. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 25 November 2018

Pilih Paket Tur atau Backpacker-an ke Pulau Komodo? Ini Jawabannya

Liburan akhir dan awal tahun, tinggal menghitung pekan. Buat yang ingin tahun baruan ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo serta objek-objek wisata yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) tapi masih galau mau beli paket tur atau backpacker-an, ini jalan keluarnya.

Kalau Anda berencana menghabiskan akhir tahun di Pulau Komodo dan sekitarnya bersama keluarga, sebaiknya memilih membeli paket tur yang dijual travel agent.

Begitu saran Person in Charge (PIC) Pokja 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk Labuan Bajo, Shana Fatina ketika TravelPlus Indonesia menanyakan perihal itu disela-sela acara bertajuk Ada Labuan Bajo di Car Free Day (CFD) di Park & Ride Thamrin, samping Hotel Sari Pasifik, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/2018) pagi.

"Untuk keluarga lebih baik pilih paket tur aja karena lebih praktis," ujar Shana.

Kebetulan di acara ini, lanjut Shana juga ada stand travel agent yang menjual paket-paket tur ke Pulau Komodo dan objek-objek wisata utama yang ada di Flores.

Pantauan TravelPlus Indonesia  di stand PT. Flores Komodo tersedia beberapa paket tur antara lain paket 4D3N Komodo Live on Board seharga Rp 3.925 ribu per pax, minimal 10 pax per grup dan tinggal semalam di Labuan Bajo.

Objek yang dikunjungi di paket tur tersebut antara lain Bukit Waringin, Gua Batu Cermin, Amelia Sea View, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Kalong, Pulau Padar, Pulau Komodo, Pantai Merah (Pink Beach),  Pulau Kanawa, dan Pulau Bidadari.

Selain itu ada paket Visit Kelimutu & Komodo National Park 5D4N Rp 6.055 ribu per pax, juga minimal 10 pax per grup.

Objek wisata yang dikunjungi antara lain Studio Tenun Ikat, Pantai Koka, Danau Kelimutu, Rumah Soekarno, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Kalong, Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach, Manta Point, Pulau Kanawa, dan Pulau Bidadari.

Ada lagi paket 7D6N Flores Overland & Komodo Live on Board Rp 6.675 ribu per pax,  minimal 10 pax per grup.

Adapun objek wisata yang didatangi antara lain Studio Tenun Ikat, Pantai Koka, Danau Kelimutu, Rumah Soekarno, Pantai Batu Biru, 17 Pulau Riung, Kampung Bena, lokasi pembuatan arak minuman lokal, persawahan spider web, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Kalong, Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach, Manta Point, Pulau Kanawa, dan Pulau Bidadari.

Satu lagi paket 9D8N Flores Overland & Komodo Live on Board seharga Rp 8.460 ribu per pax, juga minimal 10 pax per grup.

Objek wisata yang disambangi antara lain Studio Tenun Ikat, Pantai Koka, Danau Kelimutu, Rumah Soekarno, 17 Pulau Riung, Kampung Bena, Kampung Wae Rebo, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Kalong, Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach, Manta Point, Pulau Kanawa, dan Pulau Bidadari.

Sementara kalau Anda berlibur dengan teman-teman yang sama-sama berjiwa petualang, bisa memilih backpacker-an atau membuat perjalananan secara mandiri.

Menurut Shana, Labuan Bajo berkembang juga karena banyak  berdatangan backpacker dari dalam dan luar negeri.

Liburan secara backpacker-an, lanjut Shana, keuntungannya jelas bisa mengatur biaya sendiri dan terasa lebih menantang.

Biaya untuk transportasi bacpacker-an dengan pesawat berkisar Rp 3 juta-Rp 5 juta pergi-pulang dari Jakarta ke Labuan Bajo, tergantung pilihan maskapainya.

"Kalau pengeluaran untuk trip, makan, dan inap homestay sekitar Rp 800-an ribu per orang," ungkapnya.

Soal durasi tur atau lama kunjungan, Shana menyarankan minimal 3 hari 2 malam supaya tidak terburu-buru dan masih bisa melihat Komodo.

"Inapnya bisa di kapal atau di darat," jelasnya.

Terkait promosi Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo selain lewat acara CFD ini, sambung Shana juga dengan mengikuti berbagai travel mart besar yang ada di sejumlah kota di Indonesia serta di mancanegara seperti pameran wisata di Berlin, London, Shanghai, dan Hongkong.

"Karena Labuan Bajo termasuk destinasi bahari, kami juga mengikuti pameran yang spesifik seperti pameran khusus diving," ungkapnya.

Selain menawarkan paket tur, acara Ada Labuan Bajo di Jakarta CFD yang digelar Wonderful Indonesia-nya Kemenpar ini juga menyuguhkan aneka makanan dan minuman serta bermacam kerajinan antara lain kain tenun.

Pengunjungnya pun dihibur bermacam tarian tradisional dari berbagai daerah di NTT.

Tak ketinggalan mendengarkan pengalaman Denny Sumargo, aktor yang gemar adventuring dan pernah berkunjung ke Labuan Bajo serta menjelajahi kawasan Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau instagramable di sekitarnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Pintu masuk ke acara Ada Labuan Bajo di Car Free Day, Jakarta.
2. Brosur paket-paket tur ke Pulau Komodo dan overland Flores.
3. Narsis bareng di photo booth berlatar pesona keindahan Pulau Komodo berikut Komodo-nya.
4. Suguhan salah satu tarian tradisional masyarakat NTT.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP