Destinasi Andalan Dipromosikan di 100 Bus Selama Asian Games
Sejumlah foto destinasi andalan berikut Wonderful Indonesia dipromosikan di 100 bus selama penyelenggaraan Asian Games 2018.
Seratus bus tersebut terdiri atas 64 bus TransJakarta untuk rute utama koridor satu, 20 bus Damri, dan 16 bus Blue Bird Group untuk shuttle bus pusat kota menuju bandara.
Ketua II co – branding Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Priyantono Rudito menjelaskan, ada 7 destinasi wisata tertempel di badan bus antara lain Bali, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Yogyakarta dan Banyuwangi.
"Selain foto--foto sejumlah destinasi tersebut juga ditempeli logo Wonderful Indonesia," kata Priyantono Rudito pada peluncuran bus Wonderful Indonesia di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis, (26/7/2018).
Langkah ini, lanjut Priyanto merupakan upaya co – branding untuk mempromosikan pariwisata Indonesia melalui event Asian Games 2018.
Berdasarkan pengamatan TravelPlus Indonesia ada sekitar 25 bus yang dihadirkan dalam acara peluncuran tersebut.
Foto destinasi yang ditempel di bus yang dihadirkan dalam acara peluncuran antara lain foto/gambar seekor Komodo Taman Nasional Komodo dibagian samping kanan badan bus bernomor TJ-07245.
Selain itu ada foto Candi Borobudur di Jawa Tengah dan lenskep Raja Ampat di Papua Barat di badan bus lainnya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kemenpar mengajak brand di Tanah Air untuk melakukan kolaborasi melalui co-branding partnership dengan brand Wonderful Indonesia yang saat ini telah mendunia.
Menurut perhitungan Bappenas, event olahraga ini akan diikuti oleh 45 negara . “Semoga kita menjadi tuan rumah yang baik di Asian Games. Salah satu sukses Indonesia adalah sukses ekonomi,” kata Arief Yahya.
Seratus bus tersebut, sambung Arief Yahya akan wara-wiri di Jakarta mulai dari perhelatan Asian Games sampai akhir tahun 2018, dan rencananya akan diterapkan juga di Palembang.
Arief Yahya berharap bus-bus tersebut bisa mencolok di tengah perhelatan Asian Games
"Kalau 100 bus berkeliling kota Jakarta itu akan nendang lah akan kelihatan branding Wonderful Indonesia berikut foto-foto destinasinya," ungkapnya.
Menurut Arief Yahya Wonderful Indonesia dan foto-foto destinasi dipasang di bus-bus tertentu pada momen spesial pasti ada impact positifnya.
"Contohnya sewaktu dipasang si Berlin, kita jadi exibitor terbaik. Ketika di Paris kita jadi destinasi baru terbaik Indonesia, dan di Moskow yang paling viral ternyata kita," terangnya.
Dalam acara peluncuran ini hadir juga Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah, Dirut Transjakarta Budi Kaliwono, Andrianto Djokosoetono dari Blue Bird, dan Dirut Damri Setia N Milatia.
Menurut Sandi logo Wonderful Indonesia bisa menyandang nama baik Tanah Air, sekaligus menyukseskan Asian Games.
"Ini bukan hanya logo, stiker tapi ini menyandang nama Indonesia. Melambangkan komitmen, janji setia menyukseskan Asian Games," ujarnya.
Sandi menambahkan lewat Asian Games 2018, bakal hadir 10.000 lapangan kerja baru dan akan memberikan pemasukan sebesar Rp 45 triliun di bidang ekonomi.
"Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, kita harus give smile dan service dengan baik, kepada wisman," imbau Sandi.
Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
0 komentar:
Posting Komentar