. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 24 November 2018

Indonesia Tourism Outlook 2019 Berlangsung di Bali dan Jakarta

Dua acara berlabel sama,  Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2019 digelar di Bali dan Jakarta.

Keduanya sama-sama berlangsung satu hari penuh. Namun baik penyelenggara, pembicara, dan tema yang diusung maupun waktu pelaksanaannya berbeda.

ITO 2019 di Bali yang digelar Estepers, yakni Forum Alumni Sekolah Pariwisata Bali dan didukung Wonderful Indonesia-nya Kementerian Pariwisata (Kemenpar), sudah terlaksana pada Jumat (23/11/2018), di Ayodya Resort, kawasan ITDC Nusa Dua Bali mulai pukul 9 pagi waktu setempat.

Sementara ITO 2019 di Jakarta yang dilaksanakan Forwapar atau Forum Wartawan Pariwisata dan juga disokong Kemenpar, baru akan berlangsung pada Selasa 27 November 2018, dan juga akan dimulai pukul 9 pagi di Sumba Room, Hotel Borobudur, Jakarta.

Berdasarkan bahan promo yang disebar Ketua Forwapar Fatkhurrohim di WA Group, Jumat (23/11), ITO 2019 bertema "Deregulation In Cyber Tourism Era" yang dibuat Forwapar akan menghadirkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sebagai pembicara utama atau keynote speaker.

Selepas itu dilanjutkan dengan diskusi yang terbagi atas dua sesi, berbeda tema dan juga pembicara.

Diskusi sesi pertama yang  bertema "2018 tourism review and 2019 tourism trends" akan  menampilkan tiga pembicara yakni Yu Yen-Te dari Baidu, Gary Cheng (TripAdvisor), dan Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani atau akrab dipanggil Giri.

Yu Yen-Te akan menyampaikan makalah bertajuk "The Role of technology in increasing tourism particularly in Asia and Pacific market and how to capture the millenial travelers market", Gary Cheng akan membawakab makalah berjudul "Knowing the potential, characteristics, trends and strategies of bringing Asia Pacific tourists to Indonesia", sedangkan Giri akan menyampaikan makalah bertajuk "Strategies to face competition  from the main markets of foreign tourists".

Diskusi sesi kedua yang mengambil tema "Deregulation in the tourism sector" akan menghadirkan empat pembicara  berkompeten yakni pengamat ekononi Faisal Basri, Ridzki Kramadibrata (Executive Director Grab Indonesia), Daniel Oscar Baskoro (ICT for Development Reseracher), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil.

Faisal Basri akan menyampaikan makalah berjudul "Optimizing and Accelerating Tourism to Gain Foreign Exchange", Ridzki Kramadibrata dengan makalah bertajuk "Online transportation in accommodating tourist needs", dan Daniel Oscar Baskoro dengan makalah bertajuk "Tourism 4.0: The Future of Tourism Industry", sedangkan Kang Emil akan membawakan makalah berjudul "West Java Innovation in utilizing technology for tourism development".

Sementara ITO 2019 bertema "Cutting Edge Approaches to Marketing and Operation Sustainable Tourism Experience" yang baru saja digelar Estepers di Bali, menampilkan Staf Ahli Menpar Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata I Gde Pitana sebagai keynote speaker.

Sang profesor itu menyampaikan topik pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Kemudian disambung dengan diskusi yang terbagi dua sesi, dengan menghadirkan sejumlah pembicara antara lain Hariyadi Sukamdani selaku Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia), pengamat ekonomi Indonesia Faisal Basri, dan Campbell Wilson sebagai Senior Vice President of Sales and Marketing of Singapore Airlines.

Hariyadi membawakan makalah dengan topik kesiapan sektor industri dalam pariwisata berkekelanjutan di Indonesia. Sedangkan Faisal Basri berbagi tentang ekonomi makro untuk industri pariwisata.

Sementara Campbell Wilson menyampaikan makalah tentang menyajikan pendekatan canggih untuk memasarkan dan mengoperasikan pengalaman pariwisata berkelanjutan dari perspektif maskapai penerbangan.

Selain itu ada Christy Megawati dari STR yang menampilkan data dan angka untuk kemajuan pariwisata pada masa mendatang dan Rhenald Kasali selaku Direktur Pasca Sarjana Universitas Indonesia, yang mempresentasikan strategi pariwisata untuk memenangkan revolusi VUCA dunia dan industri.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Promo Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2019 yang akan digelar Forwapar di Jakarta, Selasa, 27 November 2018. (dok. forwapar)
2. Promo ITO 2019 yang sudah digelar Estepers di Bali, Jumat 27 November 2018. (dok. estepers)
3. Para pembicara yang tampil dalam ITO 2019 di Bali. (dok. estepers)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP