. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 07 Maret 2014

Bandara Soetta Siap Tampung Pesawat Jumbo Airbus 380

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten siap melayani pendaratan pesawat berbadan lebar atau jumbo seperti Airbus 380. Saat ini Terminal 3 Soetta tengah diperluas. Menurut PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator Soetta, pengembangan Terminal 3 ultimate ini memakan investasi Rp 4,7 triliun dan akan rampung semua pada 2015. 

Direktur AP II Tri Sunoko menjelaskan per tanggal 25 Februari 2014, proses kontruksi telah mencapai 16,05%. Direncanakan perluasan terminal 3 fase awal, akan digunakan mulai September 2014.

“Pembangunan seluruh proyek Terminal 3 ultimate dan fasilitas parkir pesawat atau apron tuntas pada akhir 2015. Proyek dibangun di atas lahan seluas 30 hektar”, jelasnya di Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Menurutnya nanti saat beroperasi terminal ini mampu menampung 25 juta penumpang per tahun. Saat ini kapasitas Terminal 1 dan 2 hanya 22 juta penumpang per tahun.

Manajer Komersial Proyek Terminal 3 Soetta, Tumbur mengatakan setiap gate di Teminal 3 dilengkapi 3 garbarata atau jalan penghubung antara pesawat dan penumpang di ruang tunggu untuk melayani satu pesawat A380.

Pihak kontraktor, lanjutnya menyediakan sebanyak 24 gate dengan 40 fasilitas garbarata pada pengembangan Terminal 3 ultimate ini. Saat ini kontraktor sedang membangun 2 buah gedung parkir raksasa dengan luas parkir 88.000 m2 yang mampu menampung hingga 4.000 kendaraan.

Proyek pengembangan terminal 3 ini melibatkan sekitar 1125 pekerja dari 5 kontraktor yakni PT WIKA Tbk, PT PP Tbk, PT Waskita Karya Tbk, PT Jaya Teknik dan Hyundai.

Operator Soetta juga secara resmi mengguyur dana Rp 139 miliar untuk membangun stasiun KRL Commuter Bandara. Stasiun ini nantinya akan berada di antara Terminal 1 dan 2. AP II juga tengah mempersiapkan alat transportasi berupa automatic people mover system atau monorel yang menghubungkan Terminal 1, 2, dan Terminal 3.

Dengan monorel, penumpang yang tiba di stasiun bandara bisa berpindah ke terminal-terminal dengan moda ini. Monorel antarterminal ini rencananya siap dipakai melayani penumpang pada akhir 2015 atau sejalan dengan beroperasinya KRL bandara.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Bandara Internasional Soetta terus berbenah.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP