. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 22 Desember 2018

Daya Pikat Pantai dan Pulau di Selat Sunda Lampung

Bencana tsunami Selat Sunda akibat aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau, Sabtu (22/12/2018) malam pun menerjang pesisir Lampung. Pasalnya sebagian provinsi di ujung paling Selatan dari Pulau Sumatera ini, berbatasan langsung dengan Selat Sunda, tempat gunung super aktif itu berada.

Letak geografis itulah, membuat provinsi yang terkenal dengan gajah, kopi, durian dan keripik pisang ini dikelilingi banyak pantai termasuk beberapa pulau di perairan Teluk Lampung, Selat Sunda. 

Pantai-pantainya yang tersebar di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) antara lain Pantai Tanjung Tuha di Kecamatan Bakauheni.

Di pantai dengan harga tiket Rp 5.000/ orang, Rp 15.000/ orang (naik tower), parkir Rp 5.000/ motor, dan Rp 15.000/mobil ini Anda bermain pasir dan air laut serta  melihat keindahan laut dari  atas tower yang berada persis di bibir pantai.

Dulu pantai itu diminati para penggila mancing. Tapi belakangan juga ramai dikunjungi kaula muda milenial buat selfie dan welfie.

Pantai Way Kunjir Desa Kunjir di wilayah lingkar Raja Basa. Di pantai dengan harga tiket Rp 10.000/orang, parkir Rp 5.000/motor, dan Rp 10.000/mobil ini Anda bisa ber-snorkeling melihat keindahan bawah laut berupa beberapa jenis terumbu karang seperti Coral Foliose, Coral Massive, Soft Coral, dan Acropora Branching yang menjadi istana sejumlah spesies ikan.

Pantai Pasir Putih di Rangai Tri Tunggal, Katibung yang sudah terkenal sejak lama dan ramai dikunjungi mulai era 1980-an ini Anda bisa bersantai melihat pemandangan serta menikmati fasilitas menarik dan  lengkap. Harga tiket Rp 20.000/orang.

Selain itu Pantai Guci Batu di  KapalTengkujuh, Kalianda sekitar 5 Km atau 10 menit dari Masjid Agung Kalianda.

Dinamakan begitu konon kabarnya ditemukan guci peninggalan pedagang di atas karang yang paling besar.

Di pantai dengan harga tiket Rp 5.000 orang, parkir Rp 5.000/ motor, dan Rp 10.000/mobil ini Anda dapat menikmati keindahannya pantainya yang eksotis dan terdapat banyak bebatuan bentuknya menyerupai sebuah kapal kalau diperhatikan seksama.

Pantai yang pernah digunakan sebagai venue Festival Petualang Nusantara 2015 lalu itu bersuasana teduh karena banyak pepohonan besar.

Pantai berikutnya Pantai Sebalang di dekat lokasi PLTU Sebalang yang memiliki pesona sunset cukup menawan.

Pantai Embe dulu Merak Belantung pantainya berombak cukup besar. Lalu Pantai Sapenan yang berada tidak jauh dari Pantai Embe,  pantainya berpasir lembut dan terdapat pondokan dan warung.

Lain lagi dengan Pantai Ketang atau Way Urang Kalianda yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Agung Kalianda, sekitar 3 Km dengan waktu tempuh 10 (sepuluh) menit.

Pantai Alau-alau yang dulu bernama pantai Laguna juga berpasir putih. Pantai yang memiliki penginapan ini kerap dipakai buat pemotretan pre-wedding.

Terus Pantai Marina yang berbatu karang besar dan ombaknya besar tidak cocok untuk berenang tapi menarik buat narsis dan pre-wedding.

Nah, Pantai Wartawan yang berjarak sekitar 17 Km arau  30 menit dari Masjid Agung Kalianda, memiliki beberapa mata air panas di sekitar pantainya.

Sementara Pantai Setigiheni di Desa Canggung, Kecamatan Rajabasa, Kalianda tampil cantik dengan dermaga kecil yang bisa buat foto-foto narsis.

Pantai Batu Ceper memiliki banyak bebatuan besar dan ceper sehingga dinamakan Pantai Batu Ceper. Pantai ini juga  diminati para penggemar forografi. Dan Pantai Batu Lapis yang memiliki bebatuan tersusun berlapis-lapis di pantainya dan kerap didatangi para pemeburu selfie spot.

Sementara pantai-pantai yang ada di Bandar Lampung (BL), Ibukota Provinsi Lampung antara lain Pantai Duta Wisata yang berjarak sekitar 9 km dari Tugu Adipura, BL.

Di pantai yang berkarang ini terdapat banyak pondokan dan restoran seafood.

Selain itu Pantai Queen Artha. Pantainya berjarak 2 km dari gerbang pantai Duta Wisata. Dari pantai ini Anda bisa menyaksikan Kota Bandar Lampung dari kejauhan, khususnya daerah Teluk Betung dan Panjang. Sedangkan Pantai Puri Gading di belakang perumahan Puri Gading kerap dipakai untuk berfoto termasuk foto pre-wedding

Selain pantai juga ada sejumlah pulau di perairan Teluk Lampung, Selat Sunda yang menarik disambangi antara lain Pulau Sebesi dan Pulau Legundi.

Pulau Sibesi yang berluas sekitar 2.620 Ha secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Lamsel dan memiliki topografi wilayah berupa dataran landai hingga dataran tinggi seperti bukit.

Pulau tersebut merupakan salah satu pulau berpenghuni yang terdekat dengan wilayah Cagar Alam Laut Kepulauan Krakatau, sehingga pada bagian selatan pulau (Dusun Gubug Seng) dapat terlihat panorama Kepulauan Krakatau.

Sementara Pulau Legundi di Punduh Pidada, Pesawaran juga berpanorama darat dan bawah laut yang sama memesonanya.

Dari Kota Bandar Lampung jaraknya sekitar 47 Km dengan waktu tempuh sekitar 3-4 tiga jam perjalanan.

Anda bisa lewat Dermaga Canti, Lamsel dan Dermaga Ketapang, di Padang Cermin, Pesawaran untuk menyeberang ke Pulau Legundi.

Untuk sampai ke Dermaga Ketapang, kalau naik kendaraan umum, Anda bisa menaiki angkutan pick up dari Teluk Betung tujuan Padang Cermin Pesawaran, turun di Dermaga Ketapang. Tarifnya sekitar Rp. 20.000 per penumpang.

Dari Dermaga Ketapang, Anda  bisa menyewa perahu motor  sekitar Rp 700.000.

Kalau dari dari Pelabuhan Bakauheni, bisa juga menyeberang ke Pulau Legundi melalui Dermaga Canti.

Adapun rutenya yakni Pelabuhan Bakauheni – Kota Kalianda – Dermaga Canti – Pulau Legundi.

Anda pun bisa transit terlebih dahulu ke Pulau Sebesi untuk melihat view Anak Gunung Krakatau.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan  di Pulau Legundi antara lain  menikmati keindahan pantainya yang berpasir putih dan menikmati keindahan bawah lautnya yang pastinya akan memanjakan mata dengan diving ataupun snorkeling

Ombak lautnya tenang dan aman untuk pemula.

Anda juga bisa bermalam dengan menginap di homestay masyarakat dengan tarif  terjangkau.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, @adjitropis)

Captions:
1. Sampai di Pulau Sibesi, pulau berpenghuni di Teluk Lampung, Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).
2. Wisatawan menikmati panorama laut dari salah satu pantai di Lamsel.
3. Menyaksikan aktivitas vulkanik Gununung Anak Krakatau dari kejauhan.
4. Speedboat dan perahu nelayan yang bisa disewa untuk menuju pulau-pulau di Teluk Lampung, Selat Sunda.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP