. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 03 November 2020

Sepulang dari Pulau Komodo, Ryan dan Renitasari Ingin Balik Lagi Tapi ke Pulau Rinca Bersama Keluarga


Berkunjung ke Taman Nasional (TN) Komodo, lalu bertemu dengan satwa primadonanya Komodo, itu saja sudah bikin hati senang. Apalagi kalau berhasil mengabadikannya bahkan berfoto dalam jarak aman bersama orang tersayang, tentu itu jadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Momen spesial itulah yang dirasakan Ryan Adrian dan istrinya Renitasari yang tak lain produser dan promoter Galeri Indonesia Kaya, saat bertandang ke Pulau Komodo, TN Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, baru-baru ini.

"Senang rasanya bisa lihat langsung Komodo di habitatnya dan punya kenangan berfoto dengan satwa yang juga pandai berenang itu," ujar Ryan kepada TravelPlus Indonesia, Selasa (3/11/2020).

Menurut Presdir PT Indonesia International Expo (IIE) yang menangani antara lain venue MICE, Indonesia Convention Exhibition di BSD City, Tangerang, Banten ini, Komodo merupakan salah satu satwa yang  dilindungi dan menjadi salah satu fauna kebanggaan Indonesia.


"Seharusnya kita bangga Indonesia memiliki Komodo dan kita bisa turut menjadi duta bagi hewan yang sangat istimewa ini dengan cara memperkenalkannya minimal lewat unggahan di medsos setelah melihatnya di TN Komodo," imbaunya.

Apa yang diutarakan Ryan bukan sekadar imbauan. Dia pun mengunggah hasil kunjungannya selama sekitar 2 jam di Pulau Komodo di akun Instagram (IG)-nya, @ryanadrian123.

Ada 5 fotonya di Pulau Komodo yang diunggah, 3 di antaranya foto dengan istri tercinta, dekat dengan seekor Komodo dewasa dan 2 foto hitam putih lagi saat berjalan di natural trail (jalur setapak alami) menuju lokasi Komodo berada.

"Kalau ingin foto dekat Komodo yang pasti harus didampingi pemandu, dan  tetap tenang," kata Ryan membagi tips suksesnya berfoto dekat Komodo.


Selain melihat Komodo, Ryan dan Renitasari pun meluangkan waktu ke  Pink Beach yang berada satu daratan dengan Pulau Komodo.

Ada 7 fotonya di pantai berpasir merah muda itu yang dibagikan ke warganet via akun IG-nya.

Hal serupa juga dilakukan Renitasari. Sekurangnya ada 3 foto di Pink Beach yang diunggahnya di akun IG-nya @renitasari.

"Only you, me and the beach," tulis Renitasari di salah satu fotonya saat berada di pantai yang sudah mendunia namanya itu.

Berdasarkan amatan Ryan selama mengunjungi Pulau Komodo, sarana dan prasarana (sarpras)-nya sudah lumayan baik namun harus ditingkatkan lagi.


Supaya kehadiran wisatawan di TN Komodo tidak sampai mengusik/mengganggu ketenangan Komodo, Ryan memberi input kepada pengelola TN Komodo untuk membatasi jumlah  kehadiran wisatawan.

"Jumlah wisatawan yang datang ke TN Komodo, termasuk ke Pulau Komodo  mesti diatur agar tidak terlalu ramai dan tidak mengganggu ekosistem," sarannya.

Mengenai penataan sarpras yang tengah dilakukan pemerintah di resor Loh Buaya, Pulau Rinca, Ryan menilai bukan masalah.

"Sepanjang itu buat keselamatan juga kenyamanan pengunjung dan petugas, serta bangunannya tetap ramah lingkungan. Satu lagi, sarpras-nya jangan sampai menghilangkan natural trail yang ada di sana," jelasnya.

Ryan mengaku justru ingin ke Pulau Rinca melihat dan menikmati sarpras terbarunya kalau sudah dibuka nanti. "Saya pasti akan kembali lagi ke TN Komodo, terutama ke Pulau Rinca bersama keluarga, membawa istri dan anak-anak," akunya.

Selain melihat Komodo dan menikmati pesona Pink Beach di Pulau Komodo,  Ryan dan Renitasari juga menyambangi Pulau Padar dan Pulau Kanawa.


Sejumlah foto dan video dari kunjungannya di dua pulau berpanorama menawan itu pun disebarluaskan via IG-nya masing-masing.

Selama 3 hari liburan di TN Komodo dan Labuan Bajo, Ryan dan Renitasari memilih menginap di Ayana Komodo Resort yang berada di Pantai Waecicu, Labuan Bajo dengan alasan karena review-nya bagus dan pemandangan dari kamar hotel sangat istimewa.

"Harga makanan dan minumannya juga masih sangat reasonable untuk hotel bintang 5," pungkas Ryan yang selagi remaja pernah menjadi ketua organisasi pecinta alam.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, Ig: @adjitropis)
Foto: dok. @ryanadrian123 & @renitasari 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP