. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 29 Maret 2014

Memburu Ilmu, Peralatan, dan Paket Diving di Deep & Extreme 2014

Buat Anda yang gemar menyelam (diving) atau berencana ingin mengenal salah satu olahraga bahari ini? Datangi saja pameran Deep & Extreme 2014 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta yang berlangsung sejak 27-30 Maret 2014. Di pameran bertajuk 'Adventure for Nature ini, Anda bukan hanya beruntung bisa membeli paket dan peralatan diving dengan harga miring serta menikmati sejumlah acara menarik, pun bisa menggali ilmu tentang diving lebih dalam. 




Pameran yang diikuti 128 peserta baik itu produk peralatan outdoor dan diving seperti Deuter, Consina, 10BAR, Aqualung, dan Nauticam. Harga produknya rata-rata agak miring. Snorkel glasses misalnya dibandrol dengan Rp 300 ribuan. 

Buat kaum hawa yang gandrung warna pink, Scubamart memberikan promo Pink It Package! dalam bentuk paket, berisi baju selam berbahan lycra, kacamata, snorkel, dan kaki katak serba merah muda dengan harga Rp2.915.000. Padahal harga normal keseluruahan mencapai Rp3.415.000. Baju selam merek Australia, Sharskin yang sedang promo di Indonesia juga memberi diskon 10 persen untuk pembeli umum dan diskon 20 persen untuk baju model skinsuit.

Ada juga komunitas serta dinas pariwisata daerah yang memiliki obyek wisata diving seperti Sabang, Wakatobi, Raja Ampat, Buton, Manado, dan lainnya. Rata-rata mereka menjual paket diving.

Di booth Disbudparkot Sabang, Aceh misalnya menawarkan paket Scuba Weh mulai dari paket sekali menyelam Rp 375.000 per orang, 2 kali (Rp 675.000), 3 kali (Rp975.000), dan 4 kali menyelam (Rp1.275.000), serta tambahan menyelam malam Rp 75.000 per orang. Ada juga paket kursus menyelam yang diselenggarkan PADI, untuk kelas open water harganya Rp4,2 juta per orang. Sedangkan untuk tingkat advance Rp3.450.000 per orang.

Di booth Divemasters Indonesia juga menjual paket kursus menyelam rebreather, yakni teknik menyelam menggunakan gas campuran khusus, sehingga penyelam dapat berada di bawah air sampai 3 jam. Teknik ini biasanya digunakan untuk para fotografer, peneliti, dan kru penyelamat yang harus berada di bawah air lebih lama. Harga promo kursus menyelam rebreather Rp9,9 juta dari harga normal Rp12,99 juta.

Di booth Nusa Penida, Bali menawarkan spesies langka seperti Mola-Mola di kehidupan bawah lautnya sekalgus menjual paket promo dua kali selam seharga US$80 yang diadakan World Diving Lembongan. Biasanya harga paketnya US$85 untuk sekali selam. Wow, miring banget.

Sedangkan di booth Matahari Tulamben Resorts, Dive & Spa menjual paket menyelam ekslusif menyelam di USAT Liberty Wreck ditambah tur melihat keindahan panorama sawah, Tirta Gangga Waterpalace, dan ke Pura Goa Lawah dengan harga Rp 875.000 minimal 2 orang dengan potongan diskon 5 % berlaku selama pameran.

Beberapa booth tampil beda untuk menarik pengunjung. Booth WWF Indonesia misalnya tampil dengan atmosfir laut, lengkap dengan ikan dan terumbu karang. Pengunjung boleh berfoto di booth yang sekaligus berkampanye penyelamatan hiu.

Ada juga booth yang mengadakan kegiatatan atrkasi, di booth Aquarium SCUBEX misalnya, pengunjung dapat mencoba peralatan selam yang sudah dibeli. Di booth lain, pengunjung bisa mencoba rope climbing.

Pameran ini juga diikuti sejumlah federasi olahraga antra laini Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), federasi olahraga mancing, federasi panjat tebing Indonesia, dan federasi aero sport Indonesia, Pengunjung dapat bertanya langsung perihal olahraga yang diminati.

Pameran yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini bertujuan mengajak masyarakat untuk berwisata bahari denganmelakukan bergam kegiatannya seperti menyelam. Pameran ke-8 yang dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, pada Kamis (27/3) dimeriahkan sejumlah acara antara lain diskusi dengan tema berbeda setiap harinya

Ada kelas underwater oleh maestro Yoshi Hirata, bincang-bincang dengan bintang tamu Kaka Slank dan Nadhira Miss Scuba Indonesia 2014 tentang pengalaman mereka soal laut dan diving serta diskusi bersama Menparekraf Mari Elka Pangestu seputar hobi diving-nya dan kebijakan pemerintah dalam membangun wisata salam di Indonesia.

Harga tiket masuknya hanya Rp 20 ribu per hari kunjungan, dan Rp 50 ribu untuk tiket terusan.

Naskah: foto adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: ZDC-pulauweh & adji

Captions: 
1. Apolemichthys trimaculatus di Perairan Pulau Weh, Aceh.
2. Pengunjung menuju Deep & Extreme 2014.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP