. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 23 Desember 2019

Ibu Kota Negara Baru Dilengkapi Tourism Cluster, Mantuuuul Euy...

Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dipastikan memiliki sejumlah cluster atau kawasan, salah satunya tourism cluster atau kawasan wisata. Wow kereeen...

Kepastian adanya klaster wisata itu terlihat dari Nagara Rimba Nusa, nama rancangan IKN baru yang memenangi Sayembara Kementerian PUPR, yang diumumkan di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Tourism Cluster dalam miniatur desain Nagara Rimba Nusa yang dibuat tim terdiri atas 10 orang dan dipimpin Sibarani Sofian, berisi antara lain Glamping Zone, Eco Research Center, Eco Dome/Plant Collection, Aviary, Viewing Deck, Park Center, dan Discovery Center.

Ada pula kawasan Danau Pancasila, Masjid Negara, Kompleks Rumah Ibadah, Museum Peradaban Indonesia, Monumen Persatuan Indonesia, Stasiun & Pasar Rakyat, Wetland Research Center, Coastal Discovery Centre, dan Marine Research.

Lokasi Tourism Cluster berada di bagian Utara rancangan tersebut yang juga bakal terdapat Area Hunian, Pusat Distrik, Sekolah, Sport Stadium, dan Marina Barrage

Di bagian Selatan dalam desain itu akan di bangun Kawasan Hunian, Pusat Distrik, Transit Hub, Kompleks Hotel & Resort serta Pelabuhan.  

Sementara di kawasan pusat kota akan dilengkapi dengan Galleri Nasional, Museum Perjuangan Indonesia, Koridor Kebangsaan, Perkantoran BUMN & Swasta, Kawasan Hunian Campuran, Pusat Distrik, Commercial Center, dan Akademi Pemerintahan.

Dalam miniatur konsep tersebut, beberapa fasilitas dan bangunan yang sudah dibangun di antaranya wilayah kompleks pemerintahan seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, Kompleks legislatif, Mahkamah Agung, dan Mahkamah Konstitusi. 

Ada pula Kompleks Kementerian dan Kementerian Koordinator, Institusi Pemerintah, dan Kompleks Kedutaan Besar, serta Markas Besar TNI & POLRI, City Command Center, Gedung Perpustakaan, Arsip Nasional hingga Data Center.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube tvOneNews, Sibarani Sofian menjelaskan makna nama Nagara Rimba Nusa.

"Nagara yang mewakilkan sebagai sebuah negara yang memiliki pemerintahan, Rimba karena kita dikelilingi hutan, dan Nusa merupakan karakter atau identitas dari Indonesia yang berbentuk kepulauan terbesar dengan pulau-pulau dan perairan yang menyatukan bangsa kita," ujarnya.

Di akun Instagram @kemenpupr dijelaskan tim perancang Nagara Rimba Nusa yang menyabet juara I menerima hadiah Rp 2 miliar.

Juara kedua tim desain berjudul The Infinite City mendapatkan Rp 1,25 miliar, juara III  kelompok desain bertajuk Seribu Galur memperoleh Rp 1 miliar.

Sedangkan juara harapan I desain dengan tema Zamrud Khatulistiwa berhak atas uang Rp 500 juta, dan harapan II desain berjudul Benua Rakyat Nusantara menerima hadiah Rp 250 juta.

Masing-masing pemenang juga menerima piagam penghargaan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Kabarnya Basuki Hadimuljono akan mengajak para desainer pemenang sayembara tersebut untuk melihat kondisi lapangan secara langsung agar desain bisa diimplementasikan dengan baik.

Kata Basuki Hadimuljono kalau memungkinkan kelima desain pemenang desain IKN yang berhasil menyisihkan 287 peserta lain dari tahap pengiriman karya hingga penilaian akhir ini, nantinya dikolaborasikan agar saling melengkapi.

Kelima desain pemenang sayembara itu tentunya sesuai dengan keinginan dan harapan Presiden RI Joko Widodo terhadap IKN baru. 

Sebab sebelumnya Presiden Jokowi berkeinginan IKN baru akan menjadi smart metropolis, the happiest city on earth, dan the best city on earth, dimana nanti ada klaster pemerintahan, pendidikan, teknologi seperti Silicon Valley, klaster layanan kesehatan, dan tentunya klaster wisatanya. 

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@kemenpupr

Captions:
1. Sibarani Sofian ketua tim desain Nagara Rimba Nusa yang menyabet juara I Sayembara Kemenpupr menjelaskan rancangan timnya kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
2. Desain Nagara Rimba Nusa, juara I.
3. Desain The Infinite City, juara II.
4. Desain Seribu Galur, juara III.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP