. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 15 Desember 2020

Cara TNBTS Cegah Pendaki Bandel Nyampah di Gunung Semeru, Patut Dicontoh


Setiap gunung berstatus taman nasional terlebih yang populer dan menjadi gunung favorit banyak pendaki, pengelolanya punya cara tersendiri untuk mencegah/mengurangi sampah yang diproduksi para pendaki bandel (baca: bukan pecinta alam).

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) misalnya, sejak 6 tahun lalu menerapkan beberapa cara jitu untuk mengurangi sampah pendaki khususnya di jalur pendakian Semeru.

"Upaya penanganan sampah wisata di kawasan TNBTS antara lain ada tiga cara," ujar Plt. Kepala BB TNBTS R. Agus Budi Santoso kepada TravelPlus Indonesia, Selasa (15/12/2020).

Ketiga cara tersebut juga diutarakan Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS Novita Kusuma Wardani dalam kesempatan yang berbeda.

Pertama, untuk pendakian Semeru, sebelum mendaki pendaki wajib mengikuti briefing serta pengecekan perlengkapan dan bekal logistik.

"Dalam briefing diinfokan kewajiban membawa sampah kembali, diberi trash bag, dan KTP pendaki ditahan, dan bisa diambil saat turun dengan catatan membawa sampahnya kembali," terang Agus.

Cara kedua, petugas BB TNBTS dibantu sejumlah komunitas peduli lingkungan rutin melakukan bersih sampah di kawasan Bromo maupun Semeru.

"Sedangkan cara ketiga, melakukan edukasi kepada masyarakat dan pengunjung antara melalui papan informasi dan medsos, salah satunya dengan mengadakan event Bromo Clean Challange pada awal 2020," jelasnya.

Jika ternyata masih dijumpai pendaki yang masih nyampah, lanjut Agus, tentu ada sanksinya.

"Biasanya pendaki bandel itu wajib bersih-bersih sampah yang sudah sengaja dibuang atau ditinggalkan di jalur pendakian dan sekitarnya, lalu membawa turun kembali sampah tersebut. Kalau tidak mau, ya tidak bisa ambil KTP-nya yang ditahan," tegasnya.

Menurut Agus cara pertama, briefing serta pengecekan perlengkapan dan bekal logistik dilakukan oleh Komunitas Saver (Sahabat Voulenteer Semeru) yang terbentuk 1 Maret 2014. Idenya tercetus dari obrolan petugas TNBTS dan Saver yang ingin pengelolaan pendakian Semeru berjalan lebih baik lagi.

Briefing pertama digelar pada Minggu pertama April 2014 setelah pendakian resmi dibuka. "Waktu itu dilakukan di luar ruangan, sekitar loket lama. Beberapa Minggu kemudian diizinkan Kababes untuk memakai visitor center," ungkap Agus.

Kalau mengenai penanganan sampah, sebelum ada Saver sudah ditangani bersama Kelompok Taruna Wisata Desa Ranu Pane, yang terbentuk tahun 2012.

"Sampah yang terkumpul lalu dipilah dua yang bisa dijual dan yang tidak bisa dibawa ke TPST Tumpang," terang Agus seraya menambahkan untuk data perbandingan sampah sebelum dan sesudah penerapan ketiga cara tersebut, belum ada hitungannya.

Penerapan tiga cara pencegahan/pengurangan sampah di TNBTS dinilai bagus oleh operator trip pendakian.

Salah seorang freelance tour operator pendakian gunung yang enggan disebut namanya, kepada TravelPlus  mengatakan tiga cara yang diterapkan TNBTS sudah bagus dan bisa dicontoh oleh pengelola TN lainnya di Indonesia, terutama TN yang memiliki gunung populer yang diminati banyak pendaki.

Sebagai informasi tambahan, sejak tanggal 30 November 2020, pendakian Semeru, gunung aktif yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (Mdpl) ini ditutup.

Penutupan sementara tersebut dikarenakan adanya peningkatan aktivitas gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur ini.

Penutupan jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, berdasarkan pengumuman BB TNBTS bernomor PG.10 / T.8 / BIDTEK / BIDTEK.1 / KSA / 11/2020 yang ditandatangani R. Agus Budi Santoso pada Minggu, 29 November 2020, lalu diunggah di akun resmi Instagram IG TNBTS @bbtnbromotenggersemeru.

"Sampai sekarang pendakian Semeru masih ditutup. Nanti kalau sudah kondusif dan dibuka kembali, kami kabari," pungkas Agus.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.tnbts


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP