. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 03 Juli 2019

Tingkatkan Lagi Pengelolaan Homestay, Kemenpar Gelar FGD di Pelalawan

Dalam rangka fasilitasi pengembangan destinasi wilayah Barat Area III, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional 1, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata menggelar Focus Group Discussion(FGD).

Kegiatan FGD yang digelar dalam upaya meningkatkan kembali pemahaman dan pengetahuan tentang pengelolaan homestay ini akan berlangsung di Hotel Unigraha, Pangkalan Kerinci, Ibukota Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau besok, Kamis, 4 Juli 2019.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional 1 Kemenpar, Lokot Ahmad Enda menjelaskan peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang pengelolaan homestay ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki homestay.

"Tujuannya untuk memacu tersedianya homestay yang layak huni, meningkatkan wawasan bagaimana mengelola homestay, dan melayani tamu atau wisatawannya di destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pelalawan," jelas Lokot kepada TravelPlus Indonesia saat menuju Pangkalan Kerinci, Rabu (3/7/2019).

Industri homestay semakin berkembang seiring bertambahnya wisatawan ke Riau. "Untuk itu masyarakat harus kreatif dan inovatif dalam pengembangan usaha ini," pesan Lokot.

Seperti biasa dalam FGD ini, lanjut Lokot senantiasa melibatkan lima unsur penthelix, yakni perwakilan dari pemerintahan, akademisi, industri wisata, media, dan komunitas.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Regional I Area III, Kemenpar Ramlan Kamarullah menambahkan dari unsur akademisi dalam FGD kali ini akan menghadirkan Budi Setiawan, dosen STP Sahid-Jakarta sebagai narasumber (narsum) utama.

"Dia (Budi Setiawan-red) bukan hanya akan menyampaikan bagaimana mengelola homestay yang baik, pun pemahaman Sapta Pesona agar pengelolanya lebih Sadar Wisata dalam melayani tamu," terang Ramlan.

Selain itu juga ada Kepala Dinas  Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pelalawan Andi Yuliandri yang akan memberi kata sambutan sekaligus menjadi narsum.

Jumlah peserta FGD kali ini diperkirakan 30 orang lebih, terutama para pengelola homestay di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pelalawan dan juga kelompok sadar wisata (pokdarwis).

"Dalam FGD ini selain ada pengarahan dari Asdep dan pemaparan dari narsum, juga akan diisi dengan diskusi, dialog, dan tanya jawab dengan peserta," ungkap Ramlan.

Sehari sebelum FGD Pembinaan Homestay dilaksanakan, tim pelaksana dibawah pimpinan Lokot didampingi Andi Yuliandri beserta Kabid Promosi Pariwisata Pelalawan Susi Amiliana, dan beberapa stafnya meninjau dua destinasi di Pelalawan yakni Pantai Kuta Kuala Terusan di Kecamatan Pangkalan Kerinci yang berjarak tempuh sekitar 15 menit dari Pangkalan Kerinci dan Danau Tajwid di Kecamatan Langgam yang berjarak sekitar 20 Km dari Pangkalan Kerinci dengan jarak tempuh 30 sampai 45 menit dengan melewati jalan akses PT RAPP.

TravelPlus Indonesia sendiri menilai FGD Pembinaan Homestay yang akan digelar Kemenpar, punya peran penting dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata setempat, mengingat sektor satu ini amat mendukung dalam meningkatan perekonomian rakyat yang akhirnya berujung pada peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pelalawan.

Sebagai catatan, sebelumnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau pernah melaksanakan kegiatan Pembinaan Pengembangan Homestay tahun 2016 di Kabupaten Pelalawan, tepatnya tanggal 4-5 Oktober di Hotel Meranti, Pangkalan Kerinci.

Ketika itu narsum yang dihadirkan akademisi dari  Universitas Riau, Firdaus Dasrizali yang menyampaikan materi tentang penyelenggaraan wisata di pedesaan.

Satu lagi Ahmad Nawawi yang menyampaikan tentang pengelolaan homestay untuk meningkatkan pengelolaan homestay di beberapa desa wisata yang ada di kabupaten/kota Provinsi Riau, antara lain di  Teluk Meranti, Langgam, dan Ukui mengingat sejumlah masyarakatnya memiliki rumah yang difungsikan sebagai homestay.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Backdrop Focus Group Discussion (FGD) Dalam Rangka Fasilitasi Pengembangan Destinasi Wilayah Barat Area III yang akan digelar Kemenpar di Kabupaten Pelalawan, besok, Kamis (4/7/2019).
2. Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional 1 Kemenpar, Lokot Ahmad Enda bersama Kabid Destinasi Regonal I Area III, Kemenpar Ramlan Kamarullah, Dosen STP Sahid-Jakarta Budi Setiawan dan Kepala Disbudparpora Kabupaten Pelalawan Andi Yuliandri saat meninjau destinasi Kuala Terusan di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Rabu (3/7/2019).
3. Lokot Ahmad Enda berbincang dengan Andi Yuliandri di Resto Terapung di Danau Tajwid, Kecamatan Langgam, Pelalawan, Rabu (3/7/2019).
4. Perahu wisata di Kuala Terusan sambut tim Kemenpar.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP