. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 24 November 2011

Kemenparekraf Galakkan Lagi Program Kamis ke Bioskop

Jumlah penonton film Indonesia di bioskop selama tahun 2011 ini menurun dibanding tahun lalu. Untuk meningkatnya kembali, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melakukan bermacam upaya, salah satunya dengan menggalakkan kembali program “Kamis ke Bioskop” yang dulu sempat sukses.

Demikian disampaikan Menparekraf Mari Elka Pangestu usai menyaksikan pemutaran perdana film Arisan 2 di Bioskop Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Menurut Mari, banyak cara untuk menagajak orang kembali berbondong-bondong menonton film Indonesia di bioskop, di antaranya dengan mengajak sejumlah pejabat untuk ikut nonton bareng. “Contohnya hari Kamis ini, aku datang ke bioskop dan nonton film Arisan 2 bersama para kru, produser, sutradara, dan para pemainnya,” terangnya didampingi Nia Dinata selaku produser dan sutradara film Arisan 2.

Upaya lain, lanjutnya dengan mengaktifkan kembali program “Kamis ke Bioskop” yang dulu pernah digerakkan oleh para sineas. “Program ini harus kita dorong lagi, biar masyarakat Indonesia bersemangat lagi nonton ke bioskop untuk nonton film –film Indonesia,” ujarny.

Pemerintah juga akan terus menghimbau para sineas untuk membuat film-film yang berkualitas sehingga orang mau menonton, termasuk menghimbau para pengusaha bioskop agar memasang film Indonesia lebih lama di bioskopnya. “Kalau showing time atau masa tayang di bioskopnya lebih lama, mayarakat jadi punya kesempatan lebih lama untuk menontonnya,” ungkapnya.

Biar film baru itu ditonton banyak orang, lanjut Mari, film tersebut harus juga dipromosikan dengan gencar sebelum beredar di publik.

Untuk membenahi perfilman Indonesia sebagai salah satu sektor ekomoni kreatif, lanjutnya Kemenpareraf akan mengadakan semacam Musyawarah Nasional (Munas) pada bulan Desember 2011. “Tujuannya untuk mendengar masukan-masukan dari semua pihak terkait, termasuk para sineas untuk menata perfilman Indonesia ke depan, termasuk menindaklanjuti beberapa hal yang sudah disepakati,” terangnya.

Film Arisan 2 merupakan skuel film Arisan yang 8 tahun lalu sukses di pasaran. Film bergenre drama dengan tema klasik percintaan dan persahabatan, terutama mengenani kehidupan cinta sejenis dan problematikanya ini dibintangai Cut Mini, Surya Saputra, Tora Sudiro, Rachel Maryam, Ria Irawan, Atika Siaholan, dan Pong Harjatmo.

Kata Mari lagi, film ini juga mengangkat sisi pariwisatanya karena menggambil syuting di Lombok, Borobudur, dan Jakarta. “Film ini memperlihatkan keindahan perairan Lombok dan panorama bawah lautnya yang cocok untuk snorkeling, kebetulan tahun depan Visit Lombok 2012. Dan juga pesona Waisak di Candi Borobudur,” jelas Mari yang mengaku suka nonton film kecuali film horor.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Fahrul Rozzi, PKP Kemenparekraf

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP