. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 19 Desember 2018

Bali dan Singapura Destinasi Liburan Akhir Tahun 2018 Dambaan Netizen Indonesia

Bali dan Singapura menjadi dua  destinasi liburan akhir tahun 2018 yang menjadi pilihan yang paling banyak diperbincangkan atau dengan kata lain menjadi destinasi dambaan warganet atau netizen Indonesia.

Bali menjadi destinasi domestik yang paling banyak dibahas dengan jumlah 52,5% dari total buzz. Sedangkan Singapura menjadi destinasi internasional yang paling diperbincangkan warganet Indonesia sebanyak 108 buzz.

Destinasi domestik pilihan netizen Indonesia yang menempati posisi kedua sampai kelima adalah Bandung sebanyak 12,2%, Lombok (8,9%), Yogyakarta (7,4%) dan Lampung 2,7%.

Sementara destinasi internasional dambaan netizen yang berada diposisi kedua sampai kelima adalah Amerika Serikat sebesar 64 buzz, Eropa (59 buzz), Jepang (53 buzz), dan Korea Selatan (51 buzz).

Pemantauan media sosial (medsos) yang dilakukan perusahaan media intelligence Isentia menemukan total 2.322 buzz terkait liburan akhir tahun.

Medsos Twitter menjadi wadah perbincangan terbanyak yang digunakan netizen, hampir setengah dari perbincangan tersebut yakni sebesar 48%. Berikutnya diikuti Instagram (37%), Facebook (12%), serta di Blog dan Forum (3%).

Menurut Insight Manager Isentia Indonesia, Rendy Ezra dalam keterangan resminya Selasa (18/12/2018) menjelaskan berdasarkan hasil pemantauan ternyata warganet sudah mulai memperbincangkan seputar liburan akhir tahun sejak enam bulan lalu atau bulan Juli.

"Volume buzz tertinggi terjadi pada tanggal 7 Desember, karena  berbagai brand sudah memulai mempromosikan program atau campaign akhir tahun," terang Rendy.

Tercatat pula, Bank Mandiri menjadi brand yang paling banyak disebut, sebesar 7,1 persen, karena kolaborasinya dalam promosi liburan akhir tahun dengan berbagai brand ternama lain seperti Garuda Indonesia, Tumi, dan Wacoal.

Sebagai catatan Isentia merupakan perusahaan analisa dan monitoring media berbasis di Australia, didirikan pada tahun 1982 di Melbourne oleh Neville Jeffress.

TravelPlus Indonesia melihat dari hasil pemantauan Isentia itu, kedekatan jarak destinasi domestik dengan Jakarta dan juga ketersohorannya sebagai destinasi turut mempengaruhi minat warganet.

Faktor kemudahan akses dan jarak tempuhnya jadi salah satu pemicu disini.

Buktinya tiga destinasi terdekat dengan Jakarta masuk lima besar destinasi yang paling banyak diperbincangkan atau didambakan netizen Indonesia yakni Bandung, Yogyakarta, dan Lampung.

Begitupun Bali dan Lombok yang memang tersohor sebagai destinasi andalan Indonesia.

Singapura pun begitu. Selain dekat dengan Indonesia dan bisa dijangkau dari berbagai bandara di Tanah Air secara langsung atau direct flight, pun karena amat populer dikalangan warganet Indonesia.

Nah, kalau Anda destinasi domestik dambaan untuk liburan akhir tahun ini kemana?

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Bali menjadi destinasi domestik yang paling banyak diperbincangkan warganet Indonesia untuk liburan akhir tahun 2018.
2. Bandung tempati posisi kedua.
3. Lombok duduki peringkat ketiga.
4. Yogyakarta diurutan keempat.
5. Lampung masuk deretan kelima destinasi domestik yang paling banyak diperbincangkan warganet Indonesia untuk liburan akhir tahun 2018.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP