. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 12 Januari 2022

Daerah Anda Punya Daya Tarik Taman Bumi? Ini Kiatnya Agar Orang Jatuh Hati


Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak daya tarik bermuatan taman bumi atau istilah kerennya geopark. Ada yang sudah berstatus sebagai taman bumi nasional atau national geopark bahkan global, dan tak sedikit yang belum menyandang kedua predikat tersebut.

Ada lokasi yang sudah terkenal dan diminati wisatawan, jauh sebelum menyandang kedua status tersebut. Ada pula, walaupun sudah berstatus namun belum mampu mendongkrak pamornya secara signifikan, bahkan masih banyak orang yang belum paham benar dengan istilah dan status geopark yang disandang.

Menariknya lagi, ada lokasi meskipun belum berstatus, tapi justru memiliki daya tarik taman bumi yang mampu menarik kunjungan wisatawan.

Lalu bagaimana agar daya tarik taman bumi daerah Anda baik yang sudah maupun belum berstatus taman bumi nasional apalagi global, bisa membuat orang jatuh hati? 

Berdasarkan hasil amatan langsung ke beberapa daerah yang berdaya tarik taman bumi, saya Adji Travelplus @adjitropis dan tim @tavelplusindonesia tergerak membuat tulisan ini.

Sesuai judulnya, kiat yang dimaksud adalah cara yang ampuh untuk memperkenalkan geopark secara keseluruhan maupun beberapa spot-nya atau geosite-nya supaya orang awam jatuh hati atau mencintai.

Orang yang dimaksud disini adalah penduduk/warga lokal (warlok) dan pihak-pihak terkait seperti pemerintah setempat, pelaku usaha wisata serta tentunya wisatawan lokal (wislok), wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Jatuh hati bermakna orang/pihak terkait tersebut semakin paham/melek dengan istilah geopark dan geosite lalu mengemasnya menjadi destinasi wisata pilihan/favorit/andalan. Intinya semakin diminati wisatawan.

Taman bumi atau geopark itu sendiri merupakan perpaduan dari tiga unsur geologi (alam), hayati (mahluk hidup), dan budaya. Bahasa simpelnya kalau daerah Anda memiliki gua, gunung, bukit, bekas aliran lava, danau kawah bekas letusan gunung, dll, berarti daerah anda termasuk memiliki daya tarik alam bermuatan geologi, apalagi kalau ditambah dengan adanya keragaman hayati (tumbuhan dan satwa) serta budaya (kesenian, tradisi, upacara adat, dan lainnya) di dalamnya.

Adapun kiatnya agar diminati wisatawan, antara lain dengan membuat beragam paket wisata dan paket kreatif bertema geopark.

Paket wisata tersebut terdiri atas paket minat khusus yang berunsur olahraga, petualangan, dan edukasi seperti paket susur gua (caving), arung jeram sungai (rafting) ataupun river tubing, treking ke air terjun, mendaki gunung, geotrail/geotrek atau menjelajah sejumlah geosite yang ada di geopark tersebut.

Paket budaya seperti paket menyaksikan upacara adat/tradisi ataupun ragam kesenian masyarakat yang tinggal di dalam/sekitar kawasan taman bumi. Sedangkan paket keragaman hayati misalnya paket mengamati tumbuhan atau satwa endemiknya.

Satu lagi paket kombinasi yaitu paket yang berisi 2 atau lebih paket di atas. Contohnya paket caving + kuliner + suguhan seni budaya setempat + suvenir/merchandise kerajinannya.

Sementara itu paket kreatif bertema geopark antara lain paket jurnalistik/fotografi/videografi trip, paket kuliner trip, paket kerajinan trip, paket arsitektur trip (rumah adat setempat), paket desa wisata, dan paket kombinasi.

Selain membuat paket-paket tersebut, juga tak kalah penting adalah secara rutin dan profesional menyelenggarakan beragam acara/kegiatan atau calendar of event, baik  yang bertema olahraga dengan taman bumi (sport geopark) dan budaya (culture geopark) serta ekraf dengan taman bumi (creative geopark) berskala nasional maupun internasional.

Contoh sport geopark event antara lain kejuaraan/lomba rafting, lari maraton ataupun fun, renang, triathlon, gowes, treking, paralayang, panjat tebing, perahu, dan lomba kayak/canoeing yang bertempat di dalam kawasan taman bumi. Tentunya disesuaikan dengan kondisi geosite-nya.

Sementara culture geopark event-nya seperti pentas seni pertunjukan (tari, lagu, teater), upacara adat/tradisi, dan lainnya. Sedangkan creative geopark event-nya antara lain festival/pameran/bazaar kuliner dan kerajinan, lomba membuat kerajinan/fesyen/baju/kaos bermotif/beraksen geopark, dan peragaan busana di geosite setempat.

Target & Publikasi
Siapa target pasarnya dan bagaimana mempromosikan/mempublikasikannya agar publik/warganet tahu? 

Targetnya tentu saja wisatawan/individu, kelompok (small group) maupun komunitas pegiat terkait, seperti komunitas pendaki gunung/pecinta alam, penghobi gowes/lari, dll. 

Cara mempubilkasikannya antara lain lewat ragam media sosial (medsos) resmi dan bekerjasama/bersinergi dengan jurnalis/blogger sekaligus pegiat medsos yang kreatif dan produktif serta berpengalaman dalam meliput kepariwisataan dan kebudayaan serta sektor-sektor terkait.

Itulah kiat ampuh versi TravelPlus. Selamat mencoba dengan tekun, serius, dan sepenuh hati.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & tim @travelplusindonesia

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP