. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 06 Maret 2014

Jumlah Miliader di Dunia Bertambah

Jumlah orang kaya di dunia semakin banyak. Buktinya majalah Forbes tahun 2014 ini mencatat ada 1.645 miliader di dunia. Angka tersebut merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah. Sebanyak 172 dari mereka adalah perempuan dan 492 di antaranya berasal dari Amerika Serikat. 19 di antaranya orang Indonesia. Sekitar 66 persen miliader ini sukses berkat jerih payahnya, sementara 21 persen sisanya merupakan warisan dari orang tuanya. 

Forbes mencatat ada 19 orang Indonesia yang masuk daftar orang terkaya dengan nilai kekayaan di atas 1 miliar dollar AS. Secara total jumlah kekayaan orang Indonesia ini mencapai 47,65 miliar dollar AS.

R. Budi Hartono pria keturunan Tionghoa yang lahir di Kudus, Jawa Tengah pada 1941 ini kembali dinobatkan sebagai orang terkaya Indonesia tahun ini versi majalah Forbes setelah tahun lalu menyabet predikat serupa.

Kekayaan pemilik Djarum Group, perusahaan yang dia warisi dari ayahnya ini mencapai US$ 7,6 miliar atau setara Rp 88,4 triliun (kurs: 11.631 per dolar AS). Sumber kekayaan utama taipan ini dari perusahaan rokoknya, Djarum dan Bank BCA.

Predikat orang terkaya di Indonesia diurutan kedua diduduki Michael Hartono yang tak lain adik R Budi Hartono dengan total kekayaan mencapai US$ 7,3 miliar atau setara Rp 84,9 triliun sekaligus menduduki peringkat 184 dunia.

Ketiga Chairul Tanjung (US$ 4 miliar) peringkat dunia (375). Bisnisnya mencakup bidang media televisi, perbankan, dan life style bisnis. Keseluruhan bisnisnya yang bernaung dibawah CT Corp memiliki puluhan anak perusahaan.

Keempat Sri Prakash Lohia (US$ 3,5 miliar) peringkat dunia (446). Dengan memanfaatkan jaringan bisnis dari negeri asalnya, India, Sri Prakash berhasil membangun kerajaan bisnisnya di Indonesia di bidang tekstil dan petrokimia berlabel Indorama Synthetics.

Kelima Peter Sondakh (US$ 2,8 miliar) peringkat dunia (609). Sumber kekayaannya dari perusahaan Bentoel dan Rajawali Group (perusahaan kelapa sawit). Tidak hanya itu saja, dia juga memiliki perusahaan di luar negeri hingga membuatnya sempat tinggal di Amerika Serikat dalam waktu yang cukup lama.

Keenam Mochtar Riady (US$ 2,5 miliar) peringkat dunia (687). Dia dikenal sebagai The Magic Man of Bank Marketing yang sukses membesarkan Bank Lippo. Perusahaannya menggurita di dunia perbankan dan keuangan. Belakangan dia memasuki berbagai bidang lain seperti properti, infrastruktur, elektronik, dan otomotif.

Ketujuh Sukanto Tanoto (US$ 2,1 miliar) peringkat dunia (828). Sumber kekayaan pria kelahiran Belawan, Medan, Sumatera Utara 25 Desember 1949 ini salah satunya diperoleh dari usaha dalam mengelola perusahaan dibidang industri kertas Asia Pacific Resources International Ltd (APRIL). Selain itu dari perusahaan minyak sawit Asian Agri, yang tidak hanya berjalan di dalam negeri namun telah berkiprah hingga ke Brazil dan China. Belum lama ini dia juga membangun proyek barunya Liquid Natural Gas bersama mitranya di Juangsu, China.

Kedelapan Bachtiar Karim (US$ 2 miliar) peringkat dunia (869) pemilik perusahaan Musim Mas. Kesembilan Theodore Rachmat (US$ 1,85 miliar) peeringka dunia (973) pemilik Triputra Group.

Dan orang terkaya Indonesia di peringkat kesepuluh menurut majalah Forbes yang berpusat di New York ditempati Tahir dengan total kekayaan mencapai US$ 1,85 miliar. Pemilik Mayapada Group sekaligus pengelola Forbes Indonesia ini menduduki posisi dunia ke 973.

Yang menarik nama Eka Tjipta Widjaja, pemilik Grup Sinarmas yang tergolong aktif ekspansi di bisnis perkebunan dan property dan Anthony Salim dari Grup Salim yang punya perusahaan kakap seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Bogasari Flour Mills, dan Indomobil Group ini tak kembali masuk daftar orang terkaya versi Forbes tahun ini. Padahal kedua orang tersebut pernah masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia.

Terkaya Sejagat 
Kendati di Indonesia berada di posisi pertama orang tertajir, namun di dunia R. Budi Hartono hanya menduduki peringkat ke 173. 

Pemegang tahta orang paling kaya di bumi ini dipegang Bill Gates. Kekayaan pendiri Microsoft itu mencapai US$ 76 miliar, naik dari tahun lalu yang berjumlah US$ 67 miliar. Dari kekayaan US$ 76 miliar.

Gates berencana mendonasikan US$ 26 miliar untuk yayasan miliknya, Bill & Melinda Gates Foundation yang antara lain akan digunakan untuk memberantas polio dan malaria di negara-negara berkembang. 

Diurutan kedua Carlos Slim, pengusaha asal Meksiko, yang pada 2010 sampai 2013 menjadi orang terkaya di dunia. Tahun ini, Slim diprediksi memiliki kekayaan bersih US$ 72 miliar, turun dari US$ 73 miliar. 

Naskah: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 
Foto: dok.ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP