. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 13 November 2020

Ngemil Sukun Terenak di Dunia di TN Kepulauan Seribu, Ah Bikin Akhir Pekan Sempurna


Bingung mau ke mana pelesiran di akhir pekan? Sambangi saja Taman Nasional (TN) Kepulauan Seribu. Selain  lokasinya dekat karena merupakan satu-satunya TN yang berada di Ibukota Negara, pun disana Anda bisa beli camilan dari buah Sukun buat ngemil cantik jelang sunset.

Kenapa Sukun? Ya karena itulah salah satu buah yang tumbuh di kawasan konservasi di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, perairan Teluk Jakarta.

Di kawasan TN Kepulauan Seribu, Sukun termasuk vegetasi hutan pantai. Ada dua jenis varietasnya, yakni Sukun Duri dan Sukun Gundul.

Buah ikonik TN Kepulau Seribu ini, terutama jenis Sukun Duri bahkan menjadi logo Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Tekstur daging buah Sukun seperti roti, mungkin karena itu pula orang bule menyebutnya Bread Fruit.

"Sukun Kepulauan Seribu ini yang terenak di dunia, apalagi Sukun Goreng dari jenis Suku Duri yang berbentuk agak lonjong ," ungkap Badiah Kepala Balai TN Kepulauan Seribu kepada Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (WamenLHK) Alue Dohong yang tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) di Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Konservasi Sumber Daya Alam & Ekosistem (KSDAE) Tandya Tjahjana, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta Karyadi, dan Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, baru-baru ini.

Sukun Duri, buahnya lebih manis. "Kalau digoreng lebih maknyusss," ungkapnya.

Sukun tidak hanya digoreng tapi ada yang dijadikan keripik. "Kalau yang dibuat keripik, sukunnya sama dengan yang di daratan Jakarta, Sukun Gundul yang bentuknya cenderung bulat," terang Badiah lagi.

Di Pulau Pramuka dan beberapa pulau berpenghuni lainnya, selain digoreng dan dijadikan keripik, buah bernama ilmiah Artocarpus altilis ini juga dikembangkan menjadi aneka makanan sumber karbonhidrat dan oleh-oleh seperti panganan bolu dan tumpeng. Cita rasanya mirip umbi talas.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menjelaskan pada 2018 lalu, pemerintah setempat menggalakkan program penanaman 1.000 Pohon Sukun di 10 pulau di antaranya Pulau Pramuka, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Karya, Pulau Sebira hingga Pulau Harapan.

Saat ini Kepulauan Seribu memiliki sekitar 6.000 Pohon Sukun.

Kata Junaedi, semua bagian dari Pohon Sukun bisa dimanfaatkan, termasuk daunnya bisa dijadikan teh.

Selain sebagai alternatif pangan, pihaknya juga mengembangkan batik pesisir bermotif daun Sukun. Selama ini motif yang dibuat sejumlah masyarakat di Kecamatan Kepulauan Seribu adalah motif ondel-ondel.

Selain di Pulau Pramuka, Sukun Goreng dan Keripik Sukun bisa Anda dapatkan di Pulau Tidung. Citra rasanya gurih dan renyah.

Sewaktu WamenLHK Alue Dohong berkunjung ke Pulau Pramuka untuk melihat dan mempraktekkan tranplantasi terumbu karang, sempat mencicipi Keripik Sukun khas TN Kepulauan Seribu.

"Wah ini lho panganan dari Sukun yang terenak di dunia, memang enak," ujarnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji, badiah & dok.@tnlkepulauanseribu

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP