. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 07 Maret 2014

Ayo ke Kota Tua Jakarta Saat Fiesta Fatahillah

Belum pernah ke Kota Tua Jakarta? Ayo datang saja tanggal 13 Maret nanti. Pasalnya ada pencanangan revitalisasi yang dilanjutkan dengan Fiesta Fatahillah yang akan berlangsung di Taman Fatahillah. Acara yang baru pertama kali digelar ini akan menampilkan beragam kegiatan seni, budaya, dan kuliner serta pertunjukan video mapping yang menceritakan Kota Tua Jakarta. 

Fiesta Fatahillah diadakan berkat kerjasama PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (Jakarta Old Town Revitalization Corporation) dengan Kelompok Pelestarian Budaya Kota Tua Jakarta (Jakarta Endowment For Art & Heritage/JEFORAH). Kedua lembaga ini merupakan inisiasi dari Pemprov DKI Jakarta, 2 BUMN, 9 pengusaha swasta, budayawan, aktivis, dan komunitas. 

Board of Executive JEFORAH, Lin Che Wei mengatakan Fiesta Fatahillah akan menyajikan pameran seni rupa, festival makanan, dan video mapping. "Dengan acara ini, kami ingin Kota Tua menjadi kawasan untuk hidup, bekerja dan berkreasi," jelasnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (6/3).

Pameran seni rupa kontemporer akan diikuti 47 seniman Indonesia, di lantai dua Kantor Pos Fatahillah. Pameran ini akan berlangsung selama enam bulan. Sedangkan festival makanan tradisional (food festival) akan menyuguhkan 30-an ragam makanan dan penganan khas Jakarta selama 4 hari dari tanggal 13-16 Maret 2014.

Menurut Lin, Fiesta Fatahillah yang akan dibuka Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni dari sejumlah sanggar dan komunitas di Jakarta. 

Video mapping akan disuguhkan dalam pembukaan Fiesta Fatahillah. Dalam pertunjukan video yang menceritakan Kota Tua Jakarta akan juga ditampilkan Opelet Si Doel.

Founder dan Creative Head dari studio kreatif Sembilan Matahari, Adi Panuntun, menjelaskan Oopelet Si Doel hanyalah secuplik kejutan yang akan tampil dalam video berdurasi 12 menit itu nanti.

Adi menerangkan video mapping merupakan teknik ilusi optik pada sebuah objek dengan pencahayaan dan proyeksi. “Objek akan terlihat hidup dengan gabungan desain grafis, animasi, efek visual, arsitektur dan efek suara serta music,” terangnya..

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Suasana Taman Fatahillah, pusat Kota Tua Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP