. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 29 Mei 2013

Menikmati Sindoro-Sumbing dari Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant



Hotel berpanorama pegunungan itu banyak. Tapi hotel yang menawarkan pesona pemandangan dua gunung dari dekat sekaligus yakni Gunung Sindoro dan Sumbing, cuma Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant. Koq bisa? 

Karena hotel yang juga merangkap resto ini berada di Kledung Pass, yakni daerah yang terletak di jalan sepanjang kurang lebih 1,5 Km mendatar, di antara dua gunung besar yaitu Gunung Sindoro di sebelah Utara dan Sumbing di Selatan.

Daerah yang berada di ketinggian antara 1400 – 1500 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini berbatasan dengan Kota Wonosobo.

Hotel ini memiliki 32 kamar, 16  di antaranya menghadap ke Gunung Sindoro dan 16 kamar lainnya menghadap ke Gunung Sumbing, pemandangan gunung dapat dinikmati dari teras yang ada di masing-masing kamar. Juga tersedia 5 kamar dengan pemandangan taman yang indah. Masing-masing kamar dilengkapi dengan televisi, air dingin, air panas dan tentu saja sarapan pagi.

Uniknya, semua kamar di hotel ini menggunakan AC alam yang bebas dari polusi. Maklum udaranya cukup dingin dan sejuk, rata-rata temperaturnya 17 – 21 Celcius.

Dari setiap kamarnya, pengunjung dapt menikmati pemandangan luar biasa indah. Di belakang hotel berdiri Gunung Sindoro berlatar depan perkebunan tembakau, jagung, dan sayur mayur. Sementara di bagian depan berdiri tegak Gunung Sumbing dengan hamparan perkebunan di lereng dan juga perkampungan di kakinya.

Selain dari kamar, kedua pemandangan menawan ini dapat dilihat dari menara pengamatan yang berada di samping restoran hotel ini.

Nah, restoran di hotel ini juga menjadi salah satu keistimewaan dari hotel ini selain pemandangannya.

Restonya menyajikan berbagai pilihan menu terkenal seperti sate jamur Dieng, sup buntut spesial, rawon, dan lainnya.

Usai menyantap makanan di resto-nya, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang di kolam renang yang ada di bagian depan sebelah kiri hotel. Atau sekadar duduk-duduk santai di gazebo di belakang hotel sambil menikmati pemandangan Gunung Sindoro.

Pilihan lain berwisata ke daerah Dieng Plateau. Lokasinya 26 Km Utara Kota Wonosobo. Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan dua kali matahari terbit, yakni Golden and Silver Sunrises.

Selain itu, adat candi-candi Hindu kuno, sumur dan gua-gua, kawah, telaga, cagar alam, dan keindahan alam di sepanjang jalan menuju Dieng Plateau yang masuk wilayah Kabupaten Wonososbo dan Banjarnegara.

Dan teruskan ke Telaga Menjer. Telaga dengan luas sekitar 70 hektar dan berkedalaman 60 meter ini dimanfaatkan untuk Pusat Pembangkit Tenaga Air (PLTA) sebesar 24 MW. Di telaga ini, pengunjung dapat bersantai menikmati keindahan alamnya dengan naik rakit bambu.

Bisa juga menyaksikan Kesenian Lengger Topeng serta berwisata kuliner mencicipi Carica yakni manisan Pepaya Gunung khas Dieng dan Mie Ongklok, makanan khas Wonosobo.

Pengunjung juga bisa berwisata outbound di areal hotel ini. Bahkan hiking ke Gunung Sindoro, Sumbing, Prau, dan Gunung Sikunir dengan pemadu lokal.

Selain menginap di hotel ini, pengunjung dapat mengadakan pertemuan dan acara tertentu di area yang khusus disediakan di hotel ini, berupa public hall ataupun ruang pertemuan yang cukup luas. Acara yang dapat dilakukan seperti outdoor party, wedding party, atau pesta kebun.

Karena diapit dua gunung, tak heran hotel yang berada di Jalan Raya Wonosobo-Parakan Km 17, Reco, Kertek, Kledung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini bukan hanya menawarkan pesona keindahan panorama alam pegunungan, pun ketenangan lingkungan, udara yang sejuk, dan suasana yang nyaman dan menentramkan.

Kelebihan lainnya, dikelilingi kebun tembakau dan tanaman lainnya, menjadikan hotel menjadi pusat keindahan.  

Tak heran hotel ini kerap diminati wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara saat berwisata di Wonosobo.

Menurut pengelola Dieng Kledung Pass Hotel & Reastaurant, Nike Eunike Martanti, pengunung hotel ini masih didominasi domestik.

“Ada yang pasangan, keluarga, instansi swasta dan pemerintah, anak sekolah dan organisasi keagamaan,” jelas Nike.

Kalau untuk wisatawan mancanegara, lanjut Nike, dulu didominasi turis Eropa seperti Belanda, belakangan ini turis Malaysia, Singapura, dan Korea.

“Turis-turis tersebut biasanya hanya singgah untuk makan di restaurant yang ada di hotel ini atau yang ada di Kota Wonosobo,” tambah Nike.

Nah, kalau Anda ingin menikmati pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro di hotel ini, booking saja lewat telepon di nomor (0286) 3322023, 081328119888 atau fax. (0286) 321433, (0286) 896540, atau bisa juga email: diengkledungpas@yahoo.com.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Sepenggal pesona Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant.
2. Pemandangan berlatar Gunung Sindoro dari salah satu kamar Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant.
3. Sate Jamur Dieng khas Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP