. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 30 Oktober 2012

NTT Dapat Dana PNPM Pariwisata Rp 4M Lebih Tahun 2013

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan alokasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) bidang pariwisata sebesar Rp 4.025.000.000 tahun depan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Jumlah tersebut meningkat daripada tahun ini yang hanya Rp 3.950.000.000. 

“Angaran PNPM bidang pariwisata tahun ini dibagi 46 desa wisata di 33 kecamatan di 15 kabupaten. Sebanyak 6 kabupaten lagi belum mendapatkan bantuan itu. Mudah-mudahan tahun depan semua kebagian,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. NTT Doris Alexander Rihi di Atambua, Ibukota Kabupaten Belu, Jum’at (26/10/2012) lalu, saat meninjau pelaksanaan Festival Wisata Perbatasan Timoresia yang diselenggarakan Dirjen Pemasaran Parwisata Dalam Negeri, Kemenparekraf bekerjasama dengan Pemprov NTT, dan Pemkab Belu.

Kabupaten Belu, lanjutnya tahun ini mendapat dana PNPM untuk 3 desa yakni Desa Fatuketi, Kenebibi, dan Desa Dua Laus. “Ketiga desa ini memang kerap dikunjungi wisatawan. Khusus Kenebibi dan Dua Laus merupakan desa penenun dan pengrajin anyaman serta kuliner bandeng presto, letaknya dekat pantai,” terangnya.

Setiap kelompok di desa yang mendapat bantuan PNPM pariwisata berkisar antara Rp75juta sampai dengan Rp100juta. “Dana tersebut digunakan untuk pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia desa setempat seperti pengembangan usaha kuliner, tenun dan lainnya,” terangnya.

NTT mulai mendapat anggaran PNPM parwisata, lanjut Doris mulai tahun 2009 dengan jumlah desa wisata yang menerimanya semakin meningkat.

Pada tahun 2011, NTT mendapat alokasi anggaran tersebut sebesar Rp2 miliar untuk 27 desa sasaran PNPM yang tersebar di 11 kabupaten dan 16 kecamatan. “Dana bantuan ini sudah dianggarkan pemerintah pusat. Pemprov NTT memintanya dengan mengirim proposal sesuai kebutuhan setahun sebelumnya, jelasnya.

Menparekraf Mari Elka Pangestu pernah menyampaikan bahwa alokasi anggaran ini baru untuk 15 kabupaten/kota. Enam kabupaten lain akan menyusul pada perubahan anggaran 2013 nanti.

Ke-15 kabupaten/kota di NTT yang menarima dana PNPM pariwisata 2013 adalah Kabupaten Ende ada 4 desa yakni Desa Nuamuri, Raporendu, Potulando, dan Desa Ndetundora. Kabupatean Manggarai Barat ada 7 desa (Desa Komodo, Pasir Panjang, Batu Cermin, Gorontalo, Golombu, Nampar Mancing, dan Galang). Kabupaten Lembata ada 4 desa (Desa Lamalera A, Lamalera B, Belabaja, dan Desa Beang). Kabupaten. Manggarai Timur ada 3 desa (Desa Nangalabang, Golo Rutuk, dan Desa Watunggene). Kabupaten Ngada ada 2 desa (Desa Tiworiwu dan Nangamese). Kota Kupang untuk Kelurahan Lasiana. Kabupaten Rote Ndao ada 2 desa (Desa Nemberala dan Desa Bo'a).

Sedangkan Kabupaten Flores Timur ada 4 desa (Desa Sinar Hading, Bantala, Ilepadung, dan Desa Lwoklouk). Kabupaten Belu ada 3 desa (Desa Fatuketi, Kenebibi, dan Desa Dua Laus). Kabupaten Sumba Timur ada 2 desa (Desa Kuta dan Rindi). Kabupaten Alo ada 2 desa (Desa Alor Kecil dan Alor Besar). Kabupaten TTS ada 2 desa (Desa Fatumnasi dan Boti). Kabupaten Manggarai ada 4 desa (Desa Pongkor, Todo, Compang Cibal, dan Desa Wudi). Kabupaten. Nagekeo ada 2 desa (Desa Wajo dan Tonggurambang), dan Kabupaten Sikka ada dua desa yakni Desa Wolowiro dan Desa Sikka.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP