. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 28 Desember 2020

Berharap Wisman Datang Awal Tahun Bak Mimpi di Siang Bolong, Ini Penyebabnya


Bagai mimpi di siang bolong, begitu perumpamaan kalau berharap wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia awal Januari tahun depan. Soalnya semua penerbangan internasional menuju Indonesia ditutup sementara selama 2 pekan.

Penutupan yang bertujuan untuk mencegah masuknya varian baru virus corona (Covid-19) yang telah terdeteksi di sejumlah negara ini, diberlakukan  Pemerintah Indonesia secara resmi  per 1 Januari 2021.

Perihal penutupan itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (28/12).

"Dalam Rapat Terbatas hari ini, 28 Desember 2020 memutuskan menutup sementara dari 1-14 Januari 2021 masuknya WNA dari semua negara ke Indonesia," ungkap Menlu Retno sebagaimana dikutip laman cnnindonesia.com.

Bagi WNA yang telah tiba di Indonesia sejak hari ini sampai 31 Desember, lanjutnya, diwajibkan menunjukkan bukti negatif PCR yang berlaku selama 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Saat tiba di Indonesia, wajib pula WNA tersebut memeriksa ulang RT PCR dan  melakukan karantina 5 hari di tempat yang sudah disediakan pemerintah.

Selanjutnya, WNA masih harus melakukan pemeriksaan RT PCR kembali. Kalau hasilnya negatif maka diperkenankan meneruskan perjalanan di Indonesia.


Menurut Menlu Retno aturan tersebut sesuai ketentuan dalam addendum Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021.

Aturan tersebut pun berlaku untuk WNI yang tinggal di luar negeri dan ingin kembali ke Indonesia.

Kata Menlu lagi, penutupan sementara perjalanan WNA ke Indonesia dikecualikan bagi kunjungan resmi pejabat setingkat menteri dengan penerapan prokes (protokol kesehatan_red) ketat.

Awalnya pemerintah hanya melarang WNA dari Inggris memasuki wilayah NKRI baik secara langsung maupun transit di negara lain, karena negara tersebut dikabarkan terlebih dulu terimbas mutasi jenis baru Covid-19.

Pengumuman penutupan sementara seluruh penerbangan internasional ke Indonesia itu, jelas memupus harapan wisman datang membuka awal tahun 2021 yang tinggal menghitung hari.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis).

Captions
1. Sejumlah wisman yang datang dan berwisata di beberapa destinasi di Indonesia sebelum pandemi Covid-19.
2.  Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP