. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 17 Maret 2012

Pendakian Gunung Jadul Terbaik yang Menuai Pujian Dunia



Di bidang pendakian gunung, Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay yang syukses menaklukkan Gunung Everest, menjadi salah satu petualangan manusa jaman dulu (jadul) terbaik yang mendapat pujian hangat. Masih ada sejumlah petualangan manusia di bidang lainnya yang juga menuai simpatik dunia, bahkan sekaligus kritikan. Apa saja?

Edmund Hillary asal Selandia sukses menorehkan sejarah sebagai pendaki gunung pertama yang mencapai puncak gunung tertinggi di dunia, Everest pada Mei 1953.

Ketika itu Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay, rekannya berlomba dengan sepasang pendaki lain, Charles Evans dan Tom Bourdillon. Namun mereka yang berhasil tiba di puncak berketinggian, 29.028 kaki (8.848 m dpl). Sedangkan rivalnya terpaksa turun vertikal hanya 300 meter dari puncak.

Sampai saat inisudah ada ratusan pendaki yang mampu menapakkan kakinya di atap dunia itu. Namun tetap saja Hillary dan Norgay yang diingat sepanjang sejarah sebagai pasangan pendaki yang pertama ke puncak dunia.

Sedangkan di bidang penerbangan, Charles Lindbergh yang akrab disapa Lindy yang sukses melintasi Atlantik juga menjadi petualangan yang menakjubkan.

Pada 1927 Lindy melakukan penerbangan solo sepanjang 3.610 mil (5.809 km) dari Long Island, New York ke Paris dengan pesawatl bermesin tunggal Spirit of St Louis. Dia terbang melewati badai es dan sempat berada pada ketinggian hanya 10 ft (3 m) di atas laut Atlantik yang dingin. Dia mendarat di paris dengan waktu tempuh 33 jam dan 30 menit sekaligus tercatat sebagai perempuan pertama yang terbang tanpa jeda melintasi Atlantik.

Di bidang pelayaran laut, antropolog Norwegia Thor Heyerdahl dengan lima awaknya yang berhasil berlayar sepanjang 4.300 mil (6.920 km) pada 1947 juga mendapat acungan jempol.

Heyerdahl menggunakan rakit primitif Kon-Tiki dari kayu balsa yang diikat tali rami. Dia beranjak dari Callao, Peru ke Samudra Pasifik untuk membuktikan bahwa penduduk asli di Amerika Selatan telah menetap di Polinesia sebelum kedatangan Christopher Columbus dengan berlayar di rakit primitif. Dia melampau badai dan ikan hiu ganas sebelum terdampar di sebuah karang di Polynesia. Dia kemudian menulis buku tentang petualangannya yang kemudian menjadi buku best seller internasional.

Di bidang petualangan renang, Kapten Matthew Webb yang berhasil berenang menyeberangi selat Inggris pada 25 Agustus 1875, menjadi salah satu petualangan penyeberangan dengan cara berenang terbaik di dunia.

Mantan perwira angkatan laut Inggris beruusia 27 tahun ini, berenang menyeberangi Selat Inggris melewati arus selat yang kuat dan suhu dingin yang emnggigit. Sebelum berenang dia mengolesi badannnya dengan minyak ikan lumba-lumba untuk mengurangi tekanan arus selama di air. Selama 22 jam akhirnya dia berhasil berenang sejauh 39 mil (63 km) mencapai Calais. Kendati banyak perenang lain yang memecahkan rekornya, tetap saja dia tercatat sebagai perenang sekaligus petualang terbaik dunia.

Di bidang petualangan Kutub Selatan, Roald Amundsen (Norwegia) lah yang pantas menuai pujian.

Dia berhasil mengalahkan rivalnya Robert Scott dari Inggris dalam lomba menjadi orang pertama yang mencapai Kutub Selatan pad 1911..Scott,kapten angkatan laut Inggris ini dalam perjalanannya membawa sepatu es, makanan, air dan kuda-kuda poni yang satu demi satu meninggal karena membeku. Scott dan kru-nya berhasil samapi Kutub Selatan pada hari ke-78. Namun bendera Norwegia milik Amundsen telah ditanam di dalam es 33 hari sebelumnya dan telah pulang tanpa cacat sedikitpun. Sementara Scott dan krunya pulang dengan sakit hati. Mereka terperangkap dalam badai salju hingga semuanya tewas, sekitar 11 mil (18 km) dari suplai depot mereka.

Di bidang petualangan Kutub Utara, Robert Peary mencatat sejarah tersendiri.

Insinyur Angkatan Laut Amerika ini pernah gagal mencapai Kutub Utara sekali pada April 1909. Dia pantang menyerah dan kemudian berangkat berpetualang lagi dengan dipandu empat mualim. Akhirnya dia berhasil menancapkan bendera Amerika di Utara bumi itu setelah 37 hari berjalan di atas es yang beku dan dingin yang menusuk tulang.

Di bidang petualangan luar angkasa, keberhasilan Yuri Gagarin mengitari orbit bumi menjadi petualangan menggemparkan.

Kosmonot asal Soviet ini menjadi manusia pertama di luar angkasa yang mengorbit planet Bumi pada 12 April 1961 saat berusia 27 tahun. Dia mengawaki Vostok, pesawat kaleng selebar 10 ft (3 m) yang dipasang pada roket tiga-tahap. "Bumi berwarna biru, itu menakjubkan," kata Gagarin melalui radio ke stasiun kontrol di Bumi. Dia mengelilingi bumi satu putaran dengan terbang lebih dari 110 mil (177 km) di atas planet ini.

Yang mengejutkan, petualangan berdurasi 108 menitnya ini tanpa navigasi kendali atas pesawat ruang angkasa. Pada 1968, Gagarin meninggal karena menabrak pesawat tempur MiG saat penerbangan latihan.

Di bidang petualangan menjelajahi Kepulauan Galapagos, Charles Darwin dan H.M.S. Beagle, tercatat sebagai petualangan habat.

Pasangan pecinta alam Darwin dan Beagle ini menjelajahi Kepulauan Galapagos, sebuah kepulauan vulkanik terisolasi di sekitar khatulistiwa. Di sana Darwin melihat setiap pulau terdapat spesies identik paruh burung-burung Finch yang berbeda dalam ukuran dan struktur. Lalu dia menyusun teori tentang seleksi alam bahwa proses evolusi yang adaptif organisme dengan karakteristik tertentu cenderung untuk bertahan hidup dan mewariskan sifat-sifat kepada keturunannya.

Di bidang perjalanan pikiran, apa yang dilakukan Albert Hofmann dengan menelan salah satu penemuan kimia,lysergic asam diethylamide, LSD, melalui ujung jarinya, menjadi perjalanan mental mengejutkan.

Ilmuwan Swiss ini melakukan perjalanan tak terduga itu pada April 1943. Usai menelan kimia itu, satu jam kemudia dia melihat aliran gambar fantastis dalam bentuk luar biasa dengan intens semacam kaleidoskopis permainan warna. Dia menyatakan zat psikotropika sebagai obat psikiatris yang bisa menyembuhkan jiwa. Namun banyak yang meragukan keilmiahan obatnya dan dia dituding sebagai pembuat "masalah" karena zat tersebut disalahgunakan sebagai narkotika.

Di bidang penjelajahan bulan, pendaratan Apollo 11 yang dilakukan Neil Amstrong dan Edwin Aldrin Jr pada 20 Juli 1969 menuai perhatian sekaligus kritikan dunia.

Keberhasilan Neil Amstrong dan Edwin Aldrin Jr sebagai manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan dengani Apollo 11 milik badan antariksa Amerika Serikat, NASA ini dituding sebagai kebohongan. Banyak pihak menduga kuat bahwa pendaratan itu hanya propaganda untuk membuktikan bahwa teknologi negeri Paman Sam itu lebih unggul dari rivalnya di perang dingin yakni Uni Soviet ketika itu.

Kendati banyak penjelajah bulan lain mengikuti jejak keduanya, tetap saja pemberitaan keberhsilan Apollo 11 menjadi lompatan raksasa pentualangan menjelajahi bulan bagi umat manusia hingga kini, berikut pro dan kontra-nya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. Ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP