. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 20 April 2019

Wow, Gunung Prau Dicumbui 5.300 Pendaki, 11 Diantaranya Bule

Setelah wajah Gunung Prau dipoles, lalu kegiatan pendakiannya dibuka lagi mulai 5 April 2019, daya pikatnya justru semakin kuat.

Buktinya pada Jumat (19/4/2019) bertepatan dengan tanggal merah, jumlah yang mendaki gunung di Wonosobo, Jawa Tengah ini mencapai 5 ribu lebih pendaki.

"Selama satu hari, Jumat 19 April 2019, terhitung dari jam 1 siang,  jumlah yang mendaki Prau tercatat 5.300 pendaki melalui jalur Basecamp Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng," terang Cipto, salah satu petugas Basecamp Patak Banteng kepada TravelPlus Indonesia di Basecamp Patak Banteng, Sabtu (20/4/2019) siang.

Para pendaki yang datang kemarin didominasi pendaki dalam negeri, terutama dari kota/daerah di Jawa seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, dan Jogja bahkan ada juga dari Banten dan beberapa kota di Sumatera.

"Tapi ada juga pendaki dari luar negeri. Dari 5.300 pendaki itu, 11 diantaranya pendaki bule dari Swiss," tambah Cipto.

Sementara jumlah pendaki ke Prau pada hari Sabtu (20/4/2019), lanjut Cipto belum tercatat seluruhnya.

"Harga tanda masuk atau tiket pendakian Gunung Prau untuk pendaki dalam negeri cuma Rp 15 ribu sedangkan pendaki mancanegara atau asing Rp 25 ribu per orang," terang Cipto lagi.

Pantauan TravelPlus Indonesia ketika mendaki gunung mungil berketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut (Mdpl) ini bersama muda-mudi dari Cirebon, Sumedang, dan Serang, setibanya di Plawangan atau camp ground di sekitar area puncak Prau sampai Bukit Teletabis, sudah dipenuhi ratusan tenda dome aneka warna pada Jumat malam.

Bahkan sebelum di puncak, sejumlah pendaki ada yang nge-camp atau mendirikan tenda di beberapa titik di sepanjang pos 2 dan pos 3.

Saking banyaknya pendaki, sewaktu turun pada Sabtu pagi dari puncak sampai ke pos 1 terjadi kemacetan antrian pendaki.

"Macet di kota-kota besar biasanya karena kebanyakan mobil, tapi di Prau Jumat dan Sabtu ini justru karena kebanyakan pendaki," ujar Rachmadi pendaki muda asal Jamblang Cirebon yang turut merasakan terjebak kemacetan sewaktu menurun trek dari puncak menuju pos 3 dengan trek cukup curam.

Sejumlah pendaki terpaksa memilih trek di kiri atau kanan dari trek sebenarnya, meskipun lebih sulit.

Kemacetan panjang itu terjadi setiap kali rombongan pendaki yang turun berpapasan dengan rombongan pendaki yang naik di sejumlah titik.

Amatan lain TravelPlus Indonesia, setelah ditutup selama tiga bulan sejak Minggu, 6 Januari 2019 lalu, paras Prau kini memang agak berubah, lebih tertata dan kian jelita.

Jalur pendakian lewat Patak Benteng
terlihat bersih dari sampah dan terdapat penambahan anak tangga agar mudah dilewati pendaki terutama di Pos 3 sampai Plawangan.

Selain itu ada banyak bangku kayu panjang yang sengaja ditempatkan di beberapa titik untuk istirahat pendaki.

Jumlahnya ada 60 bangku panjang yang ditambahkan pihak pengelola basecamp di sepanjang jalur pendakian sampai area kemah. Sedangkan di area kemah juga ditambah 5 paket bangku panjang dari kayu.

Gunung Prau yang berada di Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateu), secara administratif masuk dalam tiga wilayah Kabupaten Kendal, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Batang di Jawa Tengah.

Basecamp Patak Banteng sendiri berada di Jalan Dieng Km 24, Desa Kejajar, Wonosobo.

Kendati termasuk gunung berukuran kecil, namun memiliki pesona dari puncaknya yang luar biasa indah.

Dari atapnya saat cerah, 12 gunung terlihat jelas, seolah memagari dan menjaganya antara lain Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, Slamet, dan Gunung Ceremai yang berada paling jauh serta sejumlah gunung tak populer.

Pendaki juga bisa melihat bukan hanya pesona sunrise pagi hari, pun pesona sunset sore hari.

Hampir keseluruhan Dieng, dari teras-teras perkebunan kentang, kubis, dan bawah prei, rumah-rumah penduduk di sejumlah desa, masjid, dan tentu saja Telaga Warna dan Telaga Pengilon juga jelas terlihat.

Menariknya lagi, untuk menikmati ragam pesona menawan itu, cukup 3-4 jam kalau mendaki secara rombongan dalam kondisi lancar.

Kehadiran 5.300 pendaki, 11 diantaranya pendaki asing untuk menikmati rona raut Prau terkini kemarin, jelas membawa berkah tersendiri bagi pengelola dan tentunya warga sekitar.

Banyangkan dari tiket saja, pengelolanya dan pihak-pihak terkait bisa meraup Rp 79.610.000 (Rp 15.000 × 5.289 pendaki nusantara) ditambah (Rp 25.000 × 11 pendaki asing).

Belum lagi penambahan pendapatan buat warga setempat dari hasil penjualan aneka makanan, minuman, kaos, perlengkapan pendakian, bermacam aksesoris pendaki, dan lainnya di sejumlah warung.

Tak ketinggalan penghasilan dari parkir motor dan mobil serta penyewaan penginapan dan  MCK serta penjualan bermacam oleh-oleh khas Dieng seperti kentang, carica atau manisan pepaya gunung khas Dieng, opak, dan kripik kentang.

Kalau sudah begitu, wajar rasanya TravelPlus Indonesia bilang wajah baru Prau telah membuat wisata gunung berhawa dingin ini bertambah berkahnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. TravelPlus Indonesia berfoto bersama pendaki muda-mudi Cirebon dan lainnya.
2. Kawasan Plawangan sekitar puncak Gunung Prau dipenuhi warna-warni tenda dome para pendaki.
3. Meski mungil, Gunung Prau jadi idola sejumlah pendaki.
4. Kemacetan antrian pendaki saat turun dari puncak Prau.
5. Istirahat sejenak di Pos 2.
6. Sepenggal pesona sunrise dari puncak Prau.
7. Berfoto bersama berlatar sunrise Gunung Sindoro, Sumbing dan lainnya.
8. Salah satu nature photo spot menawan dari puncak Prau.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP