. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 02 Juni 2019

Masjid Raya Ini Tempati Puncak 10 Top Destinasi Sumbar Episode #PesonaMudik2019

Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang boleh dibilang kini menggeser kejayaan Jam Gadang di Kota Bukittinggi sebagai landmark atau ikon wisata teratasnya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Buktinya di daftar 10 Top Destinasi Sumbar edisi #PesonaMudik2019, masjid yang terletak di perempatan antara Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Ibukota Sumbar ini menempati posisi puncak atau pertama.

Sementara Jam Gadang, yang namanya jauh lebih dulu tersohor, hanya menduduki peringkat keenam.

Lalu timbul pertanyaan, kenapa masjid raya yang dibuka pertama kali untuk shalat rutin pada 7 Februari 2014 ini bisa menggeser kemasyuran Jam Gadang?

Berdasarkan amatan TravelPlus Indonesia, bisa jadi karena masjid raya terbesar di Sumbar yang menempati area seluas 40.343 meter persegi dan mampu menampung 20 ribu jamaah ini punya banyak keistimewaan.

Misalnya dari sisi arsitektur,  masjid yang groundbreaking atau peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi pada 21 Desember 2007 ini memadukan konsep modern dan tradisional.

Kekhasan utamanya, bangunan utama masjid raya ini berbentuk persegi yang melancip di keempat penjurunya. Bentuk itu mewakili atap ber-gonjong pada rumah adat Minangkabau, yakni Rumah Gadang.

Mungkin bagi orang Minang, arsitektur tersebut sesuatu yang biasa. Namun bagi wisatawan dari luar Sumbar tentu gaya bangunan masjid dengan pajang dan lebar bangunan 65 meter x 65 meter serta tinggi bangunan mencapai 47 meter ini punya daya tarik tersendiri.

Rancangannya pun dinilai bersahabat dengan geografis Sumbar yang memang termasuk rawan gempa.

Kabarnya masjid yang konstruksinya terdiri atas tiga lantai ini dirancang mampu menahan gempa hingga 10 SR sekaligus bisa dijadikan shelter lokasi evakuasi bila terjadi tsunami, terutama di lantai 2 dan 3.

Selain itu rancangannya juga dilengkapi pelataran, taman, menara, ruang serbaguna, fasilitas modern seperti jam digital masjid, dan berbagai fasilitas lain yang memudahkan jamaah serta bangunan pendukung untuk kegiatan pendidikan.

Perihal penempatan Masjid Raya Sumatera Barat di posisi puncak 10 Top Destinasi Sumbar tahun ini, TravelPlus Indonesia nilai tepat dan selaras dengan predikat Sumbar sebagai salah satu destinasi halal.

Boleh saja provinsi/kota lain punya landmark berupa tugu/menara, gedung pencakar langit, patung, jembatan, bangunan tua/bersejarah dan lainnya, tapi khusus Sumbar karena menyandang gelar destinasi halal tersebut sepertinya pas kalau menjadikan Masjid Raya Sumatera Barat dengan bermacam keistimewaannya itu sebagai landmark utama Sumbar kini mengingat citra dan atmosfirnya lebih kena dan terasa.

Ketika TravelPlus Indonesia menanyakan soal daftar 10 Top Detinasi Sumbar episode #PesonaMudik2019 kepada Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sumbar Oni Yulfian via WA, dia menjelaskan daftar itu (10 Top Destinasi Sumbar) belum menggambarkan urutan. "Masih acak karena kriterianya belum disepakati," ujarnya.

Oni menambahkan daftar 10 Top Destinasi Sumbar itu dari Generasi Pesona Indonesia (GenPi).

"Bagus untuk promosinya. Tapi kami akan lihat perkembangannya. Kalau pemerintah yang keluarkan bisa panjang urusannya. Sementara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui GenPI menginginkannya segera," terang Oni.

Berikut daftar lengkap 10 Top Destinasi Sumbar episode #PesonaMudik2019 yang disebarluaskan via akun Instagram (IG) @dinas_pariwisata_sumbar dan beberapa akun IG lainnya:
1. Masjid Raya Sumatera Barat di Padang.
2. Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang (Padang).
3. Kawasan Wisata Puncak Mandeh (Pesisir Selatan).
4. Lawang Park (Agam).
5. Istano Baso Pagaruyuang (Tanah Datar).
6. Jam Gadang (Bukittinggi).
7. Lembah Harau (Limapuluh Kota).
8. Pulau Angso Duo (Pariaman).
9. Museum Kereta Api (Sawahlunto). 10. Pusat Dokumentasi & Informasi Kebudayaan Minangkabau di Padang Panjang.

Nah, buat wisatawan yang hendak berwisata Lebaran ke Sumbar, 10 Top Destinasi tersebut, TravelPlus Indonesia nilai amat pantas dan menarik untuk dikunjungi.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: ariz & adji

Captions:
1. Masjid Raya Sumatera Barat duduki posisi pertama daftar 10 Top Destinasi Sumbar edisi #PesonaMudik2019. (foto: ariz @arizwokey)
2. Mampu menampung 20 ribu jamaah di dalam dan di halaman. (foto: ariz @arizwokey)
3. Masjid Raya Sumbar punya banyak keistimewaan sehingga pantas menjadi landmark/ikon wisata utama Sumbar yang bergelar destinasi halal. (foto: ariz @arizwokey)
4. Jam Gadang di posisi ke-6 daftar 10 Top Destinasi Sumbar edisi #PesonaMudik2019. (foto: adji @adjitropis)
5. Pulau Angso Duo, Pariaman nampak di kejauhan, diabadikan dari Pantai Gandoriah saat acara Pesta Budaya Tabuik. (foto: adji @adjitropis)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP