. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 09 Januari 2019

Liburan di Sumba, Andien Sambangi Objek-Objek Menawan Ini

Andien Aisyah (33) menepati janji untuk liburan awal tahun ini ke Sumba. Di akun Instagram (IG)-nya @andienaisyah, penyanyi pop jazz ternama Indonesia ini membagikan sejumlah foto saat dia menikmati beberapa ragam pesona Sumba bersama buah hatinya, Anaku Askara Biru alias Kawa dan suaminya, Irfan Wahyudi alias Ippe.

Sebelumnya pemilik nama asli Andini Aisyah Haryadi ini pernah bilang kepada TravelPlus Indonesia akan berlibur ke Sumba lagi awal Januari 2019.

Rencana traveling-nya itu ia utarakan usai mengisi acara Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2018 yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (20/12) lalu.

Ketika itu pelantun lagu Metamorfosa ini tampil seperti biasa cantik, unik, dan etnik. Pokoknya gayanya Andien banget.

Dia berpakaian kain tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT), antara lain tenun dari Maumere. (Baca juga: Andien Pilih ke Sumba, Melaney ke Australia).

Nah, saat liburan di Sumba, Andien mengunjungi beberapa objek wisatanya yang lagi ngehits, di antaranya Pantai Walakiri yang terletak di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Sumba, NTT.

Untuk menjangkau pantai yang berada di sepanjang jalan raya pesisir Utara bagian timur Pulau Sumba ini hanya butuh waktu  sekitar 1 jam dari Kota Waingapu.

Keistimewaan pantai satu ini gelombang airnya tenang, air laut yang jernih dan bersih serta di tambah panorama sunset maupun sunrise di antara pepohonan unik nan artistik.

Saking terpesonanya, Andien sampai mengunggah 3 fotonya di pantai itu di akun IG-nya, Minggu (6/1/2019).

"Hangat warna senja Walakiri. Kembali menginjakkan kaki di tanah Sumba, kali ini, bersama dia," tulis Andien sambil mengangkat Kawa, permata hatinya.

Foto-fotonya itu pun kebanjiran komentar takjub dari sejumlah artis, salah satunya Titi DJ. "GILAA LOKASINYA KEREN! FOTONYA JUGA KEREN! 😳😍❤," ujar sang diva pop Indonesia itu.

Andien pun membalasnya: "@ti2dj Yuk Mbak kapan2 ke Sumba❤".

Objek selanjutnya, Andien ke Air Terjun Waimarang. Sambil menggendong Kawa, sang penyanyi terlihat sedang memegangi bambu menuruni jalan.

"Waktu hamil dulu nggak kesampaian ke Air Terjun Waimarang karena tersesat nggak tahu jalan turunnya yang mana. Alhamdulillah sekarang kesampaian trekking sambil nggendong anak dua tahun ini. Asli sampai bawah langsung jadi Lisa Rumbewas," tulis Andien di  foto berikutnya masih di akun IG-nya.

Air Terjun Waimarang berada di daerah Melolo, Desa Watu Hadang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, NTT.

Butuh sekitar dua jam berkendara untuk sampai ke sana dari Kota Waingapu dengan panorama perbukitan dan padang rumput di sepanjang jalan.

"Waimarang! Akhirnya sampai ke sini juga dan beruntung banget pas lagi sepi. Cuma ada rombonganku doang," tulis Andien yang mengunggah foto sedang mandi di lokasi air terjun tersebut.

Andien menjelaskan kalau dia dan rombongannya ditemani adik Eston, Erick, yang menemukan air terjun itu. Konon Erick sebenarnya hanya mau mencari udang, menyusuri sungai, tiba-tiba ia menemukan air terjun itu.

"Basically ini adalah air terjun kedua yang sudah pernah saya datangi di Sumba. Bedanya, yang kali ini sempet lompat. Lengkapnya akan ada di vlog nanti, tunggu pulang. Siapa yang sudah pernah ke sini juga?" lanjut Andien sambil berenang di kolam alami air terjun Waimarang.

Oiya Air Terjun Waimarang disebut-sebut surga tersembunyi di Sumba Timur.

Ada tiga kolam tumpahan air terjun ini. Ketiga kolam alami ini bertingkat dan dikelilingi bebatuan serta tebing batu dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

Kolam pertama berkedalaman dua meter, kolam kedua empat mete, dan kolam ketiga mencapai enam meter.

Semua kolamnya berair hijau tosca dan berarus tenang sehingga cocok untuk aktivitas berenang seperti yang dilakukan Andien.

Terakhir kali Andien pergi ke Sumba saat hamil delapan bulan. Diakui Andien, ia sempat menunggu-nunggu kapan waktu yang tepat untuk kembali. Ternyata mimpinya terwujud saat Kawa berulang tahun yang kedua.

"Terakhir kali kesini waktu hamil delapan bulan. Menunggu-nunggu kapan saat yang tepat untuk kita kembali lagi. Dan ternyata saat kamu mau usia dua tahun ini saatnya, Askara," tulis Andien di IG-nya lagi.

Objek lainya yang dikunjungi Andien adalah Morinda. Menurutnya sewaktu pertama kali ke objek itu belum jadi sama sekali, cuma ada cafe kecil dengan pemandangan luar biasa.

"Jadi baru sekarang punya kesempatan nginep di penginapan ini. View sekitarnya bukit berundak-undak dengan sungai di bawahnya. Nggak ada sinyal, nggak ada gaduh. Hanya suara burung, suara jangkrik, desau angin, dan milky way jika beruntung," terang Andien seraya menambahkan bahwa view itu tepat berada di depan kamar, tempatnya menginap.

Di Morinda, Andien tak semata bermalam. Ia pun melakukan hiking setengah jam ke atas bukit di seberang Morinda untuk menikmati sunrise.

Di sana, ia pun ber-pose sambil membentangkan selembar kain tenun khas NTT. "Tepat di depan matahari terbit dan menyapa reremputan," ujarnya.

Liburan Andien dan keluarga kecilnya itu di awal tahun ini sebenarnya bukan ke Sumba saja.

Sebelum ke Sumba, dia sempatkan menikmati keteduhan dan ketenangan Ubud, Bali. Di sana, dia isi dengan berenang dan belajar memasak dan membuat minuman tradisional jamu.

Selama berlibur Andien mengaku mendapatkan banyak inspirasi, termasuk terinspirasi dari bagaimana anak Sumba bersuka cita.

"Saya bersyukur punya kesempatan mengenalkan Kawa pada mereka di hari ulang tahunnya yang ke-2 kemarin," ungkap Andien.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Andien mengangkat buah hatinya Kawa di Pantai Walakiri, Sumba, NTT. (foto: dok.@andienaisyah)
2. Andien usai mengisi acara di Kemenpar, sebelum berliburan ke Bali dan Sumba. (foto: adji)
3. Andien, anak, dan suaminya di Pantai Walakiri.
4. Saat Andien menuju air terjun Waimarang sambil menggendong Kawa. (foto: dok.@andienaisyah)
5. Andien berenang di air terjun Waimarang. (foto: dok.@andienaisyah)
6. Andien ber-pose dengan selembar kain tenun khas NTT di seberang Morinda, sekitar 30 menit dari tepatnya bermalam.
7. Andien mengaku terinspirasi dari bagaimana anak Sumba bersuka cita. foto: dok.@andienaisyah)



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP