. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 18 Desember 2020

Kemenparekraf Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Mobile Positioning Data Secara Hybrid


Dalam rangka mengenal lebih jauh pemanfaatan teknologi Mobile Positioning Data (MPD) untuk menghitung wisatawan nusantara (wisnus) di Indonesia, Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar  sosialisasi.

Mengingat masih dalam masa pandemi, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan secara hybrid (offline dan online) di Swiss-Belhotel, Kota Bogor, Jumat (18/12/ 2020).

Kepala Pusdatin, Kemenparekraf, Bonifasius Wahyu Pudjianto menjelaskan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman ke seluruh peserta tentang pentingnya MPD dalam pencatatan jumlah kunjungan wisnus, sehingga pemangku kepentingan dapat diyakinkan bahwa metode yang digunakan ini valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Metode MPD pada era digital saat ini merupakan metode yang dinilai
valid, akurat, dan realtime dalam pendistribusian data untuk menghitung pergerakan wisnus di Indonesia,” katanya.

Direktur Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata, Badan Pusat Statistik (BPS), Titi Kanti Lestari sebagai narasumber mengatakan kalau teknologi MPD ini memang bisa juga digunakan untuk memantau pergerakan wisnus atau wisatawan domestik yang jalan-jalan di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Berdasarkan data tersebut, bisa juga diketahui destinasi wisata di luar negeri yang paling ramai dikunjungi wisnus.

Big data yang dihasilkan dari MPD ini, lanjut Titi bisa pula dijadikan acuan dalam menyusun paket-paket wisata. 

"Selain itu juga bisa untuk memantau perjalanan masyarakat di sebuah daerah," ungkapnya.


Narasumber lain yang tampil dalam kegiatan sosialisasi ini ada Kasubdit Statistik Pariwisata BPS Rifa Rufiadi, Pranata Komputer Madya BPS Alfatihah Reno MNSPM, dan Kasubdit Pariwisata BAPPENAS Istasius Angger Anindito.

Istasius dalam paparannya yang diutarakan secara online, menyimpulkan bahwa pemanfaatan MPD untuk sektor pariwisata sudah dilaksanakan secara luas. "Baik itu untuk basis perhitungan wisman, wisnus, hingga perhitungan dampak ekonomi di destinasi
wisata," ungkapnya.

Acara sosialisasi ini diikuti puluhan peserta. Sebelum dimulai, didahului dengan rapid test bagi setiap peserta termasuk media peliput.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.fajar & ridha team

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP