. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 10 Februari 2014

Tempat Romantis Berhari Kasih Sayang Bernuansa Desa hingga Gunung

Tanggal 14 Februari dikenal dengan hari kasih sayang atau istilah kerennya Valentine Day. Jutaan orang di sejumlah negara termasuk Indonesia, terutama pasangan kekasih maupun suami-istri muda yang memandang hari tersebut merupakan hari spesial, kerap merayakannya dengan berbagai cara. Berikut ini penulis merekomdasikan tempat-tempat romantis bernuansa desa dan gunung yang dapat Anda kunjungi bersama orang tersayang. 

Jika Anda tak suka nanjak gunung tapi senang daerah pedesaan pegunungan, ada empat lokasi pilihan yakni Batu Cinta, Jembatan Cinta, Desa Cinta dan Kolam Cinta.

Lokasi Batu Cinta berada di tengah Situ Patenggang, Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat. Untuk menggapainya, Anda bisa naik perahu wisata yang ada di tepian situ (danau). Tak jauh dari situ ini, ajaklah kekasih Anda menikmati perkebunan teh yang menghampar luas bak permadani hijau raksasa yang pastinya bakal bikin mata dan hati teduh. 

Kalau Jembatan Cinta terletak di dalam Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat. Anda bisa merasakan kesejukan udara kota hujan ini, sambil jalan-jalan di bawah kerindangan pohon-pohon besarnya. Atau sekadar duduk-duduk di bangku taman dan rerumputan sambil melihat kemolekan Istana Bogor.

Kendati ada mitos, pasangan kekasih yang melintasi jembatan bercat merah ini akan putus, tetap saja banyak pasangan yang datang ke sini. Pulang dari jembatan gantung yang berada di atas Kali Ciliwung ini, Anda bisa berwisata kuliner membeli roti unyil, asinan, soto, dan talas Bogor.

Sedangkan di Desa Cinta masih di Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Anda dapat menikmati pemandangan persawahan dan kehidupan pedesaan. Dari desa ini, Anda dan pasangan terkasih dapat mengabadikan Gunung Sadahurip yang sempat heboh lantaran sejumlah pihak menganggapnya itu piramida kuno dari bentuknya yang memang mirip seperti piramida yang ada di Mesir.

Sementara Kolam Cinta, juga masih di Kabupaten Bandung, Jawa Barat sesuai namanya adalah kolam peninggalan jaman Belanda yang bentuknya seperti hati, lambang cinta. Di tempat ini Anda dapat menikmati kesejukan udara pegunungan, sambil memandangi deretan pohon pinus. Kalau masih sanggup berjalan, teruskan saja ke Curug Siliwangi, sekitar 1 jam dari kolam ini.

Kalau Anda dan pasangan suka mendaki bukit ataupun gunung tinggi, ada juga 4 lokasi pilihan yakni Gunung Semeru yang merupakan gunung api aktif tertinggi di Pulau Jawa. Pasalnya sebelum menuju Mahameru, nama puncaknya, Anda dan pasangan bisa menikmati paras cantiknya yang berornamen ranu (telaga) Pane dan Kumbolo serta tak ketinggalan menapaki trek menanjaknya yang tersohor dengan julukan Tanjakan Cinta.

Kalau Anda menilai fisik dan mental pasangan Anda kurang siap untuk mendaki gunung yang tinggi. Cukuplah ke bukit atau gunung kecil, misalnya ke Bukit Asmara dan Bukit Cinta. Bukit Asmara merupakan perbukitan yang berada di Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali. Di puncaknya, Anda dan pasangan dapat melihat pemandangan kota kecamatan, persawahan berundak-undak, deretan pegunungan, dan matahari terbit.

Sementara Bukit Cinta berada di Kecamatan Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. Dari puncak bukit kecil ini, Anda dan pasangan bisa bersantai duduk-duduk di bawah keteduhan pepohonan sambil melihat pemandangan Danau Rawapening. Ajak pasangan Anda berwisata air seperti memancing, ski air, ataupun berkeliling Danau Rawapening dengan menyewa perahu motor agar lebih berkesan.

Bukit Cinta lainnya ada di Ubud, Bali dan di Bromo, Jawa Timur. Nama asli Bukit Cinta di Ubud adalah Bukit Campuhan namun karena saking banyaknya anak muda yang berwisata ke sana sambil mengajak pasangannya maka dinamakanlah Bukit Cinta. Dari puncaknya Anda dapat menjak pasangan menikmati matahari tenggelam yang menawan, karena itu orang bule menamakan bukit ini dengan sebutan sunset hill.

Anda tertarik menyambangi salah satunya untuk merayakan hari kasih sayang tahun ini? Silahkan. Kalau Anda dan pasangan termasuk anti valentine day, juga tak apa. Soalnya valentine bagi sejumlah pihak memang tak penting untuk dirayakan. Jadi Anda bisa mengunjungi tempat-tempat romantis beratmosfir pedesaan dan pegunungan itu pada hari dan moment apapun Anda mau.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP