. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 21 Februari 2016

Blessing! Wonderful Indonesia Sabet Award di OTM India

Blessing! Meskipun tidak ada penerbangan langsung (direct flight) dari India ke Indonesia, namun branding pariwisata Indonesia untuk mancanegara Wonderful Indonesia menyabet penghargaan dari Outbond Travel Mart (OTM) yang diselenggarakan di Mumbai, India Minggu (20/2/2016). Penghargaan bergengsi tersebut ber-tittle: The Winner of The Comprehensive Integrated Participation. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya termasuk salah satu orang yang terkejut mendengar kemenangan itu. Menurutnya itu ajaib. "Ini yang ajaib. Karena jumlah wisman asal India yang masuk ke Bali, Jakarta, dan Medan, itu sudah di atas 250 ribu di 2015. Rata-rata per hari sudah dua flight,” ujar Arief Yahya dalam rilisnya yang Travelplusindonesia terima. 

Menurut Arief Yahya, pihaknya sudah meminta Garuda Indonesia untuk terbang New Delhi-Jakarta, Chennai-Medan, dan Mumbai-Denpasar sejak 2015 lalu. “Semoga saja direalisasi di tahun ini,” kata Arief Yahya lagi.

Seperti diketahui Indonesia tidak memliki direct flight ke India, baik dari kota-kota besar seperti New Delhi, Mumbai, Bangelore, Chennai, dan Kalkuta, maupun dari kota kecil di Asia Selatan itu ke Jakarta Soekarno Hatta, Denpasar Ngurah Rai, maupun Medan Kuala Namu. Semua penumpang dari dan ke India, transit via Singapore dan Kuala Lumpur.

Menurut Arief Yahya memenangi award dari OTM itu sangat membanggakan. Sebab, bursa OTM ini adalah travel market terbesar di India, yang diikuti oleh banyak negara, yang mengincar pasar India. Jumlah orang kaya India yang berpotensi berwisata ke luar negeri (outbond) lebih dari 350 juta orang. Jumlah itu lebih besar dari penduduk Indonesia yang di kisaran 250 juta jiwa. "Critical success factor menggaet pasar turis India adalah direct flight. Itu saja dulu, concern yang harus dikebut!" ungkap Arief Yahya.

OTM digelar di Bombay Exhibition Center. Pada even tersebut paviliun Wonderful Indonesia tampil mencolok. Kemenpar berhasil memainkan convergency media untuk mendapatkan impact yang optimal.

Dari media cetak, media luar ruang, media online, media TV, venue pameran, dari tempat registrasi, baik untuk media, buyers, dan visitors, semuanya dibungkus dengan logo yang mirip garuda berwarna-warni itu. Semua media promo sampai touch screen, digital information screen dibranding Wonderful Indonesia. 

Desain-desain destinasi Bali dengan pura dan pantai-pantai indah, cukup mendominasi OTM Mumbai 2016 ini. "Karena itu masuk akal, Kemenpar raih penghargaan the winner of The Comprehensive Integrated Participation dari Outbound Travel Mart 2016 India," aku Arief Yahya.

Hanya Indonesia dan Filipina yang mendapatkan piala dan piagam penghargaan itu. Selain itu ada Jepang, Rusia , dan UAE yang juga membawa pulang award dari OTM India ini.

Lalu kenapa Malaysia Truly Asia tidak dapat apa-apa? Menurut Asdep Pengembangan Pasar Asia Pacific, Kemenpar Vinsensius Jemadu, Malaysia kali ini tidak mengikuti OTM Mumbai. “Pasalnya turis dari India yang ke Malaysia drop alias terjun bebas tahun 2015 lalu. Mereka menyebut drop itu lantaran tragedi pesawat boeing Malaysia Airlines MH17 di Ukraina lalu, yang membuat orang India takut naik MAS ke Malaysia," ungkap Vinsen.

Sekali lagi, Bravo Wonderful Indonesia 

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)
Foto: dok. Humas-Kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP