. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 21 Desember 2020

Kereeen.., TNBBS Ajak Anak-anak Masuk ke Hutan Lewat Wisata Virtual


Memperkenalkan ragam kawasan konservasi beserta penghuninya kepada masyarakat luas, sejatinya sejak dini (baca: mulai dari anak-anak). Menggaungkan Taman Nasional (TN), Cagar Alam (CA), Taman Wisata Alam (TWS), Suaka Margasatwa (SM), dan lainnya dimasa pandemi, semestinya memang tak boleh berhenti.

Sepertinya kedua hal itu dipahami benar oleh Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). 

Faktanya di ujung tahun pandemi ini, mereka kreatif buat terobosan dengan menggelar Wisata Virtual bertajuk "Mari Masuk ke Hutan” khusus buat anak-anak. 

Benarkah kegiatan itu baru kali pertama digelar? Dan kawasan hutan TNBBS mana yang dipilih untuk memperkenalkan daya tarik sekaligus penghuninya (flora dan faunanya_red)?

"Iya benar mas Adji. Ini wisata virtual buat anak-anak perdana yang kami gelar bekerjasama dengan Buatiwa's Virtual Trips," kata Ismanto selaku Plt. Kepala Balai Besar TNBBS kepada TravelPlus Indonesia, Senin (22/12/22).

Acara itu gelar kemarin, Minggu 20 Desember 2020 dengan pemilihan lokasi di Kubu Perahu, TNBBS, Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Rencananya, lanjut Ismanto wisata virtual khusus anak-anak ini akan dibuat rutin. "Awal tahun depan kami rencanakan bikin wisata virtual dengan peserta anak-anak yang sama namun destinasinya berbeda, yakni Suoh TNBBS masih di Lampung Barat," ungkapnya.

Lalu anak-anak pelajar dari sekolah mana yang jadi peserta wisata virtual tersebut? Ismanto pun menjelaskan awalnya dari Sekolah Alam Cikeas yang memang pernah berkunjung ke TNBBS.

"Selanjutnya kami memberikan info ke mereka. Ternyata direspon dengan baik. Mereka bersedia menjadi peserta wisata pertama ini," jelas Ismanto seraya menambahkan kegiatan ini juga akan diinformasikan ke sekolah alam maupun SD umum lainnya.

Jumlah peserta yang mengikuti wisata virtual "Mari Masuk Ke Hutan" TNBBS pertama ini sebanyak 150 anak di seluruh Indonesia yang berusia sekitar 4 - 12 tahun.

Selama lebih kurang 2 jam, Buatiwa's Virtual Trips dan Pengendali Ekosistem Hutan Balai Besar TNBBS Supriatna dari Liwa sebagai tour guide menjelaskan secara menarik tentang flora fauna yang ada di TNBBS.

Walaupun secara virtual, pemandu wisatanya mencoba menggambarkan kondisi flora fauna secara riil di lapangan dengan menampilkan sejumlah video dan foto yang menarik. 

"Anak-anak begitu antusias selama mengikuti wisata virtual ini. Mereka  diajak mengenal kekayaan alam TNBBS yang merupakan Warisan Alam Dunia yang secara administratif berada di wilayah Lampung dan Bengkulu," ungkap Ismanto yang membuka  secara resmi kegiatan virtual bermuatan edukasi konservasi tersebut.

Pihak Buatiwa's Virtual Trips pun berucap terima kasih karena sudah  diajak berkolaborasi dengan Balai Besar TNBBS untuk acara wisata virtual ini.

"Meskipun baru bisa virtual tapi Alhamdulillah perjalanan wisatanya betul-betul meninggalkan kesan mendalam untuk anak-anak karena pengetahuan yang padat disampaikan dengan cara yang berbeda, sangat menarik, dan juga bahasa yang mudah," ujar Buatiwa's Virtual Trips.


TravelPlus menilai wisata virtual spesial anak-anak ini, menjadi cara jitu mempromosikan ragam daya tarik TNBBS sekaligus menanamkan nilai-nilai konservasi kepada anak-anak mulai dari TK sampai SD, sejak dini. 

Kegiatan inovatif yang amat positif ini, sepertinya bisa ditiru oleh pengelola kawasan konservasi lain, mengingat Indonesia memiliki banyak sekali TN, CA, TWA, SM, dan lainnya.

Terlebih masih teramat banyak masyarakat luas, terutama anak-anak yang belum mengetahui kawasan konservasi di negerinya sendiri.

Jadi rasanya tak berlebihan kalau TravelPlus menganggap wisata virtual ini merupakan salah satu solusi terbaik mengedukasi anak-anak tentang kawasan konservasi di era pandemi.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@bbtnbbs

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP