. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 02 April 2019

KEK Tanjung Lesung Ditargetkan Jaring 1 Juta Wisman, Syaratnya Ada Tol dan Bandara

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lewung di Pandeglang, Banten ditargetkan mampu menarik 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) atau setara dengan US$ 1 milyar.

Hal itu ditegaskan kembali Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam kunjungan kerjanya ke Destinasi Prioritas Pariwisata atau 'Bali Baru' tersebut pada Senin (1/4/2019).

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai target itu adalah harus ada infrastruktur Tol Panimbang dan  Bandara Banten.

"Sejak awal sudah dideklarasikan 1 juta wisman atau US$ 1 milyar. Saya janjikan kepada Presiden kalau Tol Panimbang dibangun maka akan mendatangkan lebih banyak devisa dibandingkan nilai investasi yang dikeluarkan," ujar Arief Yahya.

Menurutnya keberadaan akses jalan tol itu akan mempersingkat perjalanan wisatawan menjadi dua jam.

Untuk mendatangkan wisman, lanjut Arief Yahya, pembangunan bandara juga amat diperlukan di Banten karena dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banten.

"Saya rasa dengan adanya bandara, Banten mungkin sekali mendatangkan lebih banyak wisatawan," ungkap Arief Yahya.

Dia memberi contoh, jumlah kunjungan ke Toba lewat Nandara Silangit meningkat dari tahun 2017 sebesar 280 ribu menjadi  420 ribu di tahun 2018.

Tanjung Lesung sebagai KEK seluas 1.500 hektar mulai beroperasi pada Februari 2015 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2012 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

Kawasan ini dikelola oleh PT Jababeka Group Tbk melalui anak usahanya PT Banten West Java (BWJ).

Presiden Direktur PT Banten West Java (BWJ), Poernomo Siswoprasetijo selaku pihak pengelola KEK Tanjung Lesung menjelaskan untuk memikat wisatawan, KEK Tanjung Lesung sudah menyiapkan berbagai program menarik.

"Dari Tanjung Lesung kita sedang mengembangkan program selain wisata pantai juga wisata desa. Kita juga mempersiapkan berbagai amenitas seperti beach club Lalassa," ujar Poernomo seraya berharap berbagai program dan fasilitas baru yang dibangun di Tanjung Lesung dapat menarik dan menggaet wisatawan untuk berkunjung sehingga pariwisata di KEK Tanjung Lesung kembali bergairah.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.humas kemenpar

Captions:
1. Menpar Arief Yahya menikmati sepenggal pesona Selat Sunda dari pantai KEK Tanjung Lesung, Senin (1/4/2019).
2. Berikat kepala motif Badak Jawa khas Banten, Menpar Arief Yahya berbincang dengan Presiden Direktur PT Banten West Java (BWJ), Poernomo Siswoprasetijo selaku pihak pengelola KEK Tanjung Lesung.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP