. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 26 Oktober 2010

Pekan Wira Budaya di TMII


Dalam rangka menggelorakan semangat kewiraan dalam merayakan hari bersejarah, seperti Hari Pahlawan, HUT TNI, dan Hari Sumpah Pemuda, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar serangkaian kegiatan bertajuk “Pekan Wira Budaya (PWB)” sejak 24 Oktober hingga 14 November 2010. Acara ini dipusatkan di Plaza Tugu Api, Sasono Langen Budoyo, dan Museum Keprajuritan TMII.

PWB ini berisi berbagai kegiatan antara lain Karnaval Keprajuritan Nusantara (KKN), pameran kriya seni dan foto, wayang jazz, festival teater nasional, duo opera Mahabarata dan Ramayana, pergelaran band remaja, seminar budaya, dan pawai budaya Yogyakarta.

KKN mengawali rangkaian PWB. Karnaval ini menjadi acara primadona PWB karena disajikan secara kolosal berupa arak-arakan yang menggambarkan kebesaran dan heroisme masa lalu dalam perjuangan.

KKN ini menampilkan secara berurutan mulai dari prajurit tradisional seluruh provinsi di Indonesia, visualisasi pahlawan nasional oleh para artis ibukota, Puteri Pariwisata, Reog Ponorogo, akrobatik massal manusia api, drum band; dan ditutup atraksi prajurit TNI seperti pasukan Kopasus, Marinir, Paskhas, Paspampres, Kavaleri, dan Pusenif.

Sejumlah artis ibu kota turut meramaikan KKN ini dengan tampil sebagai visualisi pahlawan Nusantara antara lain Della Puspita sebagai Cut Nya’ Dien, Echa Paramitha sebagai Maria Teahahu, risna Mukti sebagai Sultan Hassanuddin, ati Surachman sebagai Nyi Ageng Serang, ong Harjatmo sebagai Pangeran Diponegoro, Dorman Borisman sebagai Sisinga Mangaraja X, dan Ageng Kiwi sebagai Ngurah Rai.

Selama PWB ada acara pendukung yang tak kalah menarik seperti Pameran keris, foto dan pemutaran film kepahlawanan yang digelar selama PWB, serta Duo Opera Mahabrata dan Ramayana yang dipadukan dengan budaya modern (Jazz Wayang Opera Mahabarata ”Perang Baratayudha, dan Klasik-Jazz-Rock Opera Rama-Shinta versi Minang ”Cinto nan Sabananyo” pada Jumat (29/10/2010).

Bahkan ada Seminar dan workkshop pada Minggu (7/11/2010) dan Rabu (10/11/2010), Arak-arakan bernuansa satwa dan flora dalam rangka HCPSN pada (1 – 7/11/ 2010), Gelar Seni Budaya Yogyakarta ke 10 memperingati Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke 283 menampilkan kirab budaya dan pameran kerajinan produk unggulan daerah di Anjungan Yogyakarta pada (5 – 7/11/2010), serta berbagai macam perlombaan diklat bina seni TMII dan festival tarian anak pada Minggu (14/11/2010).

Nah, kalau Anda sedang berada di Jakarta, luangkan waktu untuk menikmati PWB di TMII bersama rekan, keluarga atau orang terdekat.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP