. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 22 Juni 2019

Pakai IC, Wisman Malaysia Bisa Nonton Festival Crossborder Badau dan Jelajahi 5 Wilayah di Kapuas Hulu

Wisatawan asal Malaysia punya kesempatan langka menyaksikan Festival Crossborder Badau 2019 jilid 2 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), besok, Minggu (23/6), hanya dengan menunjukkan Identity Card (IC).

Hal itu diutarakan Kepala Imigrasi Kelas III Non TPI Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu Dios Dani dalam Rapat Koordinasi Festival Crossborder Badau 2019 di Aula Bank Kalbar, Putussibau, Jumat (21/6).

"Cukup tunjukkan IC, buat 'tiket' nonton Festival Crossborder di PLBN Badau khusus bagi warga Malaysia," ungkap Dios.

Disebut langka, karena dengan IC tersebut, wisatawan negeri jiran itu bukan cuma bisa menyaksikan 4 acara utama Festival Crossborder Badau 2019 jilid 2 yakni pameran UMKM dan kuliner; penampilan band artis dan tarian; penampilan band lokal, tarian, dan kesenian khas Kalimantan; serta penampilan artis Melayu dangdut Nasional (Iyet Bustami), artis Pantura ke-3 (Tika Zeins), dan band pengiring dari lokal (Putussibau) dari pukul 8 pagi sampai 5 sore, pun berkesempatan masuk dan menjelajahi destinasi-destinasi yang ada di 5 kecamatan yang masuk dalam Kabupaten Kapuas Hulu.

Kelima kecamatan yang diizinkan untuk dijelajahi wisman Malaysia itu adalah Kecamatan Puring Kencana, Badau, Empanang, Batang Lupar, dan Kecamatan Embaloh Hulu.

Selain dari Imigrasi, rakor juga dihadiri pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selaku penyelenggara yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono; Dinas Pemuda Olahrga dan Pariwisata (Disporapar) Kapuas Hulu, GenPI Kapuas Hulu, Yonif 301 Badau, PLBN Badau, dan lainnya. Tak ketinggalan tokoh masyarakat dan perwakilan dari UMKM.

"Jadi IC itu harus dimanfaatkan sepuas mungkin oleh wisatawan Malaysia. Soalnya biasanya IC tersebut hanya berlaku di sekitar event. Tapi khusus  Minggu tanggal 23 Juni, bisa menjelajahi ragam pesona destinasi di lima kecamatan di Kapuas Hulu," terang Sapto Haryono.

Tak cuma itu, disediakan pula 1 bis berkapasitas 15-17 orang dari Badau untuk menjemput warga Malaysia di perbatasan tepatnya di Lubok Antu, yang ingin menonton Festival Crossborder tersebut.

Plt. Kepala Disporapar Kapuas Hulu M. Yusuf  mengatakan salah satu keunggulan destinasi pariwisata Kapuas Hulu adalah alamnya yang memesona. Ada taman nasional, air terjun, goa, hingga kawasan perbukitan, dan pegunungan.

Komposisi taman nasional terdiri dari Betung Kerihun dan Danau Sentarum yang menjadi surganya flora dan fauna unik.

Taman Nasional Betung Kerihun ini memiliki luas sekitar 800 Ribu hektare. Posisinya masuk Kecamatan Putussibau dan Embaloh Hulu.

Kasi Pemasaran Pariwisata dan Ekraf Kapuas Hulu S Indra Prasetyo lebih detil menjelaskan wisatawan Malaysia yang ingin mengeksplorasi sisi unik Kecamatan Puring Kencana, bisa mengunjungi Air Terjun Empanang di Desa Melancau, Puring Kencana.

Kalau di Kecamatan Batang Lupar bisa memancing di Danau Meliau yang dihuni sejumlah ikan tawar endemik yang unik antara lain Ikan Arwana (Screlopages Formosus) dan Toman (Snake Head Fish).

Bisa juga mengunjungi Rumah Betang dengan panjang 90 meter dan didiami sekitar 33 keluarga Dayak Iban.

Kalau di Kecamatan Embaloh Hulu bisa mengunjungi Taman Nasional Betung Kerihun yang berluas 8 ribu kilometer persegi.

Di dalamnya ada bermacam flora dan fauna antara lain Leptobrachella Myorbergi yakni katak terkecil di dunia dengan 1 Cm.

Wisatawan dari Malaysia juga bisa ke Danau Sentarum melalui melalui Kecamatan Batang Lupar daerah Lintas Utara wilayah Kapuas Hulu yang berbatasan dengan Malaysia.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: reza & sabar min

Captions:
1. Di PLBN Badau wilayah Indonesia. (Foto: Reza)
2. Di dalam PLBN Badau. (Foto: Reza)
3. Sepenghal pesona sunset Danau Sentarum. (Foto: Sabar Min-Genpi Kapuas Hulu)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP