. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 26 Juli 2019

Pesona Bandung Utara Tak Cuma Tangkuban Parahu

Akhir pekan ini Anda punya rencana berwisata ke Gunung Tangkuban Parahu atau perahu yang terbalik karena bentuknya memang menyerupai perahu terbalik?

Jika iya sebelum berangkat, sebagai "millenial traveler" di era "millenial tourism" sebaiknya Anda perbarui informasi dari resmi pemerintah, seperti akun Twitter @Kemenpar_RI, @BNPB_Indonesia, dan @vulkanologi_mbg.

Itu saran Kepala Bagian Manajemen Krisis Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Herry Rachmat Widjaja mengingat gunung yang berada di Bandung Utara, Jawa Barat itu baru saja erupsi, Jumat, 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ±200 m di atas puncak.

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), saat ini gunung berlegenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi itu berada pada Status Level I (Normal) namun dengan rekomendasi masyarakat di sekitarnya, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas.

Saat ini daerah wisata telah ditutup dan wisatawan telah dievakuasi.

Jika akhir pekan ini Gunung Tangkuban Parahu dibuka, Anda harus tetap mengindahkan peraturannya yakni tidak diperbolehkan turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas.

Kalau Anda mengurungkan niat ke Gunung Tangkuban Parahu, tapi tetap ingin jalan-jalan ke kawasan Bandung Utara, tenang saja.

TravelPlus Indonesia punya rekomendasi sederet objek wisata di kawasan yang berada di Utara Kota Bandung ini antara lain Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda-Dago Pakar, Tebing Keraton, Puncak Bintang Bandung, Dago Tea House, Pemandian Air Panas Ciater, Taman Ganesha Bandung, dan Kebun Binatang Bandung.

Bila Anda ingin menikmati Tahura Djuanda, Anda bisa ke Dago Pakar.

Di sana Anda bisa menyambangi sejumlah curug (air terjun)-nya seperti Curug Dago, Curug Omas, dan Curug Lalay.

Tak cuma itu, Anda bisa melihat Gua Belanda, Gua Jepang, prasasti kerajaan Thailand, dan beraktivitas wisata lainnya.

Kalau Anda ingin menikmati pemandangan perbukitan hijau  bersemayam kabut di pagi hari dari ketinggian 1.200 Mdpl, sambangi saja Tebing Keraton yang juga disebut Tebing Instagram lantaran terangkat namanya lewat medsos Instagram sebagai spot selfie.

Pesona sunrise dan sunset-nya juga menawan. Jangan lupa diabadikan dan ber-selfie serta bikin video (vlog) lalu diunggah ke medsos baik IG, FB, Twitter maupun Youtube dengan captions menarik dan informatif

Tebing yang pernah nge-hits itu masih berada di kawasan Tahura Djuanda, tepatnya di Desa Ciburial, Kelurahan Dago, Bandung Utara.

Jika ingin menyaksikan keindahan pemandangan Kota Bandung pada malam hari atau sering disebut Bandung Citylight, sambangi Puncak Bintang Bandung atau yang dulunya disebut Bukit Moko.

Anda juga bisa berkemah di puncaknya untuk menunggu pesona matahari bangun dari peraduan di pagi hari.

Kalau ingin berwisata kuliner, Anda lanjut ke Dago Tea House, yang dahulu dikenal dengan nama Dago Thee Huis. Lokasi tepatnya di di Jalan Bukit Dago No 53a, Dago, Bandung Utara.

Jika ingin berendam air panas, Anda bisa ke Pemandian Air Panas Ciater yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Subang.

Lokasinya sekitar 7 km dari Gunung Tangkuban Parahu (ada yang menulis Tangkupan Perahu).

Kabarnya air yang ada di Pemandian Air Panas Ciater bersumber dari lereng Gunung Tangkuban Parahu.

Kalau ingin jalan-jalan santai bersama anak-anak, Anda bisa ke Kebun Binatang Bandung.

Selain bisa melihat ratusan satwa dari seluruh penjuru dunia, Anda bisa bermain di wahana wisata air, taman bermain, flying fox, dan lainnya.

Pilihan lainnya ke Taman Ganesha Bandung di Jalan Ganeca, Lebak Siliwangi, Bandung Utara.

Di sana Anda bisa menyewa kuda untuk jalan-jalan menyusuri seluruh taman sekaligus berburu foto.

Kalau belum puas, Anda bisa melanjutkan ke objek-objek wisata yang ada di Bandung Barat dan kawasan lainnya seperti Taman Wisata Maribaya di Jalan Maribaya, Lembang dan Dusun Bambu Family Leisure di kaki Gunung Burangrang, Cisarua, Lembang.

Alternatif lainnya ke Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Perkebunan Teh Malabar yang terletak sekitar 10 kilometer dari Pasar Pangalengan, Bandung.

Sebagai "millenial traveler", Anda bisa mengurus sendiri secara digital, mulai pesan tiket pesawat/kereta dari kota asal ke Bandung, pesan rental car mobil travel dari bandara/stasiun ke objek-objek wisata yang dituju serta online booking penginapan selama di Bandung.

Informasi detil mengenai tiket masuk dan lainnya, Anda bisa cari tahu via akun IG masing-masing objek wisata bersangkutan.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Aneka kaos Bandung. (adji k.)
2. Berwisata di Tahura Djuanda, Dago Pakar. (dok.@tahuradjuanda.official)
3. Menikmati pesona Tebing Keraton. (dok.@mulkisalman)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP