bukan di Lantai Hutan Tapi di Batang Pohon", yang masih berbentuk knop (bonggol) atau bakal bunga pada tetrastigma yang melilit batang pohon inangnya, hari ini mekar sempurna.

Itu sesuai dengan prediksi Plt. Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto yang diutarakannya kemarin.

"Diameter Rafflesia arnoldii yang mekar di akar pohon inangnya dengan ketinggian 170 cm dari permukaan tanah ini, berdiameter 62 Cm," terang Ismanto kepada TravelPlus, usai memantau langsung ke lokasi, Selasa (15/12/2020).

Satu Rafflesia jenis arnoldii lagi yang mekar kemarin, Senin (14/12) di lantai hutan dekat dengan Rafflesia yang berada di akar pohon, diameternya 75 Cm dengan panjang keliling bunga 186 Cm.

Kedua bunga padma itu, lanjut Ismanto diukur oleh Polhut Penyelia sekaligus Kepala Resort Sukaràja, Jubaidi.

"Tiga hari lagi, kedua Rafllesia itu masih dalam kondisi fresh atau belum layu. Jadi buat pengunjung yang ingin sekali melihat dan foto bareng dengan kedua Rafflesia yang baru mekar ini harus segera datang ke TNBBS," jelasnya.

Saat meninjau Bunga Nasional tersebut, Ismanto tidak sendiri, melainkan bersama Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Teknik Direktorat Jenderal KSDAE, Kementerian LHK, Agus Supriyanto.

"Pak Agus datang kemarin dan hari ini ke TNBBS melihat langsung kedua Rafllesia arnoldii ini. Kami sempat ber-swa foto," pungkasnya.


Selain diberitakan sejumlah media online (website dan weblog) termasuk TravelPlus, kabar mekarnya Rafflesia arnoldii di akar pohon itu juga tersiar di medsos terutama Instagram (IG).

Pantauan TravelPlus, disamping akun IG resmi TNBBS @bbtnbbs yang pertama kali menggunggah 6 foto kedua Rafllesia yang baru mekar kemarin dan hari ini, sejumlah akun IG  kemudian me-repost unggahan tersebut antara lain Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Kabupaten Bengkulu Selatan @kpplbs, KPPL Kabupaten Bengkulu Utara @kpplbu, KPPL Kabupaten Seluma @kpplseluma, dan tentunya akun resmi IG TravelPlus @adjitropis dengan format unggahan yang berbeda.

Semua itu jelas membuat nama TNBBS sebagai lokasi kedua Rafllesia arnoldii tersebut, semakin melambung tinggi namanya karena terekspos luas.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.tnbbs

Captions:
1. Plt. Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto bersama Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Teknik Direktorat Jenderal KSDAE, Kementerian LHK, Agus Supriyanto meninjau Rafflesia yang hari ini mekar di Resort Sukaraja Atas, Lampung, TNBBS.
2. Rafflesia arnoldii di akar pohon yang masih berupa klop atau bonggol kemarin (kiri) dan hari ini mekar sempurna (kanan).


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP