. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 31 Desember 2018

Dua Event 2019 di Lampung Bakal Diminati Peselancar dan Pendaki Mancanegara

Dari sekian event yang bakal digelar di seantero Lampung sepanjang 2019 nanti, dua di antaranya dipastikan bakal menarik minat para peselancar dan pendaki gunung baik dari dalam maupun luar negeri. Kenapa?

Kedua event yang TravelPlus Indonesia maksud adalah Krui World Surfing League dan Lampung Krakatau Festival.

Keistimewaan kedua event itu masuk 100 Calendar of Events (CeO) atau 100 Wonderful Events 2019 yang dipilih oleh tim kurasi bentukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Tahun lalu, Krui World Surfing League yang masih berlabel Krui Pro, digelar pada 15 - 20 April 2018 di Ujung Bocur, Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Pesertanya puluhan surfer terbaik dari mancanegara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Hasilnya luar biasa, dua surfer terbaik Indonesia Oney Anwar yang bernama lengkap Hairil Anwar Hamzah asal Sumbawa, NTB menyabet juara pertama dan Rio Waida surfer asal Bali juara kedua.

Sayangnya ketika itu event kelas dunia ini tidak dimasukkan dalam daftar 100 Wonderful Events 2018.

TravelPlus Indonesia lewat tulisan berjudul "Inilah Event Pilihan dari Sumatera yang Masuk Daftar 100 Wonderful Events 2018" pun sempat mempertanyakan kenapa sport tourism event bertaraf internasional ini sampai tidak dimasukkan dalam daftar 100 Wonderful Events 2018.

Padahal Krui Pro 2018 bukan event sembarangan. Event itu dibesut World Surf League (WSL), Asian Surfing Championship (ASC), dan Indonesian Wave Surfing Association (PSOI).

WSL yang berkantor pusat di AS adalah penyelenggara tur tahunan kompetisi selancar profesional di berbagai negara dan menyiarkannya secara langsung di WorldSurfLeague.com.

Akhirnya tim kurasi CoE Kemenpar memasukkan sport tourism tersebut ke 100 CoE 2019 yang akan digelar di Krui, tanggal 15-20 April mendatang.

Sebagaimana tahun 2018, kompetisi berselancar tingkat dunia ini bakal diminati para peselancar (surfer) dari berbagai negara, selain Indonesia tentunya sebagai tuan rumah.

Sementara Lampung Krakatau Festival (LKF) 2019 yang akan digelar 21 - 25 Agustus mendatang, bakal diminati para pendaki baik dari dalam maupun luar negeri. Kenapa?

Karena festival tahunan ini selain menampilkan parade Gajah Lampung dan budaya se-Lampung sebagai salah satu sajian utamanya, juga ada acara kunjungan atau tur ke Gunung Anak Krakatau (GAK) sebagaimana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Sewaktu LKF 2017 sejumlah jurnalis dan blogger termasuk TravelPlus Indonesia serta tamu undangan mengikuti tur GAK sekaligus berhasil mendakinya, padahal sempat tidak diizinkan petugas setempat lantaran sehari sebelumnya gunung super aktif itu batuk-batuk.

Bagaimana dengan tur GAK di LKF 2019 nanti? Pasti bakal menarik minat para pendaki, karena penasaran ingin melihat parasnya setelah meletus dan mengakibatkan tsunami yang merusak sejumlah bangunan di pesisir Banten dan Lampung Selatan (Lamsel) baru-baru ini.

Semoga saja saat pelaksanaan LKF 2019 nanti, kondisi GAK baik-baik saja, tidak lagi erupsi seperti saat ini, supaya wisatawan terutama para pendaki Indonesia dan mancanegara bisa mendakinya walaupun hanya sebatas lerengnya.

TravelTips
Kalau Anda ingin turut menyaksikan para surfer dunia berlaga di Krui World Surfing League 2019, sebaiknya sejak jauh-jauh hari sudah mengatur jadual agar tak bentrok dengan rutinitas, termasuk menyiapkan dana buat transportasi PP,  makan, dan akomodasi selama di sana.

Anda bisa menyaksikan event tersebut secara mandiri atau mengatur sendiri ala backpacker-an, bisa juga membeli paket open trip di indie travel maupun paket tur di travel agent.

Begitupun kalau ingin ikut tur GAK dalam LKF 2019.

Namun alangkah baiknya Anda mengetahui kondisi terkini GAK saat pelaksanan tur tersebut.

Jika pihak-pihak terkait mengatakan aman, ya silahkan mendaki. Jika tidak, cukup melihat pesona GAK dari kapal di tengah perairan Selat Sunda.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Memandangi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang posturnya kian menjulang dari atas kapal di perairan Selat Sunda, Lampung Selatan.
2. Dua surfer pria terbaik Indonesia menyaber juara satu dan dua di international surfing bertajuk Krui Pro 2018 di Lampung. (dok. extremeina.com)
3. Parade Gajah salah satu daya tarik Lampung Krakatau Festival (LKF).
4. Peserta tur mendaki GAK saat penyelenggaraan LKF 2017.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP