. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 23 Oktober 2012

Pendaki Kaki Satu itu Incar 5 Puncak GunungTertinggi Dunia

Usai sukses menggapai dua dari tujuh puncak gunung tertinggi di dunia yakni Kilimanjaro berketinggian 5,893 Meter di atas permukaan laut di Tanzania dan Elbrus (5642 Mdpl) di Rusia tahun lalu, Sabar Gorky, si pendaki kaki satu asal Indonesia mengincar lima atap bumi tertinggi lagi tahun ini dan tahun depan. 

Lima puncak yang diincar Sabar adalah Carstensz Pyramid (Puncak Jaya) yang berketinggian 4.884 Mdpl di Papua, Indonesia, Vinson Massif (4.892 Mdpl) di Antarctika, Denali (McKinley) setinggi 6198 Mdpl di Alaska, Amerika Utara, Aconcagua (6.962 Mdpl) di Argentina, Amerika Selatan, dan Everest (8848 Mdpl) di Nepal-China, Asia. 

“Tahun lalu saya telah mendaki dua dari tujuh puncak tertinggi di dunia, yakni Elbrus di Rusia dan Kilimanjaro di Tanzania.Tahun ini saya berencana mendaki Carstenzs dan Aconcagua di Argentina. Dan tahun depan sisanya,” jelasnya saat ditemui di acara pameran "Ekspedisi Rakyat Merdeka Menuju Tanah Papua" di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, Minggu (21/10/2012).

Ayah satu anak kelahiran Solo, 1968 ini optimis berhasil mendaki 5 gunung tertinggi di dunia itu. “Do’akan saja semoga saya selalu sehat dan semua pihat terkait dapat membantu kelancaran ekspedisi ini,” jelas pendaki tunadaksa yang mulai naik gunung tahun.

Karena berkaki satu, Sabar yang mengaku mendaki Gunung Lawu adalah gunung pertama yang didakinya itu menggunakan teknik mnedaki yang agak berbeda dengan pendaki berkaki lengkap.

"Kalau dijalur sempit dan mudah, saya menggunakan teknik mendaki gaya kijang berlari. Tapi kalau jalurnya agak lebar saya gunakan teknik mendaki kuda berlari. Sementara saat turut medannya curam, saya pakai teknik merosot, “ akunya.

Teknik itu pun sempat diagunakan waktu mendaki kilimanjaro dan Elbrus. Berkat keberhasilannya menggapai puncak Elbrus tepat di HUT ke-66 Republik Indonesia, 17 Agustus 2011, pukul 16.45 waktu setempat, namanya pun disejajarkan dengan pendaki legendaris Elbrus lainnya.

Ketangguhan Sabar tidak kalah dengan dua pendaki yang berkaki lumpuh, Vladimir Krupennikov (1997) dan Yakov London dari Rusia (2001) ataupun si buta Erik Weihenmayer dari Amerika Serikat (2002). Bahkan Sabar disebut-sebut tuna daksa berkaki satu pertama di dunia yang telah menaklukkan Elbrus.

Berkat kegigihannya itu, beberapa temannya di Moskow agar nama Gorky disematkan di belakang namanya. Sejarah Rusia mencatat,  perjalan hidup pujangga Alexey Maximovich Peshkov yang berliku mendapatkan panggilan baru Maxim Gorky, alias Maxim si empunya hidup pahit. Nama akhir gorky (pahit) yang awalnya merupakan olok-olokan bagi si Maxim kini justru menjadi sebuah julukan bernilai positif. Sabar dinilai pantas menyandang nama itu di belakangnya hingga kini dia bernama Sabar Gorky.

Kegiatan eksebisi menuju Tanah Papua ini diselenggarakan tiga hari, mulai Jumat ini hingga Minggu (19-21/10).

Acara yang diprakarsai Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka yang dimotori Rakyat Merdeka Online bersama organisasi pemuda pecinta alam Top Ranger And Mountain Pathfinder (TRAMP) di dimulai dengan pembukaan dari aktivis Papua yang juga bekas Jurubicara Presiden era Abdurahman Wahid, Adhie Massardi. Dilanjutkan sendratari Papua yang dibawakan Grup Mambesak.

Kegiatan ini juga diramaikan dengan pameran foto hasil perjalanan Tim Ekspdisi Rakyat Merdeka sejak tahun 2011, talk show bersama para pendaki gunung Indonesia anatra lain Sabar Gorky, sahabat pecinta alam, dan instansi pemerintah yang akan diwakili oleh beberapa menteri terkait serta anggota DPR.

Tak ketinggalan talkshow bertema Papua serta ada climbing excebition (panjat dinding) berupa miniatur papan panjat setinggi 10 meter yang aman dipanjat anak-anak. 

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) .

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP