. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 04 Maret 2014

Target Wisman ke Aceh 2014 Naik 15 Persen

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)-nya tahun 2014 ini naik 10-15 persen dibanding tahun lalu yang berjumlah mencapai 42.552 orang. 

Menurut Kepala Disbudpar Aceh Reza Fahlevi target kenaikannya memang tidak besar mengingat ini tahun politik. “Kita maunya besar tapi karena ini tahun politik jadi kita sesuaikan saja. Yang penting diharapkan tetap ada kenaikan,” jelasnya lewat telepon, Selasa (4/3/2014). 

Menurut Reza yang baru dilantik menjadi Kadisbudpar Aceh, 11 Februari 2014 lalu, untuk mencapai target itu sejumlah event beskala internasional akan digelar di Aceh selama 2014. “Yang sudah pasti Aceh Surfing Competition yang akan diadakan pada tanggal 15-16 Maret 2014 di Pantai Lhoknga dan International Rafting Festival di Aceh Tenggara, “ jelas mantan Kadisbudpar Kota Banda Aceh ini.

Selain itu ada beberapa event internasional lainnya yang sedang diusahakan akan diselanggarakan di Aceh. “Kami juga tengah mengusahakan dua kegiatan Tourism Indonesia Mart and Expo atau TIME berlangsung di Banda Aceh dan Sabang International Regatta di Sabang tahun ini,” jelasnya.

Reza menambahkan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengingat kedua event tersebut diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

Sejumlah event bersakala nasional, lanjut Reza yang diharapkan dapat menjaring wisman juga akan digelar tahun ini antara lain Renungan Tsunami yang akan digelar 26 Desember, Festival Kopi, Sabang Fair, dan Aceh Expo.

Berdasarkan data Disbudpar Aceh jumlah kunjungan wisman ke Aceh selama tahun 2013 mencapai 42.552 jiwa atau naik 46,77% dibandingkan tahun 2012 yang sebanyak 28.993 jiwa. Sedangkan wisnus-nya mencapai 1,075 juta jiwa atau naik 4,76% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1,02 juta jiwa. 

Wisman asal Malaysia masih menjadi penyumbang pelancong terbanyak ke Aceh Disusul berturut-turut Jerman, Amerika Serikat, China, Australia, Perancis, Inggris, Thailand, Singapura, Belanda, dan beberapa negara lainnya

Selain masuk melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda dan Sabang, wisman yang berwisata ke Aceh juga lewat Medan.

Naskah & Foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Dua turis lokal dan seorang turis bule sedang menikmati pesona Pantai Lampuuk.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP