. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 29 Oktober 2010

56 Ember Debu Merapi dari Candi Borobudur



Sekitar 56 ember debu vulkanik Gunung Merapi berhasil dikumpulkan dari Candi Borobudur sampai Jum’at siang ini. Pembersihan Candi Borobudur dari debu tersebut akan selesai pada Minggu (31/10).

Demikian disampaikan Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Drs. Marsis Sutopo, M.Si kepada Kepala Pusat Informasi dan Humas (Kapuformas), Kemenbudpar I Gusti Ngurah Putra selaku penanggungjawab Kelompok Kerja Crisis Center (KKCC) Budpar di Jakarta, Jumat siang (29/10).

"Debu yang berhasil dikumpulkan itu berasal dari stupa induk dan 72 stupa pengiring, lorong dan lantai stupa induk, 72 stupa pengiring, lorong dan lantai 8, 9, dan 10 serta lorong dan lantai 6 candi,” katanya seraya menambahkan pembersihan akan dilanjutkan pada taman dan kawasan candi untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur.

Pembersihan tersebut dilakukan oleh 50 petugas dari Balai Konservasi Peninggalan Borobudur dan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. “Selama kegiatan pembersihan berlangsung, pihak pengelola Taman Candi Borobudur hanya membolehkan kepada wisatawan berkunjung hingga batas halaman candi sampai lorong pertama candi,” terangnya.

Debu vulkanik tersebut berasal dari erupsi Merapi pada 26 Oktober 2010 sekitar pukul 17.02 WIB yang terbawa angin hingga Kecamatan Muntilan dan Kecamatan Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Debu tersebut, lanjutnya mengandung unsur bersifat korosif yang dapat merusak batu Candi Borobudur bila tidak segera dibersihkan.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. ist

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP