. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 09 Februari 2014

Keistimewaan Anak Krakatau Dibanding Gunung Lain

Rinjani boleh bangga lantaran berpredikat sebagai gunung aktif tercantik di Indonesia dan gunung impian para pendaki di negeri bertabur gunung api ini. Semeru boleh senang karena menyandang atapnya Jawa sekaligus salah satu gunung api terpopuler di sini. Dan Kerinci boleh saja busungkan dada menjadi gunung aktif tertinggi di Sumatera bahkan Indonesia. Tapi Anak Krakatau jauh lebih membanggakan. Pasalnya gunung api di perairan Selat Sunda ini punya sederet keistimewaan dibanding tiga gunung tersebut. 

Penulis bisa menyimpulkan Anak Krakatau punya banyak keistimewaan, bukan sekadar pujian manis tapi pepesan kosong atau basa-basi belaka. Melainkan berdasarkan pengamatan usai tiga kali menyambanginya beberapa tahun silam. Ditambah catatan penting dari literatur buku, film, dan sejumlah tulisan yang mengupas tentang Krakatau, induk dari Gunung Anak Krakatau ini.

Sekurangnya ada 15 keistimewaan Anak Krakatau yang penulis kumpulkan sampai detik ini yakni: salah satu gunung yang induknya memiliki sejarah letusan maha dasyat, namanya mendunia, paling banyak dibukukan/difilmkan, berada di perairan selat, dapat dijangkau dari 2 provinsi,  berstatus cagar alam  sejak jaman Belanda dan  sebagai warisan alam dunia, memiliki festival, didaki dari titik nol Mdpl, tidak dihuni manusia, dilarang bermalam, berpanorama khas dan eksotis, banyak aktivitas menarik, anaknya paling cepat tumbuh, termasuk gunung api yang super aktif di Indonesia, dan primadona penggairah pariwisata.

Pertama, sejarah letusan induknya Anak Krakatau pada tanggal 26 dan 27 Agustus 1883 menjadi letusan gunung api terdasyat di Indonesia bahkan di dunia. Letusannya mengakibatkan gelombang tsunami, 165 desa musnah total dan 132 desa rusak parah. Letusan dan tsunaminya membunuh sekitar 40.000 orang, terbanyak di Banten (21.565 jiwa), kedua di Lampung (12.466 jiwa).

Kedua, pascaerupsi nama Krakatau mendunia karena pada waktu itu teknologi komunikasi sudah lumayan maju sehingga berita malapetaka hebat ini cepat tersebar ke seluruh dunia. Sampai sekarang pun informasi seputar Krakatau dan Anaknya masih begitu sexy, tak pernah habis ditulis sejumlah penulis dan jurnalis. Berbeda dengan peristiwa meletusnya Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, NTB pada 5 April 1815 yang tidak diketahui banyak orang lantaran saat itu teknologi komunikasi masih amat terbatas. Padahal letusannya tak kalah dasyatnya hingga memicu tsunami juga. Akibat letusannya 1/3 ketinggiannya yang asli, berkurang dari 4.200 meter menjadi kurang lebih 2.800 meter.

Ketiga, usai meletus Krakatau merupakan salah satu gunung yang paling sering dibukukan oleh sejumlah penulis termasuk artikel yang dibuat jurnalis. Bukan cuma itu juga kerap difilmkan. Salah satu buku tentang Krakatau berjudul “Krakatoa: Saat Dunia Meledak: 27 Agustus 1883”. Judul aslinya: “Krakatoa: The Day the World Exploded: August 27, 1883”, yang ditulis Simon Winchester. Sedangkan filmnya antara lain Krakatoa, East of Java bergenre drama produksi Amerika Serikat tahun 1969 yang disutradarai Bernard Kowalski dengan pemeran utama Maximilian Schell dan Dokudrama berdurasi 87 menit berjudul Krakatoa, The Last Days, produksi BBC Inggris tahun 2006 yang disutradarai Sam Miller dengan Rupert Penry Jones dan Olivia Willians sebagai pemeran utamanya.

Andai saja nanti ada film layar lebar baru berkisah tentang Krakatau ataupun Anaknya terkini yang digarap serius dan spektakuler, pasti bakal menjadi film fenomenal yang bukan hanya menarik perhatian bangsa Indonesia pun masyarakat dunia.

Keempat, berada di perairan Selat Sunda, selat yang memisahkan Pulau Jawa dengan Sumatera. Secara geografis gunung ini masuk wilayah administratif Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Cara umum menjangkaunya tentu saja lewat laut dengan perahu bermotor ataupun dengan jetpoil. Ada 2 keuntungan yang didapat, berwisata laut dan juga gunung sekaligus. Buat mereka yang senang keduanya tentu ini berkah. Tapi buat yang phobia laut, perjalanan ke gunung ini bisa jadi tantangan tersendiri. 

Kelima, dapat dijangkau dari 2 provinsi yakni dari Lampung dan Banten. Dari Lampung antara lain dari Demaga Canti ke Anak Krakatau sekitar 2,5 jam dengan perahu bermotor biasa atau sekitar 1,5 jam dengan jetpoil atau kapal cepat . Dermaga Canti yang berjarak sekitar 10 Km dari pusat Kota Kalianda, Ibukota Kabupaten Lampung Selatan dan sekitar 40 Km dari Pelabuhan Bakauheni ini sudah ada sejak jaman Belanda.

Dermaga berpantai panjang nan landai dan berpasir putih serta dirindangi pepohonan ini pernah digunakan untuk menurunkan pasukan Belanda beserta peralatan tempurnya ketika terjadi perlawanan rakyat Lampung dibawah pimpinan Raden Intan II. Sedangkan dari Banten antara lain dari Pantai Carita, Anyer, Labuan, Pelabuhan Merak, dan perairan di Ujung Kulon.

Keenam, Anak Krakatau dan tiga pulau lain beserta perairan di sekelilingnya sejak 1919 oleh pemerintahan Hindia Belanda sudah berstatus cagar alam bernama Cagar Alam Kepulauan Krakatau seluas 13.605 hektar. Imejnya semakin mentereng setelah UNESCO menetapkan cagar alam ini sebagai Warisan Alam Dunia (The World Heritage Site) pada 1991 bersama dengan Taman Nasional Ujungkulon. 

Jadi Anak Krakatau sudah menjadi milik dunia, karenanya segala aktivitas pengunjung di dalam kawasan ini harus mengedepankan keasrian alamnya. 

Ketujuh, memiliki festival sesuai nama induknya yakni Festival Krakatau yang digelar setiap setahun sekali di Lampung. Kendati di gunung lain juga ada festival sesuai nama gunung tersebut tapi Festival Krakatau punya keistimewaan sendiri. Selain menampilkan parade seni budaya se-Lampung, juga ada acara kunjungan ke Anak Krakatau. 

Kedelapan, salah satu gunung yang pendakiannya dimulai dari pantai atau titik nol meter di atas permukaan laut (Mdpl). Boleh saja Anda berbangga mendaki Semeru, Rinjani, atau Kerinci yang tinggi-tinggi tapi titik pendakiannya bukan dari nol Km. 

Kesembilan, tidak seperti gunung lain, Anak Krakatau tidak dihuni manusia. Penghuninya hanya tumbuh-tumbuhan seperti cemara laut (Casuarina Sp) dan pohon keben (Barringtonia Sp), alang-alang, dan beberapa vegetasi pantai. Sedangkan hewan yang terlihat antara lain burung, biawak, ular, kelelawar, dan tentu saja beragam ikan di perairannya. Karena tidak berpenghuni jelas pulau ini sepi, apalagi kalau Anda datang saat tak ada rombongan lain. Anda akan merasakan seperti terdampar di pulau gunung api yang eksotis sekaligus mencekam. 

Kesepuluh, pengunjung biasa maupun pendaki tidak diijinkan bermalam di gunung ini. Kalau mau bermalam, pengunjung bisa memilih ke pulau tetangganya yakni di Pulau Sertung. Ketentuan pelarangan bermalam ini jelas membuat kondisi gunung ini terbilang bersih dari sampah dibanding gunung lainnya. 

Kesebelas, berpanorama khas dari lerengnya yang tandus Anda bisa melihat pulau-pulau yang mengelilinginya seperti Pulau Sertung, Panjang (Krakatau Kecil), dan Pulau Rakata (Krakatau Besar) yang dulunya merupakan bagian dari Gunung Krakatau beserta laut biru perairan Selat Sunda. 

Keduabelas, di gunung ini pengunjung tidak hanya mendaki lerengnya tapi juga bisa melakukan beragam aktivitas menarik. Buat yang senang olahraga dirgantara bisa melakukan paralayang, melayang di atas kawah aktifnya. Buat yang suka berwisata bahari bisa menyelam (diving) melihat aneka terumbu karang dan undakan bekas lahar yang mengeras hingga ke laut. Pilihan lainnya memancing ataupun melakukan penelitian mengingat Kepulauan Krakatau ini memiliki lahan geologi, biologi, dan vulkanologi yang penting untuk itu. 

Ketigabelas, pertumbuhan anak Gunung Krakatau yang muncul tahun 1927 ini termasuk yang tercepat. Kecepatan pertumbuhan tingginya sekitar 20 inci per bulan. Setiap tahun anak bandel ini menjadi lebih tinggi sekitar 20 kaki dan lebih lebar 40 kaki. Catatan lain menyebutkan penambahan tinggi sekitar 4 cm per tahun. Bahkan ada yang bilang sejak 1950-an, tinggi Anak Krakatau bertambah sekitar 6,5 meter per tahun. Pertumbuhannya jauh lebih cepat dibanding Barujari alias "Anak Samalas" yang kini menyeruak di Danau Sagara Anakan. Jadi Baruji bukan anaknya Gunung Rinjani seperti kebanyakan orang bilang, melainkan anaknya Gunung Samalas yang dulu letaknya berdekatan dengan Gunung Rinjani. 

Sewaktu penulis datangi Anak Krakatau pertama kali tahun 1994, badannya masih pendek. Ketika 2002 sudah mulai tinggi, dan terakhir 2007, penulis kaget karena tubuhnya sudah menjulang tinggi. Pasti kini semakin tinggi, diperkirakan mencapai 830 Mdpl (ini masih perkiraan). Diprediksi gunung ini akan terus membesar dan meninggi. Gunung dengan kandungan silika pada magma biasanya letusannya besar, banyak mengandung gas. Karakter ini dulu dimiliki induknya. Jadi like mother like daughter, begitulah kira-kira. 

Keempatbelas, termasuk gunung api yang tergolong super aktif di Indonesia. Sudah berapa kali gunung ini batuk-batuk dan menyemburkan awan panas. 

Dan kelimabelas, semakin bergejolak apalagi meletus, Anak Krakatau semakin diburu pendaki terutama pendaki asing. Tak sedikit pendaki yang nekad ingin mengabadikan (memotret/merekam) gunung ini saat meletus sekalipun hanya dari atas kapal di perairan sekitarnya. Tak heran kalau Anak Krakatau menjadi primadona di kompleks Kepulauan Krakatau. Bahkan, pariwisata di kawasan Lampung Selatan dan Pantai Anyer dan Carita tak akan bergairah tanpa keberadaan Anak Krakatau dan geliatnya. 

Menilik sederet keistimewaannya, penulis pun rela menjuluki Anak Krakatau sebagai gunung api TERISTIMEWA. Karena itu gunung yang baru-baru ini dinyatakan berstatus WASPADA atau level II oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini pantas masuk dalam daftar gunung yang WAJIB Anda sambangi sebelum benar-benar berniat menggantungkan sepatu trek sebagai seorang pendaki sejati. Kalau perlu, nanjaknya jangan cuma sekali. 

Naskah & Foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

NB. : Jika Anda terpesona dengan keistimewaan Anak Krakatau dan tertarik ingin menyambanginya, ikuti saja trip perdana yang digelar Comunitas Cinta Alam Kalianda (CICAK) pada tanggal 29-31 Maret 2014. Biayanya Rp 350.000 per orang bila Anda memilih meeting point-nya di Kalianda, Lampung Selatan atau Rp 425.000 per orang jika dari Pelabuhan Merak, Banten. Pendaftaran terakhir tanggal 15 Maret 2014. No HP yang bisa dihubungi 0857 8999 0572 atas nama Iyan Bastian, Ketua CICAK.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP