. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 22 Februari 2012

Inilah Batik Buatan Orang Amerika


Batik yang kita pakai pasti kebanyakan produksi lokal atau pembatik dalam negeri. Mungkin beberapa di antaranya buatan China yang batik print-nya belakangan membanjiri pasar Indonesia. Mungkin nanti bisa jadi kita memakai batik karya orang Amerika. Bagaimana tidak, sekarang ini sudah banyak orang Amerika yang pandai membatik. Buktinya beberapa karya desain batik warga Amerika dipamerkan di Jakarta dalam pameran berjudul American Batik Exhibition.

Ada 9 buah desain batik Indonesia karya warga Amerika Serikat (AS) yang dipamerkan oelh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk AS. Kesembilan batik itu merupakan pemenang dari kompetisi mendesain batik yang diadakan di beberapa kota di AS sepanjang tahun 2011 lalu yang disenggarakan oleh KBRI di AS.

Sebelum dipamerkan, kesembilan desain batik tersebut diproses menjadi kain batik tulis oleh Brahma Tirta Sari Batik Studio dari Yogyakarta.

Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Djalal selaku penyelenggara lomba mengatakan lomba tersebut terinspirasi pengakuan UNESCO atas batik sebagai salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-benda sejak tahun 2009.

“Selama ini hubungan antara Indonesia dan AS selalu terfokus pada hard power, utamanya isu-isu politik, keamanan, ekonomi dan lainnya. Sebenarnya hubungan kedua negara dapat menjadi semakin harmonis apabila didasari juga dengan soft power, seperti pertukaran budaya atau seni,” jelas Dino saat membuka pameran tersebut, Selasa malam.

Dino menyerukan agar masyarakat Indonesia tidak memandang semakin populernya batik tersebut dalam arti sempit. Dan tak perlu cemas batik Indonesia bakal diambilalih oleh batik Amerika.

"Selama nyawanya masih batik, saya kira tidak masalah. Kita jangan berpikiran sempit, dengan mengatakan budaya kita dicuri. Kalau dicuri berbeda kasusnya, misalnya kamu punya "handphone" lalu saya ambil, maka itu dinamakan dicuri. Sedangkan batik berbeda kasusnya, karena ketika kita mengajarkan mereka tentang batik ilmu yang kita miliki tidak hilang," jelasnya.

Dino menambahkan dengan cara ini batik Indonesia ustru bakal semakin kuat dan semakin menyebar ke seluruh dunia. Tak hanya batik dengan budaya Indonesia tetapi juga AS, Jepang, China dan lain sebagainya.

"Namun yang perlu diperhatikan oleh bangsa Indonesia adalah tanggung jawab menjaga batik kita sendiri dengan terus berinovasi dan menggunakannya untuk berbagai keperluan. Jika suatu waktu batik tak lagi menjadi seni yang mendominasi kita adalah salah kita sendiri," tambah dia.

Dino menungkapkan bahwa saat ini pelajaran membatik telah masuk dan menjadi mata pelajaran di sekolah di AS. "Berawal dari satu sekolah yakni di Chicago. Kami mengundang satu orang pembatik ke AS untuk mengajar seni batik sebagai pelajaran seni Indonesia," katanya.

Ke depannya, lanjut Dino, akan ada sekolah-sekolah di AS yang belajar membatik mengungat masyarakat AS sangat mengapresiasi batik Indonesia.

Hal senada juga diucapkan aktris senior Indoensa Christine Hakim yang menghadiri pembukaan pameran batik Amerika tersebut. Menurutnya pameran ini sebagai langkah memperkenalkan batik Indonesia ke Amerika lebih luas lagi. "Tak ada cara lain untuk menjaga batik Indonesa dengan cara memproduksinya terur-menerus dan kita sebagai orang Indonesia harus menjaga dan mempergunakannya," terangnya seraya mengaku memiliki sejumlah koleksi batik Indonesia mulai dari yang murah sampai yang mahal.

Simbol Perpaduan Indonesia-AS
Juara pertama desain batik ada tiga orang yakni Elizabeth Urabe, Ash Fork, Arizona, AS desain batiknya yang berjudul Divine Unity. Lalu Kelly Cobb, desainer asal Filadelfia, AS dengan karya berjudul Batik Indigo dengan Kode QR, dan Joanne Gigliotti, seniman Asal Gaithersburg, AS dengan karya berjudul Matahari Terbit dari Timur dan Menyinari Barat. Masing-masing mendapat hadiah Rp 50 Juta.

Elizabeth mengatakan desainnya menggambarkan nilai-nilai kemerdekaan melalui pola yang luas dan explosive. Dai memilih warna-warna natural yang cerah seperti coklat, hijau, oranye, biru, dan kuning yang semuanya merupakan warna bumi, langit, rumput, bunga, dan matahari. “Batik dengan kecantikan dan kekuatannya, memiliki kemampuan untuk memajukan hubungan anatar cinta dan perdamaian antarnegara,” jelasnya.

Kelly yang mengaku baru mengenal batik namun langsung jatuh hati dengan salah satu seni asli Indonesia ini mengatakan perkenalannya dengan batik merupakan awal dari sebuah hubungan yang panjang dan indah.

Batik Kelly ini menggunakan kode QR, salah satu kode terbaru yang tengah populer di AS. Kode QR memiliki pola kotak yang terdiri dari modul-modul hitam dengan latarbelakang putih. “Sekarang kode ini semakin populer di dunia marketing dan sudah diintegrasikan dengan model-model marketing tradisional dan interaktif”, jelasnya.

Secara teori, kode QR yang dipakai dalam desain Kelly apabila di-scan oleh smartphones (iPhone dan Android) akan dapat menghubungkan pengguna smartphone dengan website designer batik ini.

Lain lagi dengan desain batik buatan Joanne. Menurutnya desain batiknya menunjukkan nilai-nilai yang hidup di Amerika dan melihat relevansinya dengan Indonesia lewat simbol-simbol berupa matahari terbit sebgai fokus utama, tumbuhan, lebah, burung rajawali dan lainnya.

“Matahari terbit menggambarkan pengaruh Timur kepada Barat. Tumbuhan dan alam sebagai simber makanan dan perdagangan, burung Rajawali simbol yang sama-sama dimiliki oleh Indonesia dan AS yang berarti kebebasan. Sedangkan simbol pembangunan jalan ke langit berarti kemajuan yang dicapai kedua negara sekaligus harapan untuk kerjasama selanjutnya,” jelasnya.

Anda tertarik melirik desain batik karya warga Amerika Serikat? Kunjungi American Batik Exhibition di Grand Indonesia Shopping Town (GIST), Jakarta mulai 21 Februari - 4 Maret 2012 atau di Museum Tekstil Jakarta mulai 6 - 31 Maret 2012.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP