. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 18 Maret 2022

Wisatawan Butuh 8 Info Ini Buat Nonton Special Event, Nomor 5 Paling Ditunggu


Setiap tahun, masing-masing provinsi di Tanah Air gelar puluhan bahkan ada yang 100 event lebih terkait pariwisata. Karena itulah Indonesia pun mendapat julukan Negeri Sejuta Event. Namun dari sekian banyak event, hanya beberapa yang diminati wisatawan nusantara dan atau mancanegara. 

Apa saja jenis event terkait pariwisata? Lalu apa yang membuat sebuah event diminati atau justru sebaliknya? 

Event terakit pariwisata berdasarkan amatan TravelPlus Indonesia yang sejak zadul juga konsisten meliput salah satu atraksi atau daya tarik wisata di negeri tercinta ini,  antara lain event budaya, olahraga, kuliner, musik, pameran, cross border, dan event festival (gabungan 2 atau lebih event)

Adapun yang termasuk event budaya antara lain tari, seni pertunjukan (teater, drama musikal dll), seni rupa, tradisi, ritual, upacara adat, dan kearifan lokal. Sedangkan event musik biasanya berdasarkan genre, misalnya keroncong, pop, melayu, jazz, dangdut, rock, musik tradisional, dan atau festival musik yang terdiri atas beberapa genre.

Adapun event kuliner terdiri atas makanan/minuman tradisional dan kekinian. Sedangkan event olahraga antara lain kejuaraan surfing, diving, rafting, marathon, triathlon, paragliding, otomotif (balap motor & mobil), balap sepeda, sepeda gunung, renang, jetski, sampan, perahu tradisional, dan yacht.

Satu lagi event pameran yang mencakup pameran destinasi wisata, hotel, kerajinan/craft, foto, peralatan/perlengkapan traveling/adventuring/special sport/extreme  sport, dan sebagainya.

Banyak faktor yang membuat sebuah event diminati banyak wisnus maupun wisman, pertama level event itu apakah lokal, nasional atau internasional (kelas dunia). Semakin tinggi level-nya, kemungkinan diminati semakin besar.

Kedua, pengisi acara atau pesertanya (kalau lomba) apakah bertaraf lokal, nasional atau internasional. Ketiga, kelengkapan informasinya, dan terakhir atau keempat, faktor promosinya.

Contoh MotoGP yang tengah berlangsung di Mandalika, Lombok, NTB. Ajang balap motor ini selain berkelas dunia, pesertanya juga sederet pebalap ternama, informasi terkait event sport tourism khususnya otomotif ini pun terbilang komplit dan promosinya gencar. Ditambah lagi, lokasinya indah dan berstatus sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

Selanjutnya, informasi apa saja yang dibutuhkan wisatawan yang ingin melihat special event tersebut?

Sekurangnya ada 8 poin sesuai amatan TravelPlus. Pertama, nama event-nya, jenis, dan penyelenggara serta kemasannya.

Nama sebuah event harus bernilai jual. Namanya bisa bermuatan lokal (misalnya berbahasa daerah setempat), nasional (bahasa Indonesia), internasional (bahasa Inggris), dan atau perpaduan dua atau tiga bahasa.

Jenis event-nya apakah event budaya, sport tourism, konser musik atau jenis lainnya. Sebab masing-masing, punya penggemar atau peminat fanatik/fans-nya.

Penyelenggaranya juga bisa menjadi salah satu penarik minat orang untuk melihat event tersebut. Penyelenggara yang sudah punya nama dan sukses membuat sederet event sebelumnya, biasanya lebih mendapat tempat/dipercaya calon penonton.

Pelaksanaan event-nya dikelola secara profesional dan dikemas rapih atau semenarik/sespektakuler mungkin sehingga wisatawan yang pernah menonton jadi kagum dan terkesan lalu menyebarluaskan kabar menyenangkan itu ke ruang medsos hingga semakin banyak warganet/publik yang tahu.

Kedua, info harga tiketnya jika berbayar. Informasi ini penting, terlebih kalau harga event tersebut terbilang mahal untuk kantong kebanyakan orang. Kalau mahal dan memang sesuai dengan event tersebut, sebaiknya diinformasikan beberapa bulan sebelumnya agar calon penonton/wisatawan bisa merancang keuangannya jauh-jauh hari.

Ketiga, info waktu dan tempat pelaksanaannya. Informasi ini penting agar wisatawan bisa mengatur waktu untuk menonton event tersebut, apakah perlu cuti kerja buat orang kantoran dan lainnya atau tidak.

Keempat, info transportasi, akomodasi, dan daya tarik (objek wisata, tempat makan, merchandise, sentra oleh-oleh, dll) di sekitarnya. Informasi ini sangat dibutuhkan wisatawan supaya mereka segera tahu di mana venue event tersebut, termasuk moda transportasi yang bisa digunakan, tempat menginap terdekat serta sejumlah daya tarik lainnya.


Paket Hemat
Kelima, info paket-paket hematnya. Informasi ini paling/sangat ditunggu wisatawan yang tak punya banyak waktu mengatur sendiri segala hal untuk keperluan menonton event tersebut. Sebab, kalau ada paket hemat, wisatawan tak perlu repot lagi memesan tiket, mencari tempat menginap, moda transportasi ke venue acara, dan keperluan lainnya. 

Keenam, info promo pra event yang menarik dan kontinyu. 

Materi/bahan promosi event juga harus dibuat semenarik mungkin, baik itu dalam format untuk medsos Instagram (IG), backdrop, spanduk, papan reklame, umbul-umbul, banner, standing banner, dan lainnya. 

Sebaiknya semua materi promo itu jangan memasang wajah pimpinan daerah (gubernur/bupati/walikota atau kepala dinas terkait) ataupun wajah menteri terkait. Seharusnya pengisi acara/peserta event tersebut yang lebih menarik/menjual beserta informasi penting lainnya.

Ketujuh, info contact person poin 1-6 terutama nama, nomor WA dan akun IG-nya masing-masing. Informasi ini juga dibutuhkan wisatawan supaya mereka bisa menghubungi langsung untuk bertanya harga, ketersediaan, cek/ricek atau kalau ada kendala, permasalahan, ketidakjelasan informasi, dan lainnya.

Terakhir atau kedelapan, info update terkini terkait event yang akan digelar, supaya penonton/wisatawan tahu jika ada perubahan waktu atau tempat, ada rundown terbaru, dan lainnya.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & tim @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP