. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 04 Desember 2011

Inilah Pemenang Desain Perhiasan 2011



Copy Antik Motif Tradisonal karya desainer Julio Kusumo menjadi desain pehiasan terbaik untuk kategori desian perhiasan tradisional Indonesia dalam Pameran Perhiasan Mutumanikam Nusantara Indonesia di Jakarta Convention Center, 1-4 Desember 2011 yang diselenggarakan Mutumanikam Nusantara Indonesia (MMNI). Pameran ini memamerkan beragam koleksi perhiasan berupa mutiara, emas, perak, batu alam, dan permata dalam bentuk bros, gelang, cincin, dan anting-anting dari berbagai daerah di Nusantara.

Untuk kategori desain perhiasan modern Indonesia pemenangnya Dewi Abdi dengan karya desain berjudul Copeng Oval. Sementara kategori desain perhiasan kontemporer Indonesia pemenangnya Astana Megrania dengan judul karya Asmat in Beauty.

Para pemenang tersebut dipilih oleh dewan juri yang terdiri atas Ghea Panggabean, Astari Rasjid, John Hardy, Madame Charlotte Wu Homme, dan Priyo partomo sebagai koordinator pelaksana penjurian, serta Lukman Effendi selaku penanggungjawab kegiatan penghargaan.

Menurut Luki, salah seorang pengurus MNNI, desain perhiasan modern Indonsia adalh sebuah desain baru yang tetap melestarikan nilai-nilai budaya local dan warisan budaya dalam segi bentuk, corak, dan elemen serta cara pembuatannya tetap tradisional.

Sedangkan desain perhiasan modern Indonesia merupakan pengembangan dari perhiasan tradisional Indoensia. “Teknik pembuatannnya sudah modern dengan mengunakan sentuhan keberagaman kebudayan Indonsia. Dan perhiasannya dapat dipakai dalam berbagai kesempatan.,” jelasnya.

Desain kontemporer Indonesia, lanjutnya lebih bebas. “perhiasannnya hanya dipakai pada saat-saat tertentu,” terang Luki.

Acara pembagian hadiah berupa piala dan sertifikat diberikan sejumlah pengurus Mutumanikam Nusantara Indonesia (MMNI) selaku penyelenggara pameran dan kontes desain ini antara lain Herawatie Wirajuda selaku ketua MMNI, Prihadi Santoso Pengawas MMNI, Suharto Dirktur Eksekutif MMNI, dan lainnya di JJC pada penutupan pameran MMNI ke-6 , Minggu (4/12/2011).

“Yang membedakan pameran perhiasan MMNI ini dengan pameran sejenis lainnya, di sini MMNI sangat menekankan unsur pendidikan serta pengembangan kreativitas para peserta dalam hal ini pengrajin melalui kegitan kontes dan kompetisi rancangan gambar perhiasan,” jelas Herawatie.

Kontes desain, lanjutnya diikuti sejumlah peserta pameran. “Sedangkan kompetisi gambar rancangan perhiasan diikuti masyarakat umum terutama pelajar SMK Jurusan Kriya Logam dan Mahasiswa,” tambahnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP