. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 17 Juli 2023

Gede Jadi Salah Satu Gunung Favorit, Ini Lima Faktor Penguatnya


Pembukaan kembali pendakian Gunung Gede Pangrango (Gepang) per 27 Juli 2023 disambut hangat pendaki. Buktinya di ragam medsos dan sejumlah WAG banyak pendaki yang berencana ingin mendaki kedua gunung itu terutama Gede dalam waktu dekat.

Antusiasme pendaki itu pun memicu rasa penasaran sejumlah warganet antara lain  pemilik akun IG @calendarofevent.id yang  kemudian melontarkan pertanyaan kepada TravelPlus Indonesia @adjitropis dan Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) Sapto Aji Prabowo @sapto22.

"Om Adji kenapa Gepang terkhusus Gunung Gede-nya jd salah satu gunung favorit pendaki di Tanah Air khususnya Jabodetabek? Apa aja faktor2 penguatnya? Mohon pencerahannya 🙏. Kereeen bgt om tulisannya 👍👍👍😍😍".

TravelPlus lewat @adjitropis membalasnya dengan jawaban begini: "@calendarofevent.id 1. Punya spot2 alam indah (antara lain Aa Surken, puncaknya) 2. Lokasi ke titik awal jalur pendakiannya strategis (mudah dijangkau). Mungkin nanti Om @sapto22 nambahin faktor2 penguat lainnya hehehe ".

Sapto Aji juga menjawab pertanyaan tersebut. "@calendarofevent.id karena dekat Om dgn Jabodetabek, tracknya jg relatif ramah kan dibanding gunung2 lain. Tp tetap, namanya gunung, harus dipersiapkan fisik maupun mental.. gak ada yg mudah..".

Lewat tulisan ketiga masih terkait re-opening atau pembukaan kembali pendakian Gepang, TravelPlus mencoba menjelaskan lebih detail sekurangnya 5 faktor penguat yang membuat Gepang, khususnya Gede menjadi salah satu gunung favorit di Tanah Air, terlebih dikalangan pendaki Jabodetabek dan sekitarnya.

Faktor penguat pertama, punya banyak daya tarik alam yang menawan.

Spot alam menarik di Gepang antara lain Telaga Biru, Curug Cibereum, Sumber Air Panas, Alun-alun Suryakencana  dan puncaknya serta Lembah Mandalawangi.

Telaga Biru berada di ketinggian sekitar 1.575 Mdpl, Gunung Gede lewat japen via Cibodas. Dinamakan begitu karena air telaga berluas sekitar 5 hektare ini berwarna biru disebabkan banyaknya ganggang biru.

Curug Cibereum berada di ketinggian sekitar 1.675 Mdpl. Lokasinya di dekat  persimpangan dari arah Telaga Biru. Kalau ke kanan menuju Curug Cibereum sedangkan ke kiri menuju puncak Gede dan Pangrango. Air terjun berketinggian sekitar 50-an meter ini juga ramai dikunjungi wisatawan non pendaki.

Sumber air panasnya berada di japen Gede via Cibodas. Lokasinya sekitar 3,5 jam perjalanan dari pintu masuk.

Alun-alun Suryakencana atau biasa disingkat Aa Surken yang berada di ketinggian 2.750 Mdpl japen via Gunung Putri ini merupakan area lapang seluas sekitar 50 hektar yang ditumbuhi padang ilalang, edelweiss, dan cantigi.

Puncak Gunung Gede berpanorama elok dengan latar belakang Gunung Pangrango. Menariknya di sana juga ada 4 kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Wadon, Lanang, dan Kawah Baru.

Mandalawangi yang terletak sekitar 100 meter dari Puncak Pangrango merupakan lembah seluas sekitar 5 hektar sekaligus padang bunga Edelweiss.

Kedua, lokasi dan aksesibilitasnya.

Gepang terletak di perbatasan yang mencakup tiga wilayah kabupaten di Jawa Barat yakni Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. 

Selain dekat dengan Jakarta dan sekitarnya (Bodetabek) serta Cianjur, Sukabumi, dan Bandung Raya, lokasinya juga sangat mudah diakses pendaki baik dengan kendaraan umum maupun pribadi seperti mobil dan motor.

Pendaki yang datang dari Jakarta cuma butuh estimasi waktu sekitar 4-5 jam berkendara. Lantaran jaraknya tidak terlalu jauh, Gepang pun jadi pilihan banyak pendaki yang punya waktu singkat/pendek untuk melakukan pendakian. 

Faktor penguat ketiga, jalur pendakian (japen)-nya terbilang ramah bagi pendaki.

Ada tiga japen resmi Gepang yaitu via Cibodas, Gunung Putri, dan via Selabintana.

Japen via Cibodas kondisi treknya terbilang cukup landai dibanding 2 japen lainnya. Estimasi waktu pendakian dari Cibodas  sekitar 7-9 jam perjalanan sampai ke puncak.

Sebelum summit attack, biasanya para pendaki ngecamp (mendirikan tenda) untuk bermalam di pos Kandang Badak. Jelang Subuh, baru ke puncak agar dapat melihat dan mengabadikan pesona sunrise.

Japen via Gunung Putri treknya terbilang  cukup berat karena menanjak. Namun  estimasi waktu pendakiannya lebih cepat daripada japen lainnya, sekitar sekitar 4 - 5 jam saja untuk mencapai puncak sehingga wajar kalau japen ini dipilih banyak pendaki, lalu turunnya via Cibodas. 


Lokasi nge-camp japen via Gunung Putri adalah di Aa Surken. Perlu diingat setelah re-opening, tidak semua kawasan di Aa Surken boleh dijadikan area untuk nge-camp. Jadi pendaki harus tau patokan/rambu penunjuk di Aa Surken, area mana saja yang boleh untuk nge-camp dan mana yang tidak boleh.

Keempat, berstatus salah satu Taman Nasional tertua di Indonesia 

Gepang terdiri atas Gunung Gede yang merupakan gunung api aktif berketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dan Gunung Pangrango 3.019 Mdpl.

Jadi bukan satu gunung, melainkan dua gunung berbeda ketinggian namun letaknya berdekatan. Kedua puncaknya  dihubungkan oleh punggung gunung serupa sadel pada ketinggian sekitar 2.400 Mdpl, yang biasa dikenal sebagai daerah Kandang Badak.

Kedua gunung ini berada dalam kawasan konservasi berstatus Taman Nasional yang biasa disingkat TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango).

TNGGP termasuk dalam kawasan konservasi tertua di Indonesia karena sudah diresmikan sejak tahun 1980. Saat itu, TNGGP resmi dibuka bersama 4 TN lainnya.

TNGGP beserta TN lainnya juga berstatus Cagar Biosfer yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1977.

Terakhir atau faktor penguat kelima, memiliki sejumlah flona (flora dan fauna) endemik.

Floranya antara lain uwi, jernang, pinang hijau, dan kapulaga. Sedangkan faunanya  
antara lain owa jawa, macan tutul, lutung surili, anjing ajag, dan bajing terbang. 

Lantaran punya 5 faktor penguat, tak berlebihan jika Gepang khususnya Gede menjadi salah satu gunung yang wajib masuk daftar/list pendakian. Pendakinya boleh dibilang tak pernah sepi. Terlebih di akhir pekan, long weekend, dan hari libur, banyak pendaki yang berbondong-bondong menggapai puncaknya. 

Buat pendaki yang tak suka keramaian atau nanjak rame-rame sampai ngantri seperti kondangan, sebaiknya memilih waktu pendakian ke Gede pada hari kerja atau weekday.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP