. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 21 Mei 2013

Inilah Tips Memenangkan Lomba Foto Sadar Wisata 2013

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menggelar Lomba Foto Sadar Wisata. Tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-lima. Diperkiraan ribuan fotografer profesional dan amatir akan mengikutinya. Lalu bagaimana memenangkan lomba foto yang bertujuan memperkenalkan daerah tujuan wisata berhadiah total Rp77,5 juta ini? 

Dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (21/5/2013), Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Firmansyah Rahim mengatakan foto-foto yang diikutsertakan dalam lomba sadar wisata 2013 ini diharapkan foto-foto obyek wisata baru yang belum terekspose atau belum begitu populer.

 “Jangan lagi foto-foto obyek wisata yang sudah tersohor, misalnya foto pemandangan Bromo, Danau Tiga Warna, dan lainnya. Apalagi foto-foto tersebut diambil dari angle yang sama, misalnya foto panorama Bromo dari Pananjakan, itu sudah terlalu banyak. Boleh saja obyek foto yang terkenal tapi angle-nya beda,” jelasnya.

Pendapat Firmasnyah diamini bahkan dipertegas oleh salah satu dewan juri, Darwis Triadi. Sebisa mungkin foto yang diikutsertakan itu foto-foto dari spot-spot atau obyek-obyek wisata yang belum terjamah atau belum tergali. “Kalau nanti ada foto-foto seperti pemandangan Bromo dan obyek umum lainnya bakal langsung dirijek. Kecuali ada angle yang bagus,” ujarnya.

Menurut Darwis, Lomba Foto Sadar Wisata tahun ini merupakan kesempatan buat para fotografer di daerah untuk mengeksplore dan mengabadikan obyek-obyek unik dan menarik di daerahnya masing-masing. “Foto obyek baru atau yang masih original mendapat point tersendiri selain tentunya teknik pengambilan fotonya,” terangnya.

Juri lainnya, Arbain Rambey menambahkan lomba foto sadar wisata 2013 yang bertema 'Kenangan Indah: Manusia, Budaya, dan Alam Indonesia' ini termasuk tema yang gampang. “Tapi justru banyak peserta yang terjebak. Solusinya carilah obyek-obyek foto yang jarang diangkat agar menghasilkan foto yang segar,” jelasnya.

Ketua dewan Juri Sigit Pramono mengatakan lomba foto ini terbuka untuk umum. “Batas akhir penyerahan karya foto ke pihak panitia lomba hingga 15 Juli 2013,” katanya.

Dewan juri akan melakukan penilaian foto pada 22 Juli 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Parekraf. Pengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan di Fountain Atrium, West Mall Grand Indonesia Shopping Town Lt 3 A Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada 20 September 2013.

 “Seratus karya foto terbaik akan dipamerkan pada 20 hingga 22 September 2013 di tempat yang sama,” tambah Sigit.

Para pemenang Lomba Foto Sadar Wisata 2013 akan mendapat hadiah berupa uang dan piagam. Juara pertama mberhak atas hadiah uang sebesar Rp20 juta, juara dua Rp17 juta, juara tiga Rp15 juta, juara harapan satu Rp10 juta, juara harapan dua Rp7,5 juta, juara harapan tiga Rp5 juta, dan hadiah favorit Rp3 juta serta masing-masing mendapat piagam dari Menparekraf.

Setiap peserta maksimal mengirimkan 5 foto. Dialamatkan ke Sekretariat Panitia Lomba Foto Sadar Wisata 2013 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jalan Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta 10110,  Gedung Sapta Pesona. Lt.4. Atau diemailkan ke: fotosadarwisata@parekraf.go.id

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP