. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 28 Desember 2020

JIS Hadir Berkelas Internasional, Pamor Sport Tourism Indonesia Mengglobal


Akhirnya Jakarta punya satu lagi Lapangan Latih Stadion berkelas internasional. Namanya Jakarta International Stadium (JIS). 

JIS yang terletak di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara ini diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (28/12/2020) secara virtual.

"Alhamdulillah, kita bersyukur, Lapangan Latih ini merupakan salah satu milestone (tonggak sejarah) dalam proses penyelesaian JIS, yang diharapkan dapat selesai sesuai jadwal, target kualitas, dan perencanaan biayanya," ujar Anies..

JIS yang hadir dengan kelas global ini  merupakan appetizer (hidangan pembuka). "Nanti main course-nya (hidangan utama) akan kita nikmati bersama saat stadion selesai. Tapi appetizer-nya sudah menggambarkan kualitas stadion nanti," terang Anies.

Lapangan Latih JIS ini, lanjut Anies dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain playing field 105x68 meter berstandar FIFA; kualitas rumput setara FOP (field of play) lapangan utama; resisteance dan durability 2-3 kali lebih kuat; kapasitas tribun 600 orang; dan fasilitas lapangan setara dengan stadion kelas dunia.

Selain itu dapat menggelar pertandingan resmi tim junior, timnas, dan klub; Memiliki sistem penyiraman dan drainase standar FIFA; serta amenities yang juga berstandar FIFA.

'Kita bangga karena Jakarta lewat Lapangan Latih ini sudah mulai menunjukkan bahwa kita bisa menghadirkan kualitas global di Ibukota dan insyaAllah ini akan menjadi tempat rujukan percontohan bagi semua," pungkas Anies sebagai captions di bawah 8 foto yang diunggahnya di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan.

Dalam peresmiannya melalui video daring, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan lapangan latih berstandar global ini menggunakan rumput hybrid. Pemeliharaannya pun mengacu pada green building yang memaksimalkan alam.

Informasi dari berbagai sumber, menyebut JIS yang mulai dibangun tahun 2019 di atas lahan seluas 221 ribu meter persegi dengan biaya pembuatan Rp 4,0 triliun ini rencananya akan dibuka tahun depan.

Stadion milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini akan menampung kurang lebih 82.000 penonton, dengan kata lain kapasitasnya lebih besar dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat ini.

JIS yang akan digunakan untuk berlatih 
Persija Jakarta ini juga memiliki fasilitas yang lebih modern dan mewah dibanding SUGBK.

Kabarnya JIS setara dengan stadion Old Trafford milik Manchester United dan stadion Santiago Bernabeu milik klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

JIS  terdiri atas 3 tingkat tribun, lengkap dengan ruang khusus VIP, ruang ganti pemain yang modern dan mewah, ramah disabilitas disertai dengan kursi khusus disabilitas sebanyak 200 buah, lapangan latihan, dan rumput stadion berjenis hybrid turf.

JIS juga memiliki lahan parkir luas yang dapat menampung 800 mobil dan 100 bus.

Atap stadionnya dapat dibuka-tutup dan sudah menerapkan green building yang nantinya dapat secara mandiri mengelola air dan listrik.

Akses ke stadion ini pun direncanakan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti MRT, LRT, KRL, dan akses tol.

Keistimewaan lainnya, di area pendukung sekitar stadion akan dijadikan ruang publik dan terdapat plasa untuk shalat. 


Di Timur stadion juga akan dibangun area komersial untuk nantinya dijadikan biaya perawatan stadion serta terdapat pula urban farming di sekitar stadion untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar stadion, terutama masyarakat Kampung Bayam.

Semua itu membuat area JIS juga akan menjadi pusat ekonomi baru di wilayah Jakarta, khususnya Jakarta Utara.

TravelPlus Indonesia melihat kehadiran JIS dengan kelas internasional, diperkirakan akan membuat pamor sport tourism di Jakarta khususnya dan Indonesia secara keseluruhan akan semakin mengglobal.

Itu bisa terwujud jika JIS dan sekitarnya juga menjadi venue bermacam sport tourism dan event lain yang bertaraf internasional, bukan hanya semata tempat latihan dan pertandingan sepakbola.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@aniesbaswedan

  

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP