. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 20 Februari 2024

MICE Jakarta Kian Berkelas Dunia, Ini 4 Faktor Penguatnya


Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta pantas disebut provinsi di Indonesia yang memiliki MICE berkelas dunia. Salah satu faktor penguatnya, tahun ini Jakarta menyabet 3 kategori ASEAN MICE Venue Award dalam ajang bergengsi ASEAN Tourism Awards (ATF) 2024. 

Ketiga kategori ASEAN MICE Venue Award dalam ATF 2024 tersebut diberikan kepada Hotel JW Marriott Jakarta (Dua Mutiara Ballroom) untuk Meeting Room Category; Hotel Ritz Carlton Jakarta Kuningan (The Ritz-Carlton Grand Ballroom) juga untuk Meeting Room Category; Jakarta International Expo Kemayoran (Hall A, B, C, D, B3, C3) untuk Exhibition Venue Category; dan Jakarta Convention Center untuk Event Venue Category.

Perolehan penghargaan tersebut, jelas memperkuat posisi Jakarta sebagai provinsi (bukan kota) dengan fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition") atau dalam bahasa Indonesia (Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran) yang bertaraf internasional.

Faktor penguat kedua, Jakarta punya banyak pilihan ruang untuk pertemuan (meeting) yang tersedia di sejumlah hotel bintang 5 dan bintang 4-nya.

Contohnya selain Hotel Ritz Carlton Jakarta Kuningan (The Ritz-Carlton Grand Ballroom) dan Hotel JW Marriott Jakarta (Dua Mutiara Ballroom), juga tersedia antara lain di Raffles Hotel, Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Ambhara Hotel, Aston at Kuningan Suites, dan Royal Kuningan Hotel.

Faktor penguat berikutnya atau ketiga, letak venue untuk pameran (exhibition) maupun kegiatan/acara (event) di Jakarta sangat strategis, artinya mudah dijangkau bukan hanya dengan kendaraan pribadi pun moda transportasi umum sehingga setiap ada pameran maupun acara, pasti ramai pengunjungnya.

Contohnya JCC atau disebut juga Balai Sidang Jakarta (sebelumnya dikenal sebagai Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), lokasinya mudah sekali dijangkau dengan Bus TransJakarta, begitupun dengan Jakarta International Expo Kemayoran yang saat ini tengah menjadi venue pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, dengan memanfaatkan area indoor dan outdoor yang luasnya mencapai 105.000 m2.

Terakhir atau faktor penguat keempat, event dan exhibition venue di Jakarta memiliki fasilitas yang memadai antara lain luas (punya banyak pilihan ruangan pertemuan), ber-AC, punya ruang VIP, lounge, dan area parkir yang luas serta dekat dengan hotel yang dapat diakses dengan berjalan kaki maupun ditempuh dengan kendaraan dalam jarak yang sangat dekat.


Contohnya JCC, pusat konvensi  berluas sekitar 120,000 m² yang terletak di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Tanah Abang, Jakarta Pusat ini selain memiliki 13 ruangan pertemuan dengan berbagai ukuran antara lain Plenary Hall yang memiliki 5.000 tempat duduk, dua Aula Pameran (Aula Pameran A & B), Aula Pertemuan (Assembly Hall) seluas 3.921 m², dan Aula Perjamuan (Cendrawasih Room), juga berdekatan dengan pusat bisnis Sudirman (SCBD) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) serta terhubung dengan Hotel Hilton (sekarang Hotel Sultan) Jakarta melalui terowongan bawah tanah yang dilengkapi dengan travelator (tangga jalan datar).

Tahun ini sejumlah event bertaraf internasional bakal berlangsung di JCC sebagaimana termuat di jcc.co.id, antara lain The 32ND Indonesia International Education Training Expo & Conference 2024 yang berlangsung pada tanggal 22 - 25 Februari; Jakarta International Jewellery Fair 2024 (7 - 10 Maret); GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo 2024 (7 - 10 Maret); Anime Festival Asia 2024 (3 - 5 Mei); dan Jakarta International Premium Products Fair 2024 (JIPREMIUM) pada tanggal 5 - 8 September mendatang.

Selain DKI Jakarta, provinsi dengan fasilitas MICE yang juga bertaraf internasional adalah Bali, terutama di Kota Denpasar dan Nusa Dua yang berada di Kabupaten Badung.

Bukti kalau Bali menjadi tujuan MICE di dunia, ada banyak International event yang diselenggarakan di Pulau Dewata ini antara lain UNFCC, Bali Asian Beach Games yang berlangsung di Nusa Dua, World Hydropower Congress 2023, dan Kejuaraan Dunia Biathle/Triathle UIPM 2023. 

Tahun ini sejumlah pameran/acara berskala dunia juga akan berlangsung di Bali, antara lain Bali International Airshow 2024 atau pameran produk dan teknologi penerbangan bertaraf internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitar pertengahan September mendatang.

Adapun kota yang masuk dalam daftar Kota MICE di Indonesia antara lain Surabaya (Jatim), Makassar (Sulsel), Medan (Sumut), Bandung (Jabar), Jogja (DIY), Batam (Kepri), Palembang (Sumsel), Padang (Sumbar), Manado (Sulut), dan Jayapura (Papua).

Naskah: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1. Pameran dan ruang pertemuan di JCC. (foto: dok jcc.co.id)
2. Suasana pengunjung di bagian depan JCC dan mobil berbatik dalam sebuah pameran di JCC. (foto: adji)



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP