. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 13 Agustus 2012

Sebelas Gunung Favorit Pendaki Pascalebaran 2012



Liburan lebaran tahun ini, sejumlah organisasi pecinta alam maupun komunitas pegiat alam bebas dan pendaki gunung menggelar pendakian ke gunung-gunung popular di Tanah Air secara massal atau biasa dikenal dengan Pendakian Massal (Penmas). Ada juga yang mendaki dalam kelompok kecil (small group) dan bahkan perseorangan. Dari sekian gunung tersohor di negeri ini, sekurangnya ada sebelas (11) gunung yang paling diminati para pendaki untuk mengisi liburan Lebaran kali ini.

Setelah sebulan puasa frekuensi pendakian gunung menurun, dipastikan liburan lebaran bakal kembali marak. Tahun lalu (2011) penulis memuat 10 gunung pilihan para pendaki mengisi liburan lebaran. Tahun ini ada 11 gunung yang paling diincar para pendaki untuk mengisi liburan lebaran bersama rekan-rekan sehati. Selain ada perubahan peringkat, pun ada tiga (3) gunung tersohor lainnya yang masuk dalam kelompok terfavorit tahun ini yakni Gunung Ceremai, Lawu, dan Gunung Seulawah Agam.

1. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung setinggi 3.726 mdpl di Pulau Lombok, NTB ini menjadi gunung berapi paling diidolakan para pendaki Indonesia. Factor pemikatnya terletak pada keindahan panoramanya dari awal hingga puncaknya.

Dari puncaknya, kala cuaca bersahabat, para peniknatnya ditawarankan menu alam berupa Gunung Tambora di Sumbawa, Gunung Agung di Bali, dan Gunung Ijen - Merapi di Banyuwangi. Sebelumnya, disuguhi beberpa obyek alam menawan terutama Segara Anakan, sebuah danau kawah di ketinggian 2.000 mdpl.

Jalur umum yang kerap ditapaki pendaki ke puncaknya ada dua, yakni jalur Desa Senaru (500 mdpl ) dan Desa Sembalun Lawang (1.200 mdpl). Yang terfavorit, tentu saja dari Sembalun karena irit 700m ketinggian lalu turun ke Senaru. Tapi jalur Sembalun lebih panjang dan datar dengan cuaca yang lebih terik mengingat meliontasi padang ilalang atau savana. Sementara Senaru lebih terjal dengan cuaca yang lebih lembut lantaran berhutan rimbun.

Waktu tempuh ke puncaknya sekitar 3 hari 2 malam, medan ke puncaknya terbilang lumayan menantang meninti di bibir kawang yang berpasir dan gampang terperosok. Kendati begitu semua lelash terhapus oleh pemandangan nan cantik. Tak salah bialng gunung ini disebur-sebut salah satu gunung tercantik di negeri ini. Ada dua obyek lain yang bias dikunjungi yakni Gua Susu dan Gunung Baru Jari yakni anak Gunung Rinjani dengan kawah baru di tengah danau. Namun butuh 2 hari lagi untuk menikmati keduanya.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur
Atapnya Pulau Jawa yang berketinggian 3.676 mdpl ini pun menjadi gunung favorit pendaki Indonesia dengan puncaknya yang berlabel Mahameru dan kawah di puncaknya yang bertitel Jonggring Saloko.

Gunung ini salah satu obyek yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain dia juga ada lembah seluas 50.273,3 Hektar dengan sejumlaha gunung di dalam Kaldera Gunung.Tengger antara lain Gunung Bromo (2.392m), Batok (2.470m ), Kursi (2.581m), Watangan (2.662 ) dan Gunung Widodaren (2.650m) serta 4 ranu (danau) yakni Ranu Pani, Regulo, Kumbolo, dan Ranu Darungan.

3. Gunung Gede, Jawa Barat
Dari sekian gunung yang ada di Provinsi Jawa Barat, Gunung Gede masih menjadi yang terfavorit. Pendakinya bukan datang dari Jabodetabek (Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang dan Bekasi), dan kota lain di Jawa Barat seperti Bandung dan Sukabumi. Pun dari kota lain di Jawa dan luar Jawa.

Bahkan pendaki mancanegara kerap mendaki gunung ini. Selain dekat dengan dua kota besar yakni Jakarta dan Bandung, serta mudah menjangkau titik awal pendakiannya, panorama di puncak gunung aktif ini pun cantik.

4. Gunung Papandayan, Jawa Barat
Pasca letusan 7 tahun lalu, Gunung yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat ini semakin diminati pendaki lantaran perubahan alamnya yang kian cantik, terutama sekitar kawah utamanya. Semakin banyak dinding tebing berwarna kekuningan dan kawah baru yang muncul di Gunung Papandayan.

Medan pendakiannya relatif mudah, bahkan sampai mendekati kawah bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Ini alasan lain mengapa gunung ini kerap dikunjungi bukan cuma pendaki tapi juga wisatawan biasa.

5. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung yang memiliki 7 puncak ini begitu diminati kalangan pendaki Jateng dan Jogja. Panorama khasnya selain puncak 7 itu juga savana dan Matahari tenggelamnya (sunset) yang eksotis. Lambat laut warna langit dan awannya pun berubah. Semakin mendekati mentari tenggelam, warna kuning keemasan begitu mendominasi. Sunset-nya berornamen Gunung Sindoro dan Sumbing. Sedangkan savananya cukup luas, mencakup lembah, lereng, dan punggungnya bak hamparan permadani alami raksasa bila dilihat dari kejauhan.

Ada 4 jalur pendakian yang biasa dipakai pendaki untuk mencapai puncak – puncak merbabu, yakni jalur Wekas, Chuntel, Gentis, dan Thekelan. Namun yang paling popular jalur dari Wekas dan Thekelan.

Jalur Wekas sangat populer dikalangan pendaki Kabupaten dan Kota Magelang. Selain lebih dekat juga banyak terdapat sumber air. Waktu tempuhnya sekitar 6 - 7 jam. Jalur Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Ketasan, Kabupaten Semarang diminati kalangan pendaki di Kabupaten dan Kota Semarang.

6. Gunung Marapi, Sumatera Barat
Gunung berapi ini tergolong paling aktif di Sumatera. Sudah 50-an lebih meletus. Justru keaktifannya itulah yang menjadi daya tarik gunung ini hingga sering didaki. Gunung berketinggian 2.891 mdpl ini dapat dilihat dari Bukit Tinggi, Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar.

7. Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan
Gunung berketinggian 2.830 mdpl yang berada di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel ini menjadi salah satu gunung favorit pendaki Kota Makassar dan sejumlah kabupaten di Sulsel selain Gunung Lampobattang. Jaraknya sekitar 75 Km dari Kota Makassar. Di lereng gunung ini ada Malino, tempat wisata berhawa sejuk.

Yang unik selain pendaki, gunung ini pun kerap didaki oleh penganut sinkrerisme yang meyakini gunung ini sebagai tempat pertemuan para wali. Mereka menjalankan ritual ibadah haji ke puncak gunung ini setuap musim haji atau bulan Zulhijjah bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Dan pada tanggal 10 Zulhijjah, mereka melakukan salat Idul Adha di puncak Gunung Bawakaraeng atau di puncak Gunung Lompobattang.

Ada beberapa rute menuju puncaknya. Rute yang sering digunakan pendaki lewat Desa Lembanna yang berada di ketinggian 1400 mdpl. Waktu tempuh sampai puncaknya sekitar 6 - 8 jam. Pemandangan dari puncaknya antara lain panorama laut dan Kota Makassar di arah Barat dan Gunung Lompobattang di arah Selatan. Obyek alam menarik di dekat basecamp desa terakhir, antara lain Air Terjun Lembanna yang berair dingin.
Pasca lebaran, gunung ini kembali ramai didaki oleh sejumlah komunitas pecinta alam di Sulsel.

8. Gunung Dempo, Sumatera Selatan
Gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan dengan ketinggian 3.195 mdpl ini menjadi gunung favorit pendaki sekitar Sumsel dan Bengkulu. Biasanya kalau dari Sumsel jalur yang dipilih lewat Pagaralam yang berpanorma indah, sekitar 7 jam perjalanan darat dengan kendaraan roda empat dari Palembang.

Gunun ini diminati karena selain airnya jernih dan mudah didapat sampai setengah perjalanan, pendakian ke puncak utamanya pun tidak terlalu sulit, dan yang pasti pemandangan dari puncaknya indah. Dari puncaknya terlihat kawah, pemandangan Provinsi Bengkulu dengan Lautan Hindia, dan hamparan lembah indah.

Pendaki yang tertarik mendaki gunung ini pasca lebaran bukan cuma dari Sumsel dan Bengkulu tapi dari komunitas yang ada di wilayah luar Sumatera.

9. Gunung Lawu
Gunung berketinggian 3.265 mdpl ini beradaa diperbtasan Provinsi Jawah Tengah dan Jawa Timur dengan tiga puncaknya yakni Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling ,dan Hargo Dumilah sekaligus puncak tertingginya.

Di lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat yang populer sebagai tujuan wisata, antara lain Grojogan Sewu di daerah Tawangmangu dan Telaga Sarangan.
Jalur pendakian umumnya ada dua yakni Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, dan Cemorosewu di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m.

10. Gunung Ceremai
Gunung berketinggian 3.078 mdpl ini berada di wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningandan Kabupaten Majalengka,Provinsi Jawa Barat. Gunung ini berkawah gandaa. Kawah Barat yang beradius 400 m terpotong oleh Kawah Timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di Lereng Selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Gunung ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektar.

Ada beberpa julur menuju puncaknya. Namun yang terpopuler jalur melalui Desa Palutungan dan Desa Linggarjati di Kabupaten Kuningan, dan Desa Apuy di Kabupaten Majalengka. Selain itu jalur dari Desa Padabeunghar di perbatasan Kuningan dengan Majalengka bagian Utara.

11. Gunung Seulawah Agam, Aceh
Gunung dengan tinggi 1726 mdpl ini berada di Kecamatan Saree, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Nam lain gunung berhutan rimbun ini antara lain Solawa Agam, Solawaik Agam, Selawadjanten, dan Goldberg.

Jalur pendakian utama yang sering digunakan para pendaki di Aceh adalah lewat Kampung Suka Makmur, Desa Suka Damai, Kecamatan Saree, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Salah satu organissai pecinta alam yang kerap mendai gunung ini adalah Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Jabal Everest, Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh. Sebelum Ramadhan mereka sudah beberapa kali mendaki gunung ini, dan pascalebaran mereka pun berencana mendaki kembali. Dan tentunya juga sejumlah komunitas pendaki lain dari Banda Aceh dan kota lain di Aceh.

Itulah 11 gunung favorit pascalebaran 2012 ini berdasarkan pantauan penulis selama Ramadhan ini.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan
(adji_travelplus@yahoo.com)

NB.: Tulisan ini boleh disebarluaskan untuk informasi dan lainnya asal mencantumkan/menyebutkan penulis dan sumbernya, trimakasih.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP