. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 10 Mei 2019

Hotel-Hotel Berlabel Syariah Ini Bikin Yogyakarta Tambah Istimewa

Yogyakarta termasuk destinasi wisata teratas di Tanah Air yang memiliki akomodasi terlengkap, dan itu pun menjadi salah satu keistimewaannya. Jenis penginapan/hotelnya beragam, termasuk yang berstatus syariah.

Salah satu hotel berbintang di Kota Gudeg yang berpredikat syariah adalah Grand Dafam Rohan Jogja (GDRJ).

Sejak pertama kali didirikan 1 Muharram 2017, hotel bintang 4 yang beralamat di Jl. Janti No 336 Gedong Kuning ini sudah menyandang gelar tersebut.

"Owner kami, Ibu Rochani yang berkeinginan jenis usaha perhotelannya ini berkonsep syariah," ujar Visca Yolanda, Asst. PR Manager GDRJ kepada TravelPlus Indonesia lewat pesan WA, Kamis (9/5/2019).

Hotel berdesain interior yang hangat ini menawarkan total 185 kamar, terbagi dalam berbagai tipe kamar yakni Deluxe, Eksekutif, Family, Junior Suites, Honeymoon Suites, dan Grand Rohan Suite dengan ragam fasilitas menarik yang tentunya amat muslim friendly dan lebih menentramkan.

Setiap kamar dilengkapi perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, sajadah, dan juga Al-Qur'an serta tanda arah kiblat.

"Ndak cuma itu, kran untuk berwudhu jug ada di kamar," tambah Visca.

Kelebihan lainnya, GDRJ juga memiliki masjid sendiri bernama Masjid Al-Miraj di area lobby yang mampu menampung 100 lebih jamaah.

"Ketakmiran masjidnya berjalan, azdan berkumandang setiap 5 waktu, dan menyelenggarakan Shalat Jumat juga," terang Visca.

Fasilitas lain hotel yang karyawatinya mengenakan hijab ini, ada swimming pool dan parkir areanya amat luas.

"Kami juga punya restaurant outdoor berkapasitas 200 orang dan indoor 80 orang, Riaz Garden, 13 meeting rooms, dan 1 ballroom berdaya muat 1.000 orang serta tentunya akses WiFi," beber Visca seraya menambahkan selama Ramadhan 1440 H, GDRJ juga menawarkan paket Ramadhan Rp 110.000 all you can eat - bayar 10 untuk 11 orang dan berlaku kelipatan.

Menurut Visca biasanya tamu GDRJ selalu ramai saat Lebaran, musim liburan, dan hari libur serta long weekend.

"Longstay di hotel kami saat ini tamu dari USA, sudah hampir 2 tahun stay di GDRJ," ungkap Visca.

Untuk Ramadhan, sambung Visca, biasanya ramai di-breakfasting atau bukber-nya. Sedangkan okupasi kamarnya rata-rata 50% - 60%.

"Itu sangat bisa dipahami karena kegiatan corporate, goverment, dan instansi lainnya pas bulan Ramadhan secara otomatis juga mengurangi kegiatan mereka," pungkas Visca.

Mengutip dari berbagai sumber, selain GDRJ, masih ada beberapa hotel di Yogyakarta yang juga berlabel syariah antara lain Grand Seriti Madani yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, No. 145 Sleman; Madani Syariah Jogja di Jl. Cantel Baru No. 1A, Umbulharjo; Royal Homy Syariah di Jl. Kledokan I, Ngentak, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman; dan Ndalem Nuriyyat Syariah di Jl. Shinta No. 9, Palagan Tentara Pelajar Km. 7,8 Karang Mloko.

Selain itu ada Sofyan Inn Hotel Unisi Yogyakarta di Jl. Pasar Kembang No. 14, Malioboro; Alzara Hotel di RT 02 RW 04 Pedukuhan Bansari, Kelurahan Kepek, Wonosari; Hotel Adilla Syariah di Jl. Nogorojo No.15, Caturtunggal, Ambarukmo; dan serta Hotel Desa Puri Syariah yang beralamat di Jalan Wonosari KM 6,7 No.272, Baturetno, Banguntapan, Bantul.

Jumlah hotel berkonsep syariah di Yogyakarta yang telah memenuhi standar MUI terus meningkat dan itu yang membuat destinasi wisata tersohor ini semakin istimewa.

Salah satu pemicunya, peminatnya terus bertambah mengingat pangsa-pasar wisatawan muslim baik dari dalam negeri maupun mancanegara amat besar, ditambah lagi wisatawan non muslim yang boleh menikmati hotel-hotel syariah tersebut asalkan mengindahkan aturannya.

Sama seperti jenis hotel lainnya, tinggal bagaimana mengelola, mengemas, dan memasarkannya agar hotel-hotel berlabel syariah terpublikasikan sehingga semakin berkembang dan eksis.

Oiya mengenai tarif kamar terkini masing-masing hotel syariah di Yogyakarta, bisa dicek di website-nya masing-masing maupun di sejumlah situs online resmi yang menjual sejumlah kamar hotel.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & dok.Grand Dafam Rohan Jogja (GDRJ)

Captions:
1. Suasana jelang malam di Jalan Malioboro, Jogja.
2. Grand Dafam Rohan Jogja (GDRJ) hotel bintang 4 di Jl. Janti no 336 Gedong Kuning.
3. Masjid Al-Miraj di area lobby GDRJ.
4. Salah satu meeting room di GDRJ.
5. Salah satu tipe kamar di GDRJ
6. Masjid Gedhe Kauman di Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta.
7. Masjid Malioboro Jogja di Kompleks DPRD Provinsi DIY, persis di depan Jl. Malioboro.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP