. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 16 Oktober 2019

Ini Top 10 Calendar of Events Indonesia 2020, PKB Diposisi Teratas

Wow, Pesta Kesenian Bali (PKB) menduduki posisi pertama daftar Top 10 Calendar of Events (CoE) National 2020.

Di urutan kedua ditempati Jember Fashion Carnival (Jember, Jatim). Sedangkan di tempat ketiga ada Banyuwangi Ethno Carnival (Banyuwangi, Jatim).

TravelPlus Indonesia menilai pemilihan PKB diranking 1 Top 10 CoE National untuk tahun depan amatlah pantas (baca: tepat).

Sejak awal, penyelengaraan PKB selalu konsisten, kemasannya luar biasa keren, teratur, tertib, dan boleh dibilang world class, berkelas dunia.

Melihat Bali berhasil mengemas pesta keseniannya yang bermuatan lokal dengan apik dan profesional, tak berlebihan sewaktu kali pertama meliput PKB, TravelPlus Indonesia langsung merekomendasikan agar daerah lain di Indonesia melakukan studi banding/melihat/mencontoh bagaimana Bali mengemas PKB dengan apik sehingga mendunia dan peserta parade/pawainya datang bukan hanya dari berbagai provinsi di Tanah Air, pun mancanegara.

Dengan kata lain pemgemasannya itu patut ditiru oleh festival budaya lainnya agar dapat menarik kunjungan wisatawan.

Sekali lagi, yang dicontoh/ditiru dalam hal ini adalah cara pengemasaannya (termasuk suguhan yang ditampilkan setiap tim/kontingen/peserta benar-benar yang terbaik dan sudah terseleksi oleh tim kurator, pakaian/kostum/atribut pawainya, durasinya, pengaturan waktu tampil, lokasinya, tim keamanan/pemandu pawai, dll). Sementara mengenai isi acaranya tetap bermuatan budaya lokal masing-masing daerah bersangkutan.

Selain PKB, ada satu event di Pulau Dewata yang juga berhasil masuk Top 10 CoE National 2020 yakni Sanur Village Festival yang berada diposisi kelima, setelah event Art Jog ( Jogja, DIY) yang menempati urutan keempat.

Peluncuran baik Top 10 CoE National 2020 dan Top 100 CoE National 2020 Kementerian Pariwisata dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (15/10).

Arief Yahya mengatakan CoE  2020 akan berdampak besar dalam mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan juga menggerakkan wisatawan nusantara (wisnus) ke destinasi yang tersebar di 34 provinsi.

Berikut ini daftar Top 10 CoE National (Pariwisata Indonesia) di tahun 2020 sebagaimana dikutip genpi.id:
1. Pesta Kesenian Bali
2. Jember Fashion Carnival
3. Banyuwangi Ethno Carnival
4. Art Jog
5. Sanur Village Festival
6. Iron Man 70.3 Bintan
7. Borobudur Marathon (Magelang, Jateng)
8. Java Jazz (Jakarta)
9. F8 Festival (Makassar, Sulsel)
10. Tomohon International Flower Festival (Tomohon, Sulut).

Di antara 10 event tersebut, Anda berencana ingin melihat event apa saja tahun depan?

Nah, biar terwujud, mulai hari ini sebaiknya Anda siapkan anggarannya, baik untuk transportasi, akomodasi, konsumsi (makan/minum, kulineran, dan oleh-oleh), serta untuk kunjungan ke sejumlah objek wisata usai melihat event pilihan tersebut.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig @adjitropis)

Captions:
1. Salah satu suguhan parade/pawai budaya di Pesta Kesenian Bali (PKB).

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP