. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 18 Februari 2014

Adi Sucipto Beroperasi Lagi Rabu, Adi Sumarmo Kamis

Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dibuka kembali Rabu (19/2), setelah tutup enam hari sejak Jum’at (14/2) akibat abu vulkanik letusan Gunung Kelud di Jawa Timur. Bandara internasional ini pun kembali menerima kedatangan wisatawan yang hendak berwisata ke Kota Gudeg dan sekitarnya.

Maskapai penerbangan yang siap terbang mulai Rabu dari bandara internasional ini antara lain Garuda Indonesia  menuju Bandara Cengkareng, lalu Citilink ke Halim Perdana Kusumah, dan Wings Air yang akan mengudara ke Juanda. Juga Mandala, Sriwijaya, Air Asia, Citylink, dan Tiger Air.

Sebelum dibuka kembali, lebih dari 1300 personel TNI Angkatan Udara, Kepolisian, dan petugas PT Angkasa Pura bekerjakeras membersihkan bandara ini dari abu Kelud. Pada Selasa sore masing-masing petugasnya mengecek peralatan navigator, radar, lampu-lampu runway (landasan pacu), lampu terminal, maskapai, dan pesawat yang akan terbang kembali.

Pembukaan kembali Adi Sucipto bersamaan dengan dibukanya kembali obyek wisata Borubudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wisatawan pun bisa mengunjungi salah satu jeajaiban dunia ini meski masih sebatas Zona II Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).

Sedangkan Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah diputuskan Kementerian Perhubungan buka pada Kamis (20/2), setelah tutup 7 hari. Rencananya bandara internasional ini akan beroperasi mulai pukul 07.00 WIB. 

Keputusan tersebut diambil usai rapat koordinasi yang melibatkan TNI AU dan juga mempertimbangkan semua laporan masuk, termasuk laporan BMKG. Adi Sumarmo termasuk bandara yang paling parah terkena abu Kelud di banding 6 bandara lainnya yang terpaksa ditutup.

Sementara Bandara Tunggul Wulung Cilacap dan Abdul Rachman Saleh Malang sudah beroperasi sejak Sabtu (15/2). Bandara Abdul Rachman Saleh memulai aktivitas sejak Sabtu pagi. Tercatat ada tiga pendaratan pesawat Sriwijaya Air dari Jakarta di bandara ini yakni pada pukul 10.05 WIB dan 13.45 WIB dan sorenya satu pendaratan lagi juga dari Jakarta.

Sedangkan Di Bandara Tunggul Wulung satu pesawat komersial mendarat di bandara ini pada Sabtu saat udara cerah. Namun esoknya, Minggu (16/2) baru semua normal kembali. Begitupun dengan Bandara Ahmad Yani Semarang, Juanda Surabaya, dan Bandara Husein Sastranegara Bandung yang juga sudah buka sejak Minggu.

Sejumlah perusahaan penerbangan juga sudah menerbangkan kembali pesawatnya dari ketiga bandara internasional ini.

 Naskah & Foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: Bandara Adi Sucipto Yogyakarta kembali beroperasi usai tutup akibat abu Kelud.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP